Jalan-Jalan Ke Klenteng Sanggar Agung Surabaya

 

Jalan-Jalan Ke Klenteng Sanggar Agung Surabaya

Jalan-Jalan Ke Klenteng Sanggar Agung Surabaya – Liburan ke Surabaya akan terasa pas di saat Imlek karena banyak etnis Tionghoa di kota ini. Mereka biasanya meramaikan Kelenteng Sanggar Agung dimana konon Dewi Kwam Im memperlihatkan dirinya. Penasaran kan?

Klenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tan candi klenteng untuk jemaat Tri Darma, yaitu Buddha, Tao dan Kong Hu Cu. Klenteng ini terletak di Jalan Sukolilo no 100, Pantai Kenjeran.

Keunikan Klenteng Sanggar Agung

 

Jalan-Jalan Ke Klenteng Sanggar Agung Surabaya1

Kelenteng Sanggar Agung atau Kelenteng Hong Tang Sang berdiri di laut, memiliki luas bangunan 4.000 meter persegi. Kelenteng ini justru tak banyak memamerkan arsitektur ala Tiongkok.

Kelenteng ini punya patung Dewi Kwam Im ikonik, yang dihadapkan ke laut. Dibuatnya patung itu konon seorang penjaga kelenteng melihat wujud wanita berjubah putih berjalan di atas laut saat menutup kelenteng. Patung tersebut dibangun setinggi 20 meter untuk memikat wisatawan selain punya filosofi religius.

Jalan-Jalan Ke Klenteng Sanggar Agung Surabaya2

Saat memasuki gerbang traveler jelas akan disambut Sang Dewi Kwam Im, patung naga meliuk dan dua patung Sha Nan dan Tong Nu. Kalau menyusuri semakin dalam, kesan campuran arsitektur ala Bali dan Jawa malah terasa kuat di sana. Selain patung Dewi Kwam Im, stupa Maha Brahma juga dipamerkan di area kelenteng Sanggar Agung.

 



loading...

Komentar