Embung Kleco Kulon Progo Yogyakarta

Yogyakarta memang menawarkan banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Ada Wisata Pantai, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata yang sedang marak di Yogyakarta adalah Wisata Embung. Ada beberapa embung yang dibangun di wilayah Yogyakarta ini seperti Embung Nglanggeran di Gunungkidul, Embung Sriten Di Nglipar Gunungkidul dan inilah yang akan kita bahas kali ini yaitu Embung Kleco atau biasa disebut dengan waduk mini Kleco di Kulon Progo.

Embung kleco adalah salah satu embung buatan yang berada di desa Ngesong, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo,Yogyakarta. Embung Kleco merupakan objek wisata yang tergolong baru di Kulon Progo. Walaupun tidak sebesar Waduk Sermo, tapi pemandangan alam dari waduk ini sangatlah bagus. Kita dapat melihat hamparan pohon – pohon dan bukit dari atas waduk.

Embung Kleco Kulon Progo Yogyakarta

Rute Menuju Embung Kleco Kulon Progo

Sebenarnya untuk sampai di obyek wisata ini sangatlah mudah, anda bisa memanfaatkan fitur google map di handphone android anda atau bertanyalah pada orang. Jika anda dari kota Jogja bertanyalah tentang daerah Nanggulan, Kulonprogo dan setelah anda sampai di daerah Nanggulan bertanyalah tentang waduk mini Girimulyo, dan setelah sampai Girimulyo bertanyalah tentang jalan ke waduk mini kleco Girimulyo.

Dari kota Yogyakarta : kota Jogja – Jl. Godean – sungai progo – Jl. Nanggulan – Janti-pertigaan belok kanan-balaidesa girimulyo – sebelum Jl.kiskendo belok kiri-ikuti jalan – sampai dusun ngesong.

Dari sentolo = Jl.sentolo – nanggulan – Janti-pertigaan belok kiri – arah girimulyo – sebelum Jl. Kiskendo belok kiri, ikuti jalan – sampai dusun ngesong.

Peta Jalan dan Kondisi jalan :
Jika dari kota jogja atau dari arah sentolo, anda pergi ke arah Jl. Nanggulan / Kecamatan Nanggulan,  di pertigaan Janti ada PUSKESMAS, anda lanjutkan ke jalan arah Kiskendo atau arah girimulyo, karena waduk mini Kleco ada di Kecamatan Girimulyo.

Keindahan Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Kita dapat melihat hamparan pohon – pohon dan bukit dari atas waduk. Apalagi jika anda berkunjung pada pagi hari, kita dapat melihat birunya langit dan gunung merapi. Pada saat sore hari, jika cuaca cerah, pengunjung juga dapat menikmti sunset dari waduk mini ini. Untuk akses jalan ke waduk ini terbilang sangat mudah. Jika berkunjung ke waduk ini sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman, karena disini belum ada yang berjualan makanan dan minuman. Untuk fasilitas umum seperti kamar mandi sudah disediakan di obyek wisata ini. Hanya dikenakan uang parkir kendaraan untuk masuk ke obyek wisata ini.

Setelah sampai di atas bukit pandangan mata akan lebih leluasa melihat luasnya keindahan yang ditawarkan. Memandang luasnya Kota Wates dan garis pantai Selatan di Selatan, Berbukitan Menoreh di sisi barat,  Kota Yogyakarta di sisi timur, dan Kota Magelang di  timur laut. Kaki Gunung Merapi pun terlihat juga menghiasi cakrawala di sore hari menambah indahnya hamparan lukisan Tuhan ini.

Asik juga duduk duduk di atas bukit di belakang Waduk Mini. Cukup sekedar menikmati pemandangan indah yang tiada duanya sambil menikmati udara sejuk sebagai pencuci alami paru paru jauh dari hiruk pikuk kota, suara suara hewan khas pegunungan terdengar terselip diantara suara hembusan angin yang menerpa tubuh.

Ingin kan suasana yang indah seperti ini, segera saja datang ke waduk mini Kleco atau embung Kleco Kulon Progo ini. Dijamin anda akan kembali fresh dan sejenak terlepas dari penatnya kerjaan anda di kantor.

 



loading...

Komentar