Objek Wisata Tanah Lot

Objek Wisata Tanah Lot | Alampriangan.com  – Tanah lot berlokasi di desa Beraban kecamatan Kediri Kab Tabanan, dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit dari Kuta Bali. Di tempat ini terdapat 2 pura yang berada di atas batu ukuran besar.

Satu berada di atasnya bongkahan batu, jika air pasang maka pura ini nampak terlihat seperti dikitari air laut, serta yang satunya lagi berada di bagian utara pura Tanah Lot ada sebuah pura terkenal yang letaknya menjorok ke arah laut serta di atas tebing.

Wisata Tanah Lot menawarkan berbagai keindahan alam yang sangat mengagumkan, karena disini anda dapat melihat proses terjadinya matahari terbenam atau sunset, sehingga tidak heran jika wisata Tanah Lot banyak dikunjungi para wisatawan pada sore hari.

Wisata Tanah Lot

Wisata Tanah Lot

Lagenda Sejarah Tanah Lot

Legenda mengatakan bahwa pura tersebut didirikan oleh seorang brahmana yang sedang mengembara berasal dari Pulau Jawa. Beliau ialah Danghyang Nirartha yang sukses meyakinkan kepercayaan para penduduk bali dengan ajaran Hindu serta mendirikan Sad Kahyangan itu sekitar pada abad ke enam belas.

Kala itu penguasa Tanah Lot yang bernama Bendesa Beraben merasa iri terhadap Danghyang Nirartha karena para pengikut-pengikut penguasa Tanah Lot tersebut banyak yang meninggalkan dirinya  dan beralih menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Oleh karena itu Bendesa Beraben memerintahkan Danghyang Nirartha untuk pergi dari Tanah Lot. Akan tetapi sebelum Danghyang Nirartha pergi meninggalkan tanah lot ia memindahkan bongkahan batu menuju tengah pantai lalu membangun pura di tengah pantai tersebut. Dia juga mengubah bentuk selendangnya menyerupai ular penjaga pura.

Wisata Tanah Lot

Hingga sampai ini ular tersebut masih ada untuk menjaga pura tersebut. Dengan ciri-ciri ular tersebut yakni mempunyai ekor pipih layaknya ikan, berwarna hitam dengan belang kuning, dan akhirnya Bendesa Beraben pun merasa segan dan akhirnya ia menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Wisata Tanah Lot ini ialah bagian dari pura Sad Kahyangan, yakni pura yang menjadi sendi pula Bali, pura Tanah Lot ialah pura laut bagi pemujaan dewa penjaga laut.  Obyek wisata Tanah Lot merupakan obyek wisata yang terkenal dengan dua pura serta cerita yang mengiringinya.

Wisata Tanah Lot3

Peta Lokasi Wisata Tanah Lot

Wisata Tanah Lot ini berada di desa Beraban kec Kediri Kab Tabanan, bali. Berikut petanya.


Lihat Peta Lebih Besar



loading...

Komentar