Pantai Lembah Putri Pangandaran, Keindahan Yang Terlupakan

Pemandangan dari Atas Pantai Lembah Putri

Pemandangan dari Atas Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Puteri adalah objek wisata di Pangandaran yang nyaris terlupakan. Padahal, tempat ini menawarkan pesona berbeda dari tempat wisata lain. 

Letak Lembah Putri

Obyek wisata ini berada di dusun Lembah Putri desa Putrapinggan kecamatan Kalipucang. Berjarak sekitar 13 Km sebelum pantai Pangandaran dan 5 Km setelah pantai Karang Nini.

Jika kita melihat ke sebelah kiri dalam perjalanan setelah melewati Karang Nini, akan terlihat di dinding bukit bagian bawah tulisan “Lembah Puteri”. Nah, tepat di atasnya terdapat pos penjaga tiket wisata tersebut.

Pemandangan di Atas Bukit

Obyek Wisata Lembah Puteri merupakan sebuah bukit seluas kurang lebih 5 hektar. Di tempat ini kita bisa melihat pemandangan langsung birunya samudera Hindia dari atas bukit.

Laut Lepas dari atas Pantai Lembah Putri

Laut Lepas dari Atas Pantai Lembah Putri

Selain itu anda juga melihat beberapa view tempat yang ada di kawasan Pangandaran yaitu pulau Nusakambangan, Cagar Alam Pananjung, Pangandaran Waterpark, serta rimbunnya hutan jati.Jika anda penyuka fotografi, obyek ini akan menawarkan banyak spot menarik. Aktivitas lain yang dapat dilakukan antara lain olah raga seperti gantole, memancing, dan berkemah.

Untuk menuju ke tempat ini disarankan pengunjung menggunakan kendaraan dengan kondisi yang fit, karena jalannya yang menanjak tajam dan berkelok sehingga dibutuhkan kehati-hatian.

Miniatur Tembok China

Selain mempunyai pantai yang eksotis, ada hal unik dari tempat ini yang mungkin tidak ada di tempat lain.  Yaitu miniatur Tembok Cina yang dibangun di atas bukit.

Miniatur Tembok Cina ini nampaknya dibuat untuk menjadi trademark tempat ini. Dibuat dari batu alam berwarna hitam kecoklatan dengan tinggi sekitar 1 meter, ia memiliki undakan yang jarak antara undakan lumayan lebar.

Miniatur Tembok Cina di Pantai Lembah Putri

Miniatur Tembok Cina di Pantai Lembah Putri

Jika kita berjalan menyusuri tembok ini, pas di tengah terdapat sebuah pendopo berukuran sekitar 100 m2.  Pendopo ini beratapkan beton sehingga kita bisa naik ke atas pendopo tersebut dan bisa melihat pemandangan Samudra Hindia dari puncak.

Gua Ronggeng

Sekitar Pantai Lembah Putri terdapat sebuah bukit dan gua yang dinamakan Gua Ronggeng. Konon pada malam tertentu sering terdengar suara menyerupai musik dan gamelan ronggeng.

Menurut cerita masyarakat di Putrapinggan gua ini berhubungan erat dengan cerita Dewi Rengganis. Beliau dulu sering mementaskan kesenian Ronggeng Gunung, yaitu sebuah kesenian asli Pangandaran, di tempat itu.

Di arah barat dari Pantai Lembah Putri bisa kita lihat muara Sungai Ciputrapinggan.

Senja di Pantai Lembah Putri

Senja di Pantai Lembah Putri

Tidak Terawat

Namun  sayang, saat ini kondisi obyek wisata ini kurang terawat.

Ini terlihat rumput-rumput liar yang tumbuh tak beraturan di sekitar area wisata, rusaknya infrastruktur penutup selokan kecil depan jalan raya serta sampah dimana-mana.

Mungkin dikarenakan kurangnya wisatawan yang berkunjung.

Sayang…



loading...

Komentar