Menikmati Keindahan Alami Pantai Sowan Tuban

Pantai Sowan Tuban
Pantai Sowan Tuban

PANTAI Sowan Tuban merupakan lokasi wisata dengan obyek utama berupa pantai pasir putih yang alami dengan pemandangan landscape laut.  Pantai ini dikelola oleh Perum Perhutani.  Luas wanawisata pantai dengan ciri khas hamparan pasirnya yang putih dan bersih itu adalah sekitar 17 hektar.

Tetapi, bukan hanya pasir putih yang alami dan bersih itu saja yang bisa dinikmati di Pantai Sowan. Di sana juga terdapat pemandangan alam sekitar yang berupa hamparan rumput dan hutan trembesi, serta dinding karang yang menjorok ke laut. Sajian tersebut mengesankan pemandangan alam yang “perawan” sehingga seakan memanjakan mata wisatawan yang datang.

Pengelola wisata ini juga masih memertahankan alaminya pepohonan pantai. Di daerah sekitar pantai terdapat hamparan hutan akasia, klampis, dan mahoni. Kehadiran rangkaian pepohonan itu menjadikan hawa sejuk yang tepat untuk menemani suasana santai bersama keluarga.

Sehingga, setiap wisatawan yang berkunjung bisa dengan santai menikmati keindahan pantai dari bawah rindangnya pepohonan pantai, dengan menikmati semilir angin yang berhembus dari antara dedaunan di Pantai Sowan. Sungguh sebuah relaksasi tersendiri.

Hamparan pepohonan yang alami di Pantai Sowan mengiringi hembusan angin laut membuat wanawisata ini tetap terasa sejuk kendati hari telah beranjak siang dan matahari dengan terik menyorotkan sinarnya. Maka, tak heran jika banyak muda-mudi yang memilih pantai ini sebagai tempat bersantai-ria, terutama di hari Minggu.

Lokasi Pantai Sowan

Lokasi Wanawisata Pantai Sowan terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepat di tepi jalur Pantura. Secara administratif, Wanawisata Pantai Sowan terletak di Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Dulunya, lokasi ini merupakan Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Bancar.

Jalur Menuju Pantai Sowan

Perjalanan menuju Wanawisata Pantai Sowan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan umum. Dari Kabupaten Tuban dan juga Kabupaten Rembang, jaraknya kira-kira 40 km.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, untuk mencapai lokasi Wanawisata Pantai Sowan sejauh 40 km dari Tuban itu memang cukup jauh, tetapi jarak itu bisa ditempuh dengan mudah. Sebab, kendaraan umum yang menuju lokasi wanawisata itu cukup mudah didapat.

Ya, hal itu karena lokasi Wanawisata Pantai Sowan berada tak jauh dari jalur Pantura, tepatnya di Jalan Raya Semarang – Surabaya, dan banyak angkutan umum yang melewatinya. Baik bus jurusan Surabaya-Semarang maupun kendaraan kecil lainnya. Ongkos kendaraan pun cukup terjangkau.

Dari Tuban ongkosnya adalah Rp 7.000 dan berhenti persis di depan jalan masuk di lokasi. Sebab, aksesibilitasnya sangat mudah karena jarak dari pinggir jalur Pantura, tempat turunnya penumpang dari kendaraan umum, menuju pintu gerbang lokasi kira-kira hanya 100 meter saja.

Di kanan dan kiri jalan beraspal yang dilewati wisatawan untuk sampai ke pintu gerbang itu dipenuhi rimbunnya pepohonan.

Keanekaragaman Hayati

Selain pesona pantai yang alami, wanawisata ini juga punya potensi sumber daya alam berupa vegetasi yang beraneka ragam. Di antara vegetasi tersebut adalah Mahoni, Jati, Akacia, Klampis, Kesambi, Trembesi, Mimbo, Ketapang, Randu, Jaranan, Srikaya, Mangga, Kawis, Asem, Waru, Lamtoro, Penitian Pakis, Sonokeling, Jambu.

Suasana Pantai Sowan Tuban
Suasana Pantai Sowan Tuban

Selain ragam flora, menurut Petugas Pengelola Wanawisata Pantai Sowan, Lukman, kita juga dapat menemukan fauna di kawasan Wanawisata Pantai Sowan. Di antaranya adalah Burung perkutut, Burung kutilang, Burung jalak, Burung derkuku, Burung cendet, Burung prenjak, Burung gereja, Burung puyuh/gemek, Burung cegir Burung kakak tua putih, Burung trucukan, Burung emprit, Burung kepodang, Musang, Trenggiling, Nyambik/biawak.

Daya Tarik Pantai Sowan

Di tepi Pantai Sowan, pengunjung akan disambut oleh puluhan pohon klampis yang berderet menambah sejuk lokasi pantai. Setiba di bibir pantai, pengunjung bisa dudukduduk di bangku beton menikmati semilir angin laut, atau menikmati suasana rehat yang santai di rumah istirahat yang disediakan di lokasi setempat, sambil menikmati keindahan laut dan pantai yang alami.


Pengunjung yang senang berkemah juga bisa memanfaatkan kawasan setempat sebagai lokasi berkemah. Lokasi kemah wanawisata ini menjanjikan pemandangan alam yang indah. Apalagi, di sore hari para wisatawan bisa menikmati indahnya semburat cahaya di langit saat sang mentari tenggelam ke peraduannya.

Tak hanya wisata alam yang ada di Pantai Sowan. Juga ada daya tarik sosial budaya masyarakat sekitar.  Sebab, masyarakat selalu melakukan tradisi sedekah laut. Tradisi yang dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur atas rezeki (panen) yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa ini dilaksanakan setiap tahun setelah panen pada hari Rabu Pahing.

Aktifitas yang dapat pengunjung lakukan di Wanawisata Pantai Sowan adalah sight seeing (menikmati panorama, red), outbond, camping, berenang, dan memancing.

Berbeda dari Pantai Lain

Pantai Sowan memang menjanjikan panorama dan suasana yang berbeda ketimbang pantai lain. Berada di Pantai Sowan, pengunjung tidak saja bisa menikmati panorama ala pantai dengan banyak perahu dan aktifitas nelayannya.

Tetapi juga menekuni kontur tanah di sekitar pantai yang bergelombang seperti bukit-bukit kecil. Apalagi, di tanah berkontur itu juga banyak terdapat pohon dengan jenis tertentu yang oleh warga setempat disebut dengan nama Tapis.

Pemandangan Pantai Sowan
Pemandangan Pantai Sowan

Banyak warga setempat yang kerap memetik buah Tapis dengan galah. Bentuk buah Tapis itu seperti asam. Warga banyak mengambil buah Tapis, karena ternyata bisa bermanfaat sebagai campuran untuk sayuran.

Caranya dengan mengumpulkan dan mengecambahkan biji Tapis yang telah kering. Kecambah biji Tapis yang disebut Ale itu kemudian dimasukkan ke dalam sayuran untuk memberi sensasi rasa tertentu yang nikmat. Ale itu sendiri biasa dijual di pasar setempat dengan harga Rp 8000 per kilogram.

Di bulan-bulan tertentu, banyak warga di sekitar pantai Sowan yang turun ke bibir pantai untuk memanen tumbuhan laut semacam ganggang yang berwarna hijau. Tumbuhan laut itu dipanen untuk digunakan sebagai lalapan atau keperluan lainnya.

Berbeda pula dari kebanyakan pantai yang menjadi lokasi wisata, suasana di sekitar Pantai tampak hijau dan asri. Di tengah semilirnya hembusan angin dan di bawah naungan hijau pepohonan, para wisatawan dapat merasakan betapa sangat mengasyikkannya dapat menikmati wisata alami di pantai yang berombak tenang ini.

Apalagi, di antara hampatan pasir putih di pantai ini, juga terdapat banyak bongkahan batu besar berwarna oranye yang semakin menambah pesona keindahannya.

Karena pesona alam dan lingkungannya yang indah dan masih alami itu menjadikan Pantai Sowan ini tampak berbeda dengan pantaipantai lainnya, terutama yang ada di Tuban.

Fasilitas Pantai Sowan

Bagi pengunjung yang menginginkan untuk bermalam di sana, juga disediakan 2 unit villa yang dapat disewa, dengan kapasitas masing-masing 2 orang. Sedangkan sebagai pendukung kegiatan wisata, di sana disediakan ragam fasilitas, antara lain area bermain, toilet, mushola, shelter, gerbang, loket, papan penunjuk arah, serta instalasi listrik dan air.

Namun, keindahan yang tersaji di Wanawisata Pantai Sowan masih alami. Terutama menyangkut fasilitas bagi pengunjung, mulai dari tempat sholat, tempat istirahat, juga jalan masuk dari pintu gerbang sampai ke tepi pantai yang masih belum memadai.

Pengunjung Terus Meningkat

Hal yang juga alamiah adalah, para pengunjung bisa menikmati kegiatan puluhan perahu nelayan yang berangkat melaut, serta pulang dari laut dengan membawa hasil laut. Para nelayan pulang melaut di antaranya membawa udang laut, rajungan, juga hasil tangkapan yang lainnya.

Meski tampilan dan pengelolaan Wanawisata Pantai Sowan terbilang masih sederhana bahkan apa adanya, namun jumlah pengunjung obyek Wana Wisata Sowan, semakin meningkat.

Hamparan hutan yang subur menghijau dan mengelilingi Pantai Sowan tampak demikian alami, menarik minat para wisatawan untuk datang. Potensi alam inilah, yang kemudian dikunjungi wisatawan setempat atau dari berbagai kota di Jawa Timur.

Senja di Pantai Sowan
Senja di Pantai Sowan

Mereka datang untuk melihat keindahan alam Pantai Sowan sekaligus menikmati aneka masakan laut yang ada di sana. Dari rajungan sampai kepiting hingga ikan bakar segar, semua disajikan dengan khas gaya masakan Tuban. Pedas dan sedikit asin.

Apalagi, harga karcis masuk ke lokasi obyek wisata pantai ini hanya dibanderol Rp 3.000 per orang, dan untuk kendaraan roda dua biayanya Rp 1.000 per kendaraan, serta kendaraan roda empat Rp 2.000 per kendaraan. Harga karcis masuk tersebut terbilang murah meriah, dibandingkan obyek wisata lain di kota-kota besar.



loading...

Komentar