Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 m dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi yang meneteskan air membentuk tirai pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Ada sekitar lima terjunan air di lokasi ini dengan air terjun utama berada di ujung sebuah ruangan berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 25 m.

Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Probolinggo dan Jawa Timur, Air Terjun Madakaripura punya cerita magis yang legendanya akan selalu ditularkan pada tiap pengunjung yang baru pertama kali datang. Lokasinya yang ada di ujung lembah, tepatnya di kaki bukit Pegunungan Tengger menjadikannya perlu perjuangan untuk dicapai.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Jawa Timur

Rute Menuju Air Terjun Madakaripura


Air Terjun Madakaripura
terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Kalau pengin naik kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, kamu bisa memulainya dari Malang atau Surabaya.

Dari Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 3 jam dengan rute : Surabaya – Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Probolinggo – Tongas – di pertigaan pilih ke arah Air Terjun Madakaripura atau belok kanan (20-30 menit) – menuju Kecamatan Lumbang – dekat Pasar Lumbang belok kanan – ikuti arah menuju air terjun – Pintu Masuk Air Terjun Madakaripura – tempat parkir – jalan kaki sejauh 1 km melalui jalan setapak menuju lokasi. Biaya tiket masuk Air Terjun Madakaripura adalah Rp 5.000* per orang dan Rp 3.000* untuk parkir motor.

Sedangkan kalau naik angkutan umum dan harus memulai perjalanan Probolinggo, rutenya adalah : Terminal bus Banyuangga Probolinggo – naik bus jurusan ke Tongas/Lumbang (katakan pada kondektur kalau kamu mau ke Air Terjun Madakaripura dengan tarif Rp 5.000*) – berhenti di pertigaan Tongas – lanjutkan perjalanan dengan angkot ke Pasar Lumbang – naik ojek menuju ke air terjun (Rp10.000*) – Pintu Gerbang Madakaripura.

Keindahan Air Terjun Madakaripura

Di balik air terjun utama terdapat sebuah goa dimana untuk mencapainya sangat sulit karena harus melewati kolam air seluas 25 m2 yang ada tepat di bawah air terjun tersebut.  Kedalaman kolam ini sekitar 7 m dan memiliki arus air yang sangat deras.

Menurut penduduk setempat nama Madakaripura berarti ‘tempat terakhir’ yang diambil dari cerita pada jaman dahulu, konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di lokasi air terjun ini (di sebuah goa di air terjun utama tersebut).  Cerita ini didukung dengan adanya arca Gajah Mada di tempat parkir area tersebut.



loading...

Komentar