Eksotika Wisata Telaga Warna Dieng

Dieng adalah kawasan di wilayah banjarnegara dan wonosobo dan termasuk dataran tinggi di provinsi jawa tengah. Dataran tinggi selalu menjanjikan sebuah maha karya keindahan alam yang memanjakan mata. Salah satu objek wisata dieng yang terkenal ialah telaga warna. Dinamai telaga warna karena warna telaga yang dapat berubah-ubah. Tempat wisata ini memiliki luas area 39.60 ha. Telaga warna dieng terbentuk dari letusan gunung purba dieng yang pernah terjadi pada masa ratusan tahun silam, hingga kini sudah tidak aktif lagi dan berubah menjadi sebuah kantong air hujan.

Wisata Telaga Warna Dieng

Wisata Telaga Warna Dieng

Menengok Keindahan Alam Wisata Telaga Warna Dieng

Keindahan alam yang disajikan telaga warna sudah dikenal berbagai wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Kemenarikan tempat wisata dieng ini mampu menarik wisatawan domestik maupun wisatawan asing untuk menikmati tempat ini. Warna telaga ini dapat berubah baik berwarna hijau dan kuning atau justru berwarna warni menyerupai warna pelangi. Pergantian warna di telaga ini dapat dijelaskan secara ilmiah karena air yang terkandung dalam telaga memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, sehingga pada waktu telaga terpapar sinar matahari, maka warna air telaga akan tampak berwarna warni. Pengunjung juga dapat melihat letupan-letupan air mendidih di tengah telaga. Selain warna yang berubah, telaga warna juga memiliki udara yang sangat asri dan dikelilingi pepohonan hijau yang menyejukkan mata bagi setiap orang yang melihatnya.


Telaga Warna DiengTelaga warna belum memiliki fasilitas yang lengkap. Di sana tersedia mushola, area parkir yang luas dan beberapa penjual oleh-oleh khas dieng. Di sana juga terdapat gazebo yang selalu siap digunakan pengunjung untuk bersantai menikmati keindahan alam di telaga warna. Namun fasilitas yang terbatas di wisata dieng telaga warna justru membuat telaga ini masih terkesan alami belum banyak terkena campur tangan manusia yang merusak.

Peta Lokasi & Akses Jalan ke Telaga Warna Dieng

Lokasi telaga warna dieng berada di kecamatan kejajar wonosobo, jawa tengah. Tempat wisata ini berjarak 25 km dari daerah wonosobo dan sekitar 3 jam perjalanan dari kota yogyakarta. Akses menuju tempat ini juga cukup mudah, dengan transportasi umum dapat dijangkau dengan menggunakan bus umum dari arah yogyakarta-Magelang–Wonosobo-dieng. Untuk mencapai wisata dieng telaga warna pengunjung dapat memanfaatkan jasa ojek di sekitar dieng.


Lihat Peta Lebih Besar



loading...

Komentar