Wisata Alam Terbuka di Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas | Alampriangan.com – Bandung Selatan memiliki tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Kampung Cai Ranca Upas.

Dulu, destinasi ini bernama Bumi Perkemahan Ranca Upas, dengan daya tarik berupa tempat kemah dan penangkaran rusa. Kini, ditambahkan embel-embel Kampung Cai di depannya, karena telah dibangun kolam renang air panas yang bersumber dari gunung Patuha serta fasilitas lain yang lebih lengkap.

Lokasi dan Tarif

Kampung Cai Ranca Upas berada di Ciwidey, Bandung Selatan Jawa Barat. Kurang lebih jaraknya 50 km dari kota Bandung tepatnya di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung. Dari kota Bandung bisa dicapai sekitar 3 jam menggunakan kendaraan bermotor.


Letaknya tak jauh dari wisata Kawah Putih. Meskipun cukup jauh dari pusat kota, namun rasa letih di perjalanan akan terbayarkan jika Anda sampai ke tempat ini.

Untuk tiket masuknya, per orang akan dikenakan Rp 10.000, kendaraan roda 4 Rp 5.000, kendaraan roda 2 Rp 2.000, dan bus Rp 6.000. Kampung Cai Ranca Upas menawarkan keindahan alam yang menawan dengan fasilitas yang lengkap.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut bisa kontak ke manajemen mereka yaitu:

Kontak Kampung Cai Ranca Upas

Telpon (022) 7278341, +62 812 23456 911
Email: info@westjavaecotourism.com, tourismwestjava@yahoo.com

Fasilitas Menarik Kampung Cai Ranca Upas

1. Area Camping

Kawasan Kampung Cai Ranca Upas memiliki lahan yang luas, sekitar 215 ha yang dapat menampung sekitar 10.000 orang. Saking luasnya, pengunjung bebas ingin berkemah di mana saja.

Pemandangan yang disuguhkan juga sangat indah. Pemandangan gunung yang berdiri tegak, hijaunya pepohonan dan beningnya air danau bisa Anda saksikan dari dekat.

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Tak jauh dari kawasan perkampungan, bisa Anda jumpai area hutan lindung. Di sana terdapat pepohonan seperti pohon Kurai, Pasang, dan Huru yang sudah jarang sekali kita temukan. Selain itu, pengunjung yang beruntung bisa melihat burung-burung yang berkicau indah di dahan pepohonan.

Suhu udara disana cukup dingin, suhu hingga 0 derajat Celsius di malam hari dan 17-20 derajat di siang hari. Ini dikarenakan kawasan ini berada di ketinggian kurang lebih 1700 m dari permukaan air laut.

Jika tidak membawa perlengkapan untuk berkemah, jangan khawatir karena ada tempat penyewaan alat-alat perkemahan seperti sleeping bag, dan tenda.

2. Penangkaran Rusa

Selain bisa digunakan untuk camping bersama teman/keluarga, di Kampung Cai Rancai Upas juga terdapat penangkaran rusa. Rusa-rusa yang ada disana dibiarkan hidup bebas di alam liar.

Uniknya lagi, rusa-rusa yang ditangkar disana adalah rusa jawa atau Cervus Timorensis yang statusnya dilindungi oleh negara. Rusa ini memiliki warna bulu kaki yang lebih terang dari bulu tubuhnya. Bulu badannya berwarna merah sedikit kecoklatan.

Penangkaran Rusa di Kampung Cai Ranca Upas

Penangkaran Rusa di Kampung Cai Ranca Upas

Di penangkaran rusa ini, para pengunjung yang datang bisa mengamati dari dekat perilaku rusa-rusa ataupun memberinya makan. Wortel dan sayuran untuk makanan para rusa, sudah disediakan oleh petugas. Jadi pengunjung tidak perlu repot-repot membawa dari rumah.

3. Outbound

Kampung Cai Rancai Upas menyediakan kegiatan outbound yang diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti games, tantangan, bahkan trekking di hutan. Kegiatan ini biasanya diikuti oleh banyak siswa sekolah untuk acara Persami sekolah atau Pramuka.

Namun, terkadang outbound pun diikuti oleh para karyawan yang mengadakan gathering perusahaan. Di sekitar lokasi outbound disediakan fasilitas seperti toilet, warung, dan tempat beribadah/ masjid.

Fasilitas lainnya seperti life musik, snack, atau pun api unggun bisa disediakan tergantung kebutuhan para pengunjung. Bahkan, jika pengunjung ingin tidur di kasur yang empuk dan makan prasmanan pun bisa. Lengkapnya fasilitas yang dimiliki kawasan ini menjadikannya cocok untuk acara outbound/gathering.

4. Kolam Air Panas

Di area ini pengunjung bisa berendam dengan hangatnya air panas. Betapa nikmatnya berendam air panas di udara yang cukup dingin.

Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Tak jauh dari kolam air panas, terdapat waterboom untuk yang menjadi favorit anak-anak. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, Anda harus membayar lagi sekitar Rp 10.000 untuk waterboom dan Rp 3500 untuk kolam air panas.

5. Paintball

Butuh permainan yang lebih menegangkan? Paintball adalah jawabannya. Anda bersama teman satu team bisa merasakan seolah-olah berada di medan perang.

Perlengkapan paintball sangat lengkap, serta ada instruktur yang akan memberikan pengarahan sebelum bermain. Manfaat permainan ini tidak hanya memberikan sensasi ketegangan saja, namun juga melatih analisis, kerja sama dan mengambil resiko.

Oleh-oleh Khas

Kurang lengkap rasanya jika berpergian tanpa membawa pulang buah tangan. Salah satu oleh-oleh khas Ciwidey adalah dodol strawberry. Tidak sulit menemukan penjual dodol karena para penjual biasa menjualnya di kawasan dekat Ranca Upas.

Dodol strawberry ini dibuat oleh para penduduk lokal. Kebanyakan dari mereka memiliki kebun strawberry. Pembuatannya juga sangat alami karena tidak menggunakan bahan pengawet. Satu bungkus dodol harganya Rp 8.000-10.000 saja. Selain dodol, ada juga bandrek, minuman hangat rasa jahe.

Minuman ini sangatlah cocok untuk dinikmati di tempat yang suhunya dingin seperti Kampung Rancas Ucas. Bandrek juga bisa dibawa pulang dengan cara dikemas di dalam botol. Per botolnya dihargai Rp 7000 – 15.000. Cukup murah, bukan?



loading...

Komentar