Gunung Tangkuban perahu

Yuk kita berpetualang, merefresh otak kita yang selama ini kita paksa untuk bekerja menyelesaikan tugas sekolah, pekerjaan kantor, atau menulis tugas untuk anak-anak sekolah oleh para guru. Tentunya berpetualang adalah solusi yang tepat untuk melupakan sejenak perkara-perkara yang menguras tenaga tersebut. Lantas kemana kita harus berpetualang?, mungkin jawaban yang tepat adalah tangkuban perahu.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu, sejarah tangkuban perahu, lagenda tangkuban perahu, letusan gunung tangkuban perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung tangkuban perahu adalah salah satu gunung yang indah yang terdapat di pulau jawa, tepatnya jawa barat, indonesia. Gunung tangkuban perahu memiliki ketinggian 2.084 m diatas permukaan laut, gunung dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya memiliki bentuk Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Daerah gunung tangkuban perahu memiliki suhu harianya rata-rata 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari, dan gunung ini dikelola oleh perum perhutanan.

Tak lengkap rasanya kalau kita hanya mendengar dan melihat gunung tangkuban perahu di televisi saja, apalagi kalau kita lagi berkunjung ke bandung tapi tidak mampir ke gunung tangkuban perahu tersebut .


Gunung yang terkenal dengan legenda orang sunda (sankuriang), memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri, Untuk mencapai Gunung Tangkuban Perahu, sangt mudah sekali. Anda bisa menggunakan mobil pribadi, kendaraan bermotor, atau anggkutan umum. Pergi kesana akan menciptakan suasana yang menyenangkan yang tidak akan pernah terlupakan.

Lagenda Gunung Tangkuban Perahu

Asal-usul Cerita Lagenda Gunung Tangkuban Parahu ada kaitanya dengan legenda Sangkuriang, yang diceritakan jatuh cinta terhadap ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan tekad sang anak menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan prasyarat agar Sangkuriang membuat sebuah perahu dalam semalam. Saat usahanya tersebut tidak berhasil atau gagal, Sangkuriang geram serta menendang perahu itu hingga mendarat dalam kondisi terbalik. Perahu inilah yang lalu menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

Akses Jalan Ke Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Rute jalan yang bisa dilalui untuk sampai di lokasi object wisata Gunung Tangkuban perahu yaitu melalui pintu tol Pasteur, dilanjutkan menuju Jl. Dr. Djunjunan – lanjut ke Pasirkaliki – melalui Sukajadi – Setiabudi – Lembang lantas hingga ke tempat Tangkubanparahu (Gerbang Atas).

Apabila keluar lewat pintu tol Padalarang (lewat Cipularang), dapat ambil arah ke Cimahi lantas belok ke kiri lewat Jl. Kolonel Masturi, lantas terus saja ikuti ruas jalan Kolonel Masturi sampai ujungnya (melalui daerah kecamatan Cisarua serta kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat), lantas kala bertemu pertigaan di Jl. Raya Lembang, belok kiri serta terus saja ikuti jalan melalui markas Brimob dan lain-lain, kurang lebih 1 km. lagi bakal sampai di Gerbang akses ke wisata kawah Tangkuban Perahu (letaknya kiri jalan).



loading...