Gunung Rinjani Trek Prosedur Dan Jalur Resminya

Petualangan perjalanan pendakian ke Taman Nasional Gunung Rinjani di pulau Lombok, Indonesia dan mendaki Gunung Rinjani. Jumlah pengunjung pendakian di TNGR sampai dengan saat ini belum adanya pembatasan/kuota, karena jumlah pengunjung yang masih relative kecil (± 10.000 pengunjung/tahun) serta kawasan masih  cukup untuk aktifitas dari pengunjung dengan nyaman.

Pengunjung yang akan melakukan pendakian/trekking ke Gunung Rinjani diwajibkan untuk mendapatkan ijin. Perijinan ini bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada pengunjung, legalitas/keabsahan sebagai pengunjung TNGR serta untuk memudahkan mengontrol dan memonitor aktifitas pengunjung.

Gunung Rinjani Trek Prosedur Dan Jalur Resminya

Jalur Resmi Pendakian Gunung Rinjani

Ada beberapa jalur resmi dan utama yang sering di gunakan oleh pendaki Rinjani. Berikut ini jalur – jalurnya.

1. JALUR SENARU

Jalur pendakian Senaru merupakan jalur pendakian paling ramai, hal ini disebabkan selain sebagai jalur wisata treking juga kerap dipergunakan sebagai jalur pendakian oleh masyarakat adat yang akan melakukan ritual adat / keagamaan di puncak Rinjani atau Danau Segara Anak. Pusat Pendakian Terpadu ( Rinjani Trek Centre ) Senaru.


Rute pendakian yaitu Senaru – Pelawangan Senaru – Danau Segara Anak dengan berjalan kaki memakan waktu ± 10 – 12 jam melalui trail wisata yang berada dalam hutan primer dan sepanjang jalan trail telah disediakan sarana peristirahatan pada setiap pos. Dari pintu gerbang Senaru sampai Danau Segara Anak terdapat tiga pos. Sepanjang jalan trail pengunjung dapat menikmati keindahan hutan belantara dan bebatuan yang menakjubkan.

– Mataram – Senaru ( ± 3 – 4 Jam Kendaraan Umum )
– Senaru – Danau Segara Anak ( ± 7 – 10 Jam Jalan Kaki )
– Danau Segara Anak – Pelawangan Sembalun ( ± 4 Jam Jalan Kaki )
– Pelawangan Sembalun – Puncak Rinjani ( ± 2 – 3 Jam Jalan Kaki )

2. JALUR SEMBALUN

Jalur Sembalun merupakan jalur yang ramai dilalui oleh pengunjung terutama oleh para penggemar treking. Rute yang dilalui adalah gerbang sembalun lawang – pelawangan sembalun – puncak rinjani memakan waktu 9 – 10 jam. Jalur ini sangat dramatis dan mengesankan trail wisata yang anda lalui merupakan padang savana dan punggung gunung yang berliku – liku dengan jurang disebelah kiri dan kanan jalur.

– Mataram – Sembalun ( ± 4 – 5 jam kendaraan umum )
– Sembalun Lawang – Puncak Gunung Rinjani ( ± 7 Jam Jalan Kaki )
– Sembalun Lawang – Danau Segara Anak ( ± 2 – 3 Jam Jalan Kaki )

 



loading...

Komentar