Menikmati Indahnya Pantai Suwuk Kebumen – Jawa Tengah

iwisataindonesia.com – Pantai Suwuk berlokasi di Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Jika ingin menuju pantai ini banyak sekali jalur alternative yang bisa anda lewati. Pantai Suwuk berada di sebelah selatan Kabupaten Gombong dengan jarak 22 km, dan terletak di sebelah barat daya Kota Karanganyar dengan jarak 35 km atau waktu tempuh 1 jam jika menggunakan kendaraan. Sedangkan dari Kota Kebumen sendiri, Pantai Suwuk berjarak 50 km dengan waktu tempuh satu setengah jam perjalanan. Apabila pengunjung berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan selatan atau jalan Daendels dari Yogyakarta, dapat langsung lurus menuju Pantai Suwuk Kebumen.

Pantai Suwuk Kebumen

Pintu Gerbang Pantai Suwuk Kebumen (doc/kebumenkab.go.id)

Pintu gerbang Pantai Suwuk Kebumen telah dibuat bagus, tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya yang ada di kota Kebumen. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan padang pasir pantai yang luas, disertai tanaman pandan dan rerumputan. Seringnya padang pasir ini digunakan sebagai wisata offroad. Pemandangan pegunungan kapur yang berada di sebelah utara hingga selatan pantai ini menambah keindahan Pantai Suwuk Kebumen.

Karena berada di Pantai Selatan, Pantai Suwuk Kebumen memiliki ombak yang sangat besar, oleh karena itu pengunjung tidak diperbolehkan untuk mandi di laut karena sangat berbahaya. Namun pengunjung tidak perlu khatir jika ingin berenang, karena di Pantai Suwuk terdapat kolam renang yang sangat unik dan menarik. Kelebihan dari Pantai Suwuk Kebumen ini adalah adanya pesawat Boeing 737-200 asli buatan 1986 yang berada di atas kolam renang. Dulunya pesawat ini miliki TNI AU yang dibawa dalam bentuk potongan dari Lanud Juanda Surabaya dan tiba di pantai Petanahan pada tanggal 22 Maret 2014. Kemudian potongan pesawat tersebut dirakit menjadi pesawat untuh dan diletakkan di kolam renang yang berada di Pantai Suwuk Kebumen.


Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen

Di sebelah kanan Pantai Suwuk berjejer warung-warung, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan ataupun baju ganti. Warung-warung ini menjual berbagai macam makanan, baju khas pantai dan juga souvenir. Tidak hanya warung, di sebelah kanan pantai ini juga terdapat pemandangan bukit yang merupakan Pantai Karangbolong. Di Pantai Suwuk Kebumen ini, pengunjung juga dapat menyusuri Sungai Telomoyo yang bermuara di Pantai Suwuk dengan menyewa perahu yang sudah disediakan oleh penduduk setempat. Sungai Telomoyo adalah sungai yang memisahkan antara Pantai Suwuk Kebumen dengan Pantai Karangbolong. Selain menyusuri pantai, pengunjung juga dapat menyewa kuda untuk menyisir eloknya pemandangan Pantai Suwuk Kebumen. Fasilitas yang ada di Pantai Suwuk Kebumen sudah sangat memenuhi, diantaranya adalah ada berbagai macam wahana permainan sederhana, Masjid Al Mutaqien, toko penjual oleh-oleh khas Pantai Suwuk, toilet umum, dan masih banyak yang lainnya. Pengunjung juga dapat berkuliner di pantai ini dengan mencicipi peyek ubur-ubur maupun lontong pecel yang banyak dijual di pinggir pantai.

Pantai Suwuk

Setiap tahunnya pengunjung di Pantai Suwuk Kebumen ini terus meningkat, apalagi di saat musim liburan. Pantai Suwuk menjadi salah satu objek wisata yang diminati oleh masyarakat dari kota Kebumen maupun dari kota-kota lainnya. Selamat berlibur.



loading...

Komentar