Berwisata religi ke Makam Sunan Giri, Gresik

Gresik merupakan kota yang terletak berada di pesisir pantai. Dahulu kala gresik adalah tempat persinggahan bagi pedagang Arab. Dan mulai di sinilah awal mula ajaran Islam yang ada di Islam yang dibawa dari seorang pedagang bernama siti Fatimah binti maimun. Gresik juga disebut sebagai kota santri di mana penduduknya mayoritas beragama Islam dan di kota ini terdapat banyak pesantren yang dibangun. Selain itu gresik juga dikenal dengan tempat wisata religi karena memiliki 5 makam wali dari wali songo. Salah satunya adalah komplek wisata makam sunan GIri, Gresik. Sekarang banyak penduduk lokal maupun dari luar gresik mengunjungi makam sunan gresik terutama pada saat bulan Ramadhan hingga puncaknya pada malam selawe atau 25 ramadhan.

Makam Sunan Giri Gresik

Makam Sunan Giri Gresik

Fasilitas yang ada di Makam Sunan Giri

Di Makam Sunan Giri, Gresik ini terdapat tempat parkir yang disediakan untuk parkir kendaraan pribadi maupun untuk bus para peziarah dan para wisatawan lainnya dengan dikelilingi kios-kios yang menjual beraneka ragam souvenir. Tidak ketinggalan pula ada fasilitas penunjang lainnya seperti Masjid Giri. Makam sunan giri ini terletak di atas bukit sehingga untuk menuju ke atas kita harus mendaki ke atas, tapi di sana banyak disediakan dokar ataupun ojek untuk mengantarkan para pengunjung ke tempat wisata makam sunan giri. Untuk tariff dokar Rp 10.000 sedangkan untuk tariff ojek satu kali jalan adalah Rp 2000. Setelah naik ojek atau dokar, kita masih harus naik tangga dan di sepanjang anak tangga itu kita dapat menemui banyak sekali pedagang makanan dan juga cinderamata.


Wisata Makam Sunan Giri, Gresik

Wisata Makam Sunan Giri, Gresik

Ketika kita menaiki anak tangga tersebut, kita juga akan menemukan gapura bentar yang terbuat dari batu bata berhiaskan gunungan yang ada di kaki gapura dan juga ada parung singa yang sudah rusak atau aus. Sepanjang anak tangga ada banyak pepohonan seperti pohon asam yang menurut penduduk setempat merupakan pohon asam yang dulunya ditanam sendiri oleh Sunan Giri sewaktu masih hidup. Kawasan wisata makam sunan giri, Gresik terletak di dalam cungkup dengan dihiaskan ornament-ornamen bermotifkan sulur tanaman. Pintu masuk menuju makan dibuat rendah agar para pengunjung merunduk supaya tidak terbentur. Hal ini dilakukan dengan sengaja sebagi penghormatan untuk Sunan Giri. Komplek wisata makam sunan giri, Gresik  terletak paling tinggi di antara makam lainnya.

Lokasi dan Akses Jalan ke Makam Sunan Giri

Lokasi makam sunan giri, gresik ini terletak di Desa Griri, kec kebomas, kab gresik. Untuk sampai ke lokasi tidak terlalu sulit karena letaknya berada di antara perbatasan kota gresik dan Surabaya. Jika ditempuh dari kota gresik dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan jarak tempuh sejauh 2 km menuju arah selatan dari kota gresik. Komplek makam ini tepatnya berada di puncak bukit giri.


Lihat Peta Lebih Besar



loading...

Komentar