Menelusuri Pesona Unik Wisata Candi Bawah Laut Pemuteran Bali

Satu lagi destinasi wisata di Bali yang tak kalah menariknya yakni candi bawah laut di Pemuteran Bali. Wisata ini terletak di desa Pemuteran kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali Utara atau sekitar 55 km arah barat kota Singaraja merupakan daerah wisata diantara gugusan perbukitan serta hamparan laut utara Bali sehingga membuat daerah ini indah, tenang, jauh dan dari keramaian.

Candi Bawah Laut Pemuteran Bali

Wilayah desa Pemuteran terkenal sebagai kawasan dengan konservasi laut untuk proyek terumbu karang artifisal “Biorock” yang terbesar di dunia. Wisata unik Pemuteran menyuguhkan taman bawah laut kelas dunia di Pulau Menjangan yang ditempuh sekitar 15 menit dari Pemuteran dengan perahu sewaan. Kegiatan diving dan snorkeling menjadi andalan wisata di sini dengan suguhan taman bawah laut kelas dunia di Pulau Menjangan. Banyak gua besar serta kecil di lokasi bawah laut tersebut.

Asal Usul Candi Bawah Laut Pemuteran Bali

Candi bawah laut di Pemuteran Bali dibuat oleh Chris Brown dan Paul Turley. Mereka adalah warga Asing yang kini menetap di sana untuk mengelola dive center Sea Rovers. Mereka mengatakan candi tersebut bukanlah peninggalan arkeologis melainkan candi buatan yang sengaja dibangun di kawasan konservasi terumbu karang yang mendapatkan dana dari AusAid.

Chris Brown dan Paul Turley menyebutnya garden temple (taman pura) bawah laut. Selain sebagai pelestarian terumbu karang, di gunakan juga untuk melatih penyelam yang ingin meraih level advance. Pembuatannya memakan waktu hampir 4 bulan dengan melibatkan penduduk dan pemerintah daerah setempat.

Untuk menuju lokasi wisata candi bawah laut Pemuteran Bali ini dapat ditempuh dari penyeberangan Gilimanuk berjarak 30 km ke arah kota Singaraja. Atau dari kota Denpasar bisa ditempuh sekitar 3–4 jam perjalanan melewati Bedugul – Singaraja.



loading...

Komentar