Kota lama semarang

Kota Lama Semarang adalah sebuah citra visual yang menghadirkan kemegahan arsitektur Eropa di masa lampau. Di sana banyak berdiri Bagunan-bangunan yang kuno, eksotis dan megah yang diwariskan Kolonial Belanda, seakan-akan menyimpan banyak cerita yang tak kan pernah habis untuk dikisahkan.

Kota Lama Semarang, peta kota lama semarang

Kota lama semarang, Jawa Tengah

Di sekeliling Kota Lama semarang dibangun pula kanal-kanal air yang keberadaanya masih bisa dilihat hingga kini, meski kondisinya tidak terawat. Hal inilah yang mengakibatkan Kota Lama semarang mendapat julukan sebagai Little Netherland. Tempatnya yang terpisah dengan lanskap mirip dengan kota di Eropa serta kanal yang mengelilinginya membuat Kota Lama semarang seperti miniatur Belanda di Semarang.

Bangunan Kuno Kota Lama Semarang

Mercusuar Semarang

Di bangun pada th. 1884. Pembangunan mercusuar ini terkait dengan pembangunan kota Semarang juga sebagai kota Semarang sebagai kota Pelabuhan oleh Pemerintah kolonial untuk pengangkutan ekspor gula ke dunia. Pada saat era XIX Indonesia saat itu bernama Hidia Belanda pernah menempati peringkat ke-2 juga sebagai penghasil gula dunia. Bangunan Mercusuar ini satu-satunya di Jawa Tengah. Mercusuar ini adanya di Pelabuhan Tanjung Emas.

Mercusuar Semarang

Mercusuar Semarang

Gereja Blenduk Semarang

Satu bangunan yang sangat populer dan harus dikunjungi ketika mengunjungi Kota Lama Semarang yaitu Gereja Blenduk yang berusia lebih dari dua setengah abad. Gereja yang mempunyai nama asli Nederlandsch Indische Kerk dan sekarang masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga kini menjadi Landmark Kota Semarang.

Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk Semarang

Karena masyarakat setempat merasa kesulitan dalam mengucapkan nama dalam bahasa Belanda, akhirnya menyebutnya blenduk karena mempunyai atap berbentuk kubah berwarna merah bata yang dibuat dari perunggu serta dua menara kembar di depannya. Perubahan nama juga terjadi pada Jembatan Berok yang dulu menjadi pintu gerbang menuju Kota Lama. Kata burg yang berarti jembatan ducapkan menjadi berok dan nama tersebut terus dipakai hingga sekarang.

Selain Gereja Blenduk Semarang juga terdapat banyak bangunan kuno lainya, antara lain :

  1. Mercusuar
  2. Stasiun Semarang Tawang
  3. Susteran Ordo Fransiskan
  4. Jembatan Mberok
  5. Bank Export Import Indonesia
  6. PT Djakarta Lloyd
  7. PT Pelni
  8. PT Perkebunan XV
  9. Kantor Gabungan Koperasi Batik Indonesia


loading...