Paket Wisata Danau Kelimutu

Danau Kelimutu adalah sebuah destinasi wisata yang menjadi warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO dengan keindahan dan keunikannya, yakni danau yang memiliki tiga warna dan terletak dikawah Gunung Kelimutu. Wisata pendakian ke Gunung Kelimutu untuk melihat secara lebih dekat tentang keunikan dan eksotisnya danau tiga warna ini. Anda bisa menjadikan ini sebagai pengalaman, kisah hidup dan hiburan yang berharga buat anda.

Anda bisa menuju Kelimutu dari beberapa arah, mulai dari kawasan barat Pulau Flores hingga kawasan timur. Dari arah barat, wisatawan bisa menempuh jalur darat dari Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan kota pelabuhan sekaligus “pintu masuk” Flores dari kawasan barat. Wisatawan bisa menggunakan Kapal Ferry dari Pelabuhan Sape di Sumbawa atau pesawat terbang dari Denpasar yang turun di Bandara Komodo, Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo, wisatawan bisa menyewa mobil atau naik kendaraan umum menuju Ende. Sewa mobil merupakan pilihan terbaik mengingat angkutan umum di jalur Transflores masih sangat terbatas.

Paket Wisata Danau Kelimutu

Rute Lain Menuju Kelimutu

Rute lain menuju Kelimutu adalah melalui jalur udara Kupang – Ende, atau Kupang – Maumere dan dilanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih empat jam menuju Ende. Mayoritas wisatawan domestik maupun asing memilih jalur Labuan Bajo karena biasanya destinasi Danau Kelimutu sudah masuk dalam paket perjalanan Sail Komodo dan Overland Flores.

Setelah tiba di Ende, wisatawan akan menuju Moni, desa kecil di kaki Gunung Kelimutu. Jarak Ende dan Moni kurang lebih satu sampai dua jam perjalanan. Terdapat beberapa penginapan sederhana di Moni bagi wisatawan yang ingin menginap di lokasi ini.

Paket Wisata Yang Ada Di Danau Kelimutu

Maumere-Moni
Setelah tiba di bandara Frans Seda Maumere-Flores, anda akan dijemput dan langsung menuju Moni sambil berhenti di beberapa tempat diantaranya di pantai pasir putih Koka dan Kampung Jopu untuk melihat rumah tradisional Suku Lio dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Sore harinya tiba di Moni.

Moni-Kelimutu-Maumere
Bangun pagi, mempersiapkan segala sesuatu untuk berangkat ke puncak Kelimutu untuk melihat danau tiga warna. Dalam perjalanan ke kelimutu, anda dapat menikmati keindahan alam dan aneka flora dan fauna seperti cemara gunung, kayu merah, edelweis, landak, babi hutan dan burung “gerugiwa” yang jarang dijumpai di tempat lain. Penduduk setempat memiliki sebuah legenda tentang danau ini. Mereka percaya bahwa danau ini merupakan jelmaan dari arwah nenek moyang mereka, sehingga setiap tahun mereka selalu mengadakan ritual adat “Pati Ka” (memberi makan) leluhur di sekitar area danau tersebut. Upacara ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya.Setelah menikmati indahnya alam di sekitar Kelimutu, perjalanan dilanjutkan ke Museum Blikon Blewut di Ledalero. Nama Blikon Blewut diturunkan dari syair adat suku Krowe-Sikka yang menunjukkan kepurbaan atau ketuaan dari beberapa jenis koleksi yang dikumpulkan dalam museum ini. Selanjutnya ke kampung nelayan Wuring untuk melihat rumah khas suku Bugis dan Bajo yang dibangun seolah-olah berada di atas laut. Selanjutnya, kembali ke Maumere untuk menginap.
Akomodasi; Sea World Club Beach & Resort

Maumere-Bandara
Setelah sarapan, anda akan diantar ke Bandara untuk penerbangan selanjutnya sesuai dengan waktu penerbangan anda. Ini merupakan hari ketiga yang menjadi hari terakhir anda di Tour Flores Danau Kelimutu. Nikmatilah penerbangan anda dan semoga hari anda menyenangkan.

Itulah paket wisata yang ada di Danau Kelimutu, anda bisa memanfaatkan layanan travelling yang tersedia. Dan rasakan kenyamanan berwisata di Danau Kelimutu,Flores, Nusa Tenggara Timur.



loading...

Komentar