Magnet Pesona Hutan Hujan Tropis Di Gunung Gede Pangrango

Magnet Pesona Hutan Hujan Tropis Di Gunung Gede Pangrango – Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah salah satu Wisata Alam yang bisa Anda nikmati di kawasan Wisata Cibodas. Gunung Gede Pangrango inilah yang menjadi sumber keindahan bagi alam sekitar termasuk wisata alam lainnya seperti Kebun Raya Cibodas dan Bumi Perkemahan Mandalawangi. Memiliki luas 21.975 hektare, kawasan Taman Nasional ini ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan sehingga memiliki peranan penting dalam sejarah konservasi di Indonesia.

Kawasan Gunung Gede dan Gunung Pangrango sesungguhnya telah dikenal lama dalam dongeng dan legenda tanah Sunda. Salah satunya, naskah perjalanan Bujangga Manik dari sekitar abad-13 telah menyebut-nyebut tempat bernama Puncak dan Bukit Ageung (yakni, Gunung Gede) yang disebutnya sebagai “..hulu wano na Pakuan” (tempat yang tertinggi di Pakuan). Agaknya, pada masa itu telah ada jalan kuno antara Bogor dengan Cianjur, yang melintasi lereng utara G. Gede di sekitar Cipanas sekarang.

Magnet Pesona Hutan Hujan Tropis Di Gunung Gede Pangrango

Flora Dan Fauna Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Selain kaya akan berbagai flora, TNGP juga kaya akan berbagai fauna yang melingkupinya. Jika beruntung pandaki akan melihat sekawanan Owa Jawa dan beraneka burung, seperti burung elang dan burung hantu. Hutan TNGP juga merupakan habitas asli bagi kawanan monyet dan bermacam-macam serangga yang bahkan mungkin belum dinamakan secara ilmiah.

Flora Dan Fauna Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Pada bagian akhir pendakian, Gunung Gede dihiasi oleh vegetasi tumbuhan yang memiliki ukuran lebih kecil dan daunnya berwarna lebih cerah, seperti edelweis dan cantigi yang banyak terlihat di sepanjang alun-alun Surya Kencana.

Perjalanan Ke Puncak Gunung Gede Pangrango

Dari alun-alun Surya Kencana hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke puncak Gunung Gede. Sepanjang perjalanan singkat ini banyak ditemui pohon cantigi. Pohon yang bernama latin Vaccinium varingiaefolium ini merupakan salah satu tumbuhan yang mampu bertahan pada lahan yang kekurangan nutrisi, atau bahkan dalam dalam cuaca yang sangat ekstrem sekalipun.

Perjalanan Ke Puncak Gunung Gede Pangrango

Setelah melewati padang cantigi, pendaki akan tiba di puncak Gunung Gede. Lingkaran kawah yang maha luas dengan asap belerang yang masih aktif, menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Menapaki Gunung Gede merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Selain bisa menyaksikan keindahan alam hutan hujan tropis Indonesia, aktivitas mendaki gunung diyakini bisa melatih seseorang untuk berjiwa mandiri. Namun demikian, diperlukan persiapan fisik dan mental secara khusus, agar tetap fit dan selalu menjaga kelestarian hutan dengan tidak membuang sampah sembarangan.



loading...

Komentar