Menikmati Gelato di Prawirotaman Jogja

Tempo Gelato Jalan Prawirotaman Jogja

Tempo Gelato Jalan Prawirotaman Jogja

Di sekitar jalan Prawirotaman Yogjakarta ada sebuah cafe bernama Tempo Gelato.  Sesuai namanya, cafe itu menjual gelato.  Kita menyebutnya es krim.  Meski konon ada perbedaan di antara keduanya.

Cafe tersebut sangat ramai ketika saya kunjungi malam itu. Saya, bersama 3 orang teman, harus menunggu beberapa menit sebelum  kebagian kursi.  Pengunjungnya rata-rata anak muda yang datang berkelompok.  Mereka menikmati kelembutan gelato di cafe itu sambil bergosip ria sesamanya.  Ada juga keluarga bule yang datang bersama anak-anaknya.  Di jalan Prawirotaman Jogja memang banyak bule menginap.

Gelato konon berbeda dengan es krim. Gelato bisa dikatakan es krim Italia. Rasanya juga agak berbeda. Gelato terasa lebih padat dengan tekstur yang halus dan rasa susu yang kuat. Sementara es krim lebih kuat di rasa krim.

Gelato juga memiliki lemak lebih sedikit dibanding es krim. Es krim dibuat dengan krim masak yang mengandung lemak minimal 10 persen. Sementara gelato lebih banyak menggunakan susu dibanding krim. Juga, gelato biasanya menggunakan lebih sedikit kuning telur.

Ada banyak varian rasa yang disediakan di cafe itu.  Saya sempet bingung memilih.  Karena ingin yang aneh, saya memilih rasa kemangi dan kelapa.  Oya ada dua cara penyajian gelato di cafe itu.  Ada yang menggunakan cup (ukuran kecil sedang dan besar) dan ada yang cone.  Saya memilih yang menggunakan cone.

Rasanya? memang terasa lebih padat.  Sensasi dingin dan lembut langsung terasa di lidah.  Rasa kemanginya kuat terasa.  Agak aneh juga, eskrim rasa kemangi. Hehe.  Setelah kemanginya habis, rasa kelapa yang berada di bawahnya baru terasa. Ritual menikmati gelato malam itu diakhiri dengan melumat conenya.  Hmm… lumayan juga.

Mungkin besok saya harus mencoba varian rasa yang lain.



loading...

Komentar