Curug Cikaso Ujung Genteng Sukabumi

Indonesia memang negara yang kaya, tak terhitung jumlah air terjun di negeri ini. khususnya di Jawa Barat. masing- masing memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Banyak dari spot wisata alam ini yang sudah terkenal dan dikelola oleh pemerintah ataupun swadaya.

Para penggila air terjun selalu rela menempuh perjalanan jauh dan menaklukkan medan yang sulit untuk menyaksikan sepotong keindahan ciptaan Tuhan itu. Salah satu objek wisata di Sukabumi air terjun alias curug yang pantas dikunjungi adalah Curug Cikaso yang berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Curug yang disebut juga dengan nama Curug luhur ini memiliki tiga titik curahan air terjun, yang masing-masing bernama Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Curug Cikaso Ujung Genteng Sukabumi

Yang Menarik Dari Curug Cikaso

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.  Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki.  Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m.

Berkunjung ke Curug Cikaso sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena bias sinar matahari yang baru terbit akan tercipta dengan jelas dari butir-butir halus cipratan air terjun.  Sebaiknya menggunakan jasa pemandu yang tersedia agar tidak tersesat karena untuk menuju lokasi curug ini tidak ada petunjuk jalan.  Biaya jasa pemandu berkisar Rp 50000 – 70000.

Di kawasan ini juga terdapat curug yang lain yaitu Curug Calem, Curug Cikatomas dan Curug Cigangsa yang berjarak tempuh ± 30 menit atau sekitar 10 km.

Curug ini memang terlihat lebih indah untuk dinikmati saat debit air sedang besar karena air yang tercurah lebih deras dan gemuruhnya lebih dahsyat. Namun, pengunjung yang tergoda untuk berenang harus hati-hati karena kolamnya cukup dalam, sekitar 15 meter, dan ada pusaran di bawah air yang cukup kuat. Mintalah pendapat penjaga curug ini bagian mana saja yang cukup aman untuk berenang.



loading...

Komentar