6 Obyek Wisata Pantai Paling Indah di Gunung Kidul

Alampriangan.com – Artikel kali ini membahas pantai paling indah di Gunung Kidul. Daerah Gunungkidul Yogyakarta adalah tujuan yang wajib anda kunjungi. Hal ini dilakukan untuk menikmati suasana pantai yang unik masih asri dengan udara yang masih segar. Selain itu, di pantai paling indah di Gunung Kidul ini terkenal dengan pasir yang berwarna putih dan menambah pemandangan semakin elok.

Dari masing-masing pantai Gunungkidul memiliki keistimewaan yang berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari segala sisi, baik dari segi pemandangannya, fasilitasnya atau berbagai kegiatan yang dapat anda lakukan disana. Pastinya juga, anda akan terkagum-kagum dengan keindahan yang ada di pantai paling indah di Gunung Kidul ini.

6-obyek-wisata-pantai-paling-indah-di-gunung-kidul

Kota Yogyakarta memang terkenal dengan obyek wisata panta Parangtritis. Namun ternyata, kota Yogyakarta juga memiliki banyak wisata pantai tepatnya di wilayah Gunungkidul. Kabupaten Gunung Kidul memiliki batas langsung dengan Samudera Hindia. Hal itu menyebabkan banyak terdapat pantai indah di kabupaten Gunung Kidul.

Terlebih lagi, uniknya hampir semua pantai di Gunung Kidul ini memiliki pemandangan yang luar biasa cantik dan menarik. Selain menikmati suasana pantai anda juga dapat menikmati kuliner yang berbeda-beda yang nikmat tentunya. Kebanyakan pantai di wilayah Gunung Kidul memiliki ombak yang besar serta pasir pantai yang berwarna putih.

Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai Gunungkidul. Salah satu kegiatannya ialah banyak yang memanfaatkannya untuk camping. Acara camping di pantai seperti ini sangat cocok untuk acara-acara khusus yang diikuti tidak banyak orang. Pada malam hari, mereka bisa membuat api unnggun dan menikmati suasana malam di pantai. Untuk info lebih jelasnya, simak pantai paling indah di Gunung Kidul berikut ini.

Pantai Terindah di Gunung Kidul

1. Pantai Baron

Pantai paling bagus di Gunung Kidul yang pertama ialah Baron. Pesona pantai Baron memiliki daya tarik tersendiri. Pantai ini memiliki deburan ombak yang deras ditambah lagi dengan keberadaan sungai air tawar yang menambah keindahan pantai yang sudah terkenal ini.

Pantai Baron sebenarnya juga bisa disebut sebagai gerbang pertama untuk menuju ke pantai-pantai di daerah Gunungkidul. Hal ini karena memang letaknya yang paling dengan dengan Yogyakarta kota. Pantai Baron ini memang terlebih dahulu populer dari lainnya, kita bisa menikmati berbagai olahan ikan laut disini.

Pada musim-musim liburan seperti pada saat liburan lebaran, biasanya di lokasi wisata pantai Baron ini ditampilkan pertunjukan dangdut, yang menambah semaraknya lokasi wisata pantai.

2. Pantai Drini

Pantai cantik di Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Drini. Pesona pantai Drini ini juga memiliki pemandangan alam pantai yang super eksotis. Pantai yang indah ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini karena di pantai Drini terlindung oleh beberapa bukit karang. Di pantai Drini, anda juga dapat bermain air dan melihat beberapa biota laut yang biasanya berada di dasar karang.

Pantai cantik Drini memang memiliki pesonanya tersendiri dibanding dengan pantai-pantai yang lainnya. Selain diapit dua pulau karang, hewan-hewan dan tumbuhan laut juga tampak jelas di bawah permukaan air. Kita akan dengan leluasa bisa bermain dengan air laut yang masih bersih dan bening. Kejernihan air di pantai Drini membuat para pengunjung betah berlama-lama di sana.

3. Pantai Indrayanti

6-obyek-wisata-pantai-paling-indah-di-gunung-kidul

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terkenal dengan pasirnya yang putih. Tempat pantai Indrayanti tersebut yang bersih dan sedikit ada suasana di pantai Bali. Saat ini, tidak hanya pantai indah yang menjadi daya tarik disini. Akan tetapi dengan adanya Bukit Karang disisi pantai yang semakin dibangun sehingga kita dapan dengan mudah melihat keindahan pantai dari atas bukit tersebut.

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul sempat menjadi kontroversi karena pengelolaannya yang dipegang ole pihak swasta. Pesona pantai cantik ini sempat akan ditutup oleh Pemda DIY terkait masalah perizinan pengelolaan Pantai Indrayanti.

Tetapi karena dikelola swasta sebenarnya menjadikan tempat ini lebih bersih dan lebih terawat. Di sepanjang pantai Indrayanti terdapat gazebo dan restoran yang siap memanjakan pengunjung dengan hidangan khas laut yang sangat nikmat.

4. Pantai Siung

Pantai populer yang terdapat di wilayah Gunungkidul selanjutnya ialah pantai Siung. Keindahan pantai Siung ini menawarkan keindahan alam pantai yang berbeda dari pantai lainnya. Keindahan alam di pantai Siung ini berupa adanya hamparan batu karang yang kokoh berdiri di pantai ini.

Selain itu, di pantai Siung terdapat juga 250 jalur panjat tebing yang diakui oleh dunia Internasional. Dengan begitu, menjadikan pantai Siung ini sebagai tujuan wisata para pecinta alam di Indonesia. Pesona pantai Siung memang berkarang dan berbatu serta ombak yang besar.

Namun saat ini, sudah terdapat seperti bentuk kolam yang berada di pinggir pantai yang bisa dimanfaatkan untuk mandi bermain air. Bukit yang berada disamping pantai ini juga sudah semakin dibangun sehingga kita juga dapat dengan mudah naik keatasnya.

5. Pantai Sepanjang

Salah satu obyek wisata alam berupa pantai unik yang terletak di Gunungkidul ialah pantai Sepanjang. Pantai Sepanjang suasananya sangat tenang dan nyaman. Sebagai lokasi wisata yang baru, pantai Sepanjang juga masih benar-benar asri, alami dan bersih.

Di pantai Sepanjang ini juga terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh. Sesuai namanya yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh.

Pantai Sepanjang memang termasuk ke dalam salah satu pantai populer yang ada di wilayah Gunungkidul. Keindahan pantai Sepanjang tersebut juga didukung dengan kesejukan udaranya.

6. Pantai Krakal

Pantai Krakal memiliki ciri khas berupa garis pantai yang panjang. Bahkan garis pantai pantai Krakal diklaim sebagai yang terpanjang di Kabupaten Gunung Kidul. Selain garis pantai yang panjang, pantai cantik Krakal ini juga memiliki air laut yang bening sehingga sangat cocok untuk berenang.

Namun tetap harus hati-hati. Hal ini karena pada dasarnya pantai Krakal ini memiliki ombak yang besar. Salah satu hal yang menjadi keistimewaan tersendiri dari pantai Krakal adalah adanya ikan damselfish.  Ikan ini berwarna kuning dengan aksennya berwarna biru di punggung.

Juga ikan kepe-kepe atau butterflyfish dengan bergaris-garis biru tua dan biru muda. Serta terdapat sekelompok ikan kecil yang berwarna biru terang sedang berenang di antara bebatuan.

Itulah ulasan terupdate mengenai pantai paling indah di Gunung Kidul selengkapnya untuk anda. Semoga artikel wisata tersebut bermanfaat bagi anda yang mencari informasi seputar obyek wisata terupdate dan terpopuler.



loading...

Komentar