Indahnya Berwisata Ke Gunung Tampomas Sumedang

Indahnya Berwisata Ke Gunung Tampomas Sumedang
Gunung Tampomas berada di utara wilayah Kabupaten Sumedang. Secara administratif, kawasan Tampomas berada di tiga kecamatan, yaitu Buahdua, Conggeang, Paseh, Cimalaka dan Tanjungkerta. Luas area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas adalah 1.250 hektar.

Lokasi ini sangatlah keren karena dari puncak kita bisa melihat pemandangan alam yang indah ke arah Sumedang dan sekitarnya. Ada juga lubang-lubang bekas kawah dan batu-batu besar berwarna hitam yang menambah keindahan lokasi ini bagi yang bisa melihatnya.

Indahnya Berwisata Ke Gunung Tampomas Sumedang

Sekitar 200 meter ke arah utara dari puncak Sangiang Taraje terdapat pula makam yang dikenal dengan nama Pasarean, konon tempat tersebut adalah petilasan dari Prabu Siliwangi. Selain keindahan alamnya, gunung ini juga dikenal dengan daya tarik magisnya yang membuat semakin banyak minat orang untuk menaiki puncaknya.

Kawasan Hutan Gunung Tampomas

Gunung Tampomas Sumedang

Kawasan hutan Gunung Tampomas memiliki keanekaragaman flora dan fauna, Seperti owa yang mukanya berwarna hitam, lutung, monyet, Meong Congkok, berbagai jenis ular dan burung. Adapun tumbuhannya seperti Jamuju, Rasamala, dan Saninten. Selain flora dan fauna, gunung ini juga memiliki peninggalan sejarah kerajaan Padjadjaran lama, terdapat beberapa situs purbakala yang ditemukan di Gunung Tampomas.

Menikmati keindahan alam pegunungan serta keindahan kota Sumedang dari atas puncak, merupakan hal yang luar biasa, sehingga sangat disayangkan jika anda berkunjung ke Sumedang dan tidak mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini.



loading...

Komentar