Eloknya Wisata Danau Ranau Sumatera Selatan

Kalau di Sumatera Utara ada Danau Toba, di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  ada Danau Ranau. Danau Ranau adalah danau terbesar kedua Pulau Sumatera. Danau ini terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan dan sebagian masuk wilayah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi  Lampung.

Danau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Di Danau Ranau ini para pengunjung akan merasakan sejuknya udara yang ada di sini.

Eloknya Wisata Danau Ranau Sumatera Selatan

Sejarah Terbentuknya Danau Ranau

Menurut cerita, danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan itu. Lama-kelamaan lubang besar itu penuh dengan air.

Sekeliling danau ditumbuhi berbagai tumbuhan semak yang oleh warga setempat disebut ranau. Maka danau itu pun dinamakan Danau Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut.

Pada sisi lain di kaki gunung Seminung terdapat sumber air panas dari dasar danau. Di sekitar danau ini juga dapat ditemui air terjun Subik. Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Marisa.

Pulau Marisa sebenarnya daratan yang terpisah dari kaki Gunung Seminung karena genangan air danau. Di daratan yang luasnya tidak lebih dari satu hektar itu terdapat pohon-pohon kelapa, dan pengunjung bisa sekadar mampir untuk menikmati keindahan secuil daratan itu.


Apa Saja Yang Menarik Di Danau Ranau

Wisata danau Ranau, yang berada di Kampung Lombok, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat ini cukup menarik untuk masuk ke dalam agenda kunjungan anda. Kawasan ini cukup asri dan jauh dari polusi, apalagi kalau yang biasa tinggal di Jabodetabek, wah pasti seneng banget mengunjugi danau Ranau. Tahun 2007 telah diresmikan oleh Bupati Lam-bar, pusat wisata baru di wilayah Lombok kec.sukau.kab Lampung barat. yang dilengkapi Hotel bertaraf Bintang 3 yang berfasilitas lengkap. maka cocok untuk tempat berwisata bagi keluarga besar anda.

Jika anda orang Lampung saya sarankan anda untuk mengunjungi lokasi Wisata Lombok Ranau Resort. Daerah ini bisa dikatakan cukup eksotik, dimana terhampar pemandangan yang indah. Anda dapat menikmati keindahan danau ranau dan Gunung Seminung yang berdiri tegak menambah kuatnya pesona lokasi wisata ini. Jika kita mendaki ke puncak Seminung danau Ranau tampak indah. Bagi anda yang tertarik mendaki dapat mendaki dari air panas, saya sarankan dipandu dengan orang setempat.

Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Di sana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut, terdapat air terjun, dan penginapan. Danau ini juga menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Ada tiga tempat tujuan utama bagi para pengunjung Danau Ranau, yaitu Wisma PT Pusri ( Sumatera Selatan ), Pantai Sinangkalan ( Sumatera Selatan ) dan Wisata Lombok ( Lampung ).

Untuk dapat sampai ke Danau Ranau Anda bisa menempuh rute  Dari Kota Muaradua yang menjadi ibukota Kabupaten OKU Selatan, danau ini hanya berjarak sekitar 55 Km. Jika menggunakan transportasi jalur darat, waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sedangkan dari Palembang, butuh waktu sekitar 9 jam perjalanan menggunakan mobil.



loading...

Komentar