Pantai Jolosutro Blitar, Pantai Indah Dan Asri

Wisata Indonesia – Kota Blitar terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Selain sebagai tempat wisata yang tidak lepas dari nilai-nilai sejarah, kota ini memiliki pariwisata pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai selatan lainnya. Blitar merupakan salah satu kabupaten yang berada di area Laut Selatan, karena itu Blitar mempunyai beberapa pantai. Salah satunya adalah Pantai Jolosutro. Pantai ini berada di desa Ringenrejo, kecamatan Wates, Kota Blitar. Dari kota Blitar untuk menuju pantai ini berjarak sekitar 45 km.

Pantai Jolosutro

Diperjalanan menuju ke Pantai Jolosutro, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah. Bukit-bukit yang tinggi, jurang-jurang yang curam dan panorama pantai. Semakin dekat maka semakin jelas pantai terlihat begitu indah dan masih tampak asri. Pantai ini masih jarang pengunjung, sehingga menjadikan pantai ini tampak nyaman untuk dikunjungi dan menjadi salah satu rekomendasi objek wisata saat sedang berada di Kota Blitar.


Sebelum sampai ke Pantai Jolosutro, pengunjung akan menemukan pos penjaga retribusi. Pengunjung akan dikenai biaya Rp 2.500,- per orang. Sesampainya di Pantai Jolosutro, pengunjung dapat menikmati panorama alam Pantai Jolosutro yang masih asri. Banyak pohon yang tumbuh di bibir pantai. Selain itu, disepanjang pantai juga terdapat pasir yang halus dan indah, sehingga akan menambah keelokan pantai ini. Dari Pantai Jolosutro, pengunjung juga dapat melihat bukit-bukit yang menjulang tinggi di pinggir-pinggir pantai. Pantai ini masih jarang sekali dikunjungi, maka pantai ini masih tampak terlihat bersih dan asri. Air laut yang biru dengan dembur ombak yang besar membuat pantai ini tampak begitu mengagumkan.

Karena berada di area Laut selatan, maka ombak yang dimiliki pantai ini sangatlah besar, oleh karena itu pengunjung dihimbau untuk tidak berenang ke tengah-tengah pantai. Di sebelah sisi timur Pantai Jolosutro ini tidak terlalu landai, sehingga untuk dapat menikmati pantai dengan aman pengunjung dapat menikmati hempasan ombak pantai Jolosutro di pantai sebelah barat. Di sisi sebelah barat Pantai Jolosutro, terdapat delta sehingga pantai terkesan lebih landai bila dibandingkan dengan pantai sebelah timur.

Biasanya pengunjung lebih suka memilih untuk menikmati Pantai Jolosutro dari sebelah barat, selain lebih landai suasananya pun masih sejuk. Banyak pepohonan yang tumbuh di bibir pantai sebelah barat. Di pantai ini terdapat beberapa perahu nelayan yang digunakan untuk menangkap ikan. Walaupun jumlah nelayan di pantai ini relative masih sangat sedikit bila dibandingkan dengan nelayan yang berada di pantai-pantai di Kota Blitar lainnya.

Fasilitas yang ada di Pantai Jolosutro ini masih terbilang sangat minim, mungkin karena masih sedikitnya pengunjung. Namun area parkir, kamar mandi umum dan juga beberapa warung sudah disediakan oleh warga setempat yang memanfaatkan pantai sebagai ladang perekonomian.

Demikianlah sedikit mengenai keadaan dan pemandangan alam yang ada di sekitar Pantai Jolosutro. Meskipun masih jarang dikunjungi, salam satu pantai di Blitar ini patut untuk dikunjungi. Selamat berlibur.



loading...

Komentar