Keindahan Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk | alampriangan.com – Yogyakarta adalah kawasan yang terkenal dengan tempat wisatanya, terutama di Gunungkidul. Kawasan Gunungkidul dikenal sebagai daerah yang memiliki wilayah kering dan tandus ternyata juga menyimpan keindahan alam yang masih sangat asri.

Hijaunya aliran sungai yang membelah ngarai dengan air terjun indah yang tak pernah berhenti mengalir di setiap musim. Air terjun tersebut dikenal dengan nama air terjun Sri Gethuk. Tersembunyi di antara tebing-tebing karst, air terjun yang berasal dari mata air yang tak pernah kering ini mengalir dengan indah. Gemericik airnya lantas mengalir menuju sungai Oya yang tampak mengular membelah tanah Gunungkidul.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata favorit masyarakat di kawasan Gunungkidul, yang berlokasi di kawasan Desa Wisata Bleberan. Tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Atau sekitar 41 km dari arah Tenggara Kota Yogyakarta dan anda akan melewati Bukit Bintang di Patuk Gunungkidul. Lokasinya tidak terlalu jauh dari salah satu obyek wisata alam yang bersejarah, Gua Rancang Kecono. Akses menuju tempat ini terbilang mudah sebab sudah ada petunjuk arah hingga Desa Bleberan.

Suasana Air Terjun Sri Gethuk

Suasana di sekitar air terjun Sri Gethuk ini sangat menyegarkan karna dikelilingi oleh pohon-pohon hijau yang menyejukkan mata. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun kamu harus melakukan perjalanan selama beberapa menit dari lokasi parkir.

Ada dua cara untuk sampai kesana: berjalan kaki melewati jalan setapak atau dengan menyewa rakit dengan tarif Rp 10.000. Dengan naik rakit anda bisa menikmati keindahan sungai Oya yang sangat jernih dan asri.

Jika anda ingin menikmati perjalanan ke arah air terjun, anda bisa memilih melewati jalan setapak. Jalan setapak tersebut berada di tengah persawahan penduduk, sehingga udaranya sangat segar.

Anda juga akan melewati warung makan di tengah-tengah persawahan yang menyediakan berbagai makanan khas Gunungkidul. Setelah sampai di lokasi air terjun, kamu bebas melakukan apapun. Mau berenang atau sekedar duduk-duduk menikmati suasana alam yang terasa menyegarkan. Semua akan terasa sangat menyenangkan.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Ketika beruntung, Anda pun akan dapat menyaksikan pelangi yang sangat indah di sekitar air terjun ini. Akan tetapi air terjun tersebut dapat dinikmati pada saat musim penghujan. Setelah puas bermain air, Anda pun bisa menghilangkan lapar dan dahaga di warung-warung yang ada di sana. Di sana Anda juga akan mendapati makan khas Jogja, seperti tiwul dan juga gathot.

Pemandangan alam yang ada di sekitar air terjun ini sungguhlah indah dan mempesona. Lokasinya pun akan terasa sejuk karena tempatnya yang sangat asri. Satwa-satwa liar yang ada di air terjun ini pun akan menambah daya tarik dari keindahan tempat wisata yang satu ini.

Namun yang disayangkan adalah kawasan wisata ini belum dikelola dengan baik tak seperti tempat wisata di Jogja lainnya. Padahal jika dikelola dengan baik dan diberikan fasilitas yang memadai, air terjun di Jogja ini memiliki potensi besar menjadi destinasi wisata terbaik di Yogyakarta.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter itu sendiri mengalir cukup deras dan sangat cocok untuk kita main air maupun berenang di sungai di bawah air terjun itu sendiri. Ditambah dengan motif-motif bebatuan yang sangat indah, menambah pesona dari air terjun ini sendiri.

Selain pemandangan cantik dari air terjun dan juga aliran Sungai Oya, obyek wisata ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti warung makan sederhana yang siap menuntaskan rasa lapar dan dahaga setelah bermain air. Keberadaan Air Terjun Sri Gethuk seolah semakin menambah kelengkapan pilihan wisata alam di kawasan Gunung kidul yang dulunya terkenal kering dan gersang menjadi salah satu primadona wisata di jogja.



loading...

Komentar