Pantai Karapyak Pangandaran – Keindahan Sang Perawan

Pantai Karapyak Pangandaran (http://ghost-ships.blogspot.co.id/)

Pantai Karapyak Pangandaran (http://ghost-ships.blogspot.co.id/)

Satu lagi destinasi wisata pantai di daerah Pangandaran yang wajib dikunjungi:  Pantai Karapyak.

Pantai ini memang belum sepopuler pantai-pantai lain seperti Pananjung Pangandaran, Karang Nini, Batu Hiu atau Batu Karas. Tetapi Pantai Karapyak memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki pantai-pantai lain

Pantai Karapyak masih sepi, sehingga cocok untuk lebih menyukai ketenangan. Pemandangannya yang cantik dan alami juga akan menjadi surga bagi penyuka fotografi.

Lokasi dan Aksesibilitas Menuju Pantai Karapyak Pangandaran

Pantai Karapyak terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran.  Pantai ini berada pada koordinat S7.69094 E108.75174.

Dari Alun-alun Kota Ciamis berjarak sekitar 78 km.  Sedang dari Pangandaran sekitar 20 km. Apabila dari arah Ciamis, Pantai ini berada sebelum Pantai Karang Nini.

Untuk menuju Pantai ini sebenarnya tidak terlalu sulit.  Akses jalan masuk menuju pantai sudah cukup bagus, meskipun masih banyak yang rusak di beberapa tempat. Bahkan sudah terdapat beberapa penunjuk jalan yang dapat membantu pengunjung.

Sayangnya, belum ada angkutan umum yang bisa membawa pengunjung ke sampai Pantai ini. Dus, Hanya pengunjung yang membawa kendaraan pribadi yang bisa mencapai destinasi ini.

Dua Rute

Ada dua rute yang bisa diambil untuk menuju Pantai Karapyak. Rute pertama berbelok dari Kantor Kecamatan Kalipucang pada koordinat S7.64601 E108.75259.

Rute pertama ini berjarak jarak 13,3 km. Kondisi jalannya pun lumayan baik dengan kondisi 85% beraspal. Di beberapa tempat terdapat tanjakan curam.

Kita juga bisa sekalian mampir di Dermaga Majingklak yang lokasinya berseberangan dengan Pulau Nusakambangan.

Salah Satu Sudut Pantai Karapyak (http://ghost-ships.blogspot.co.id/)

Salah Satu Sudut Pantai Karapyak (http://ghost-ships.blogspot.co.id/)

Untuk rute kedua, berbelok dari pertigaan Rest Area Emplak (koordinat S7.66086 E108.73010) sejauh 9 km. Meskipun lebih dekat tetapi kondisi jalannya lebih jelek.

Setelah melewati gerbang wisata, jalan menuju pantai juga ada 2 rute. Yang pertama lurus terus dengan kondisi jalan aspal mulus dan pemandangan yang bagus tetapi dengan jarak sedikit lebih jauh.

Yang kedua jaraknya lebih dekat, tetapi kondisi jalan rusak dan terdapat turunan curam.  Sangat tidak disarankan menggunakan kendaraan jenis sedan untuk menuju ke pantai ini.


Meskipun lokasinya jauh dari pinggir jalan raya, tidak perlu khawatir akan ketersediaan logistik. Di Pantai Karapayak sudah tersedia rumah makan dan penginapan berupa pondok wisata.

Dekat Dengan Nusa Kambangan

Yang menarik, pantai ini berada sangat dekat Pulau Nusakambangan. Cukup dengan menyewa perahu, kita bisa menginjakkan kaki di sana.

Kita juga bisa berjalan-jalan menyusuri muara Sungai Citanduy atau lebih dikenal dengan sebutan Sagara Anakan. Jauh di tengah laut, berdiri tegak dua batu karang yang membentuk pintu masuk ke Sagara Anakan.

Pantai Sejuk dan Bersih

Tidak seperti Pantai Pangandaran yang ramai dan panas, Pantai Karapyak jauh lebih sejuk.  Juga tentu saja jauh lebih bersih.

Pantai Karapyak memiliki daya tarik berupa hamparan pasir putih yang memanjang sepanjang kurang lebih 5 km, dipadu dengan batu-batu karang.

Pasir Putih di Pantai Karapyak (http://ghost-ships.blogspot.co.id/)

Pasir Putih di Pantai Karapyak (http://ghost-ships.blogspot.co.id/)

Pasir pantainya yang putih tersebut rupanya berasal dari butiran-butiran kecil batu karang dan cangkang kerang yang halus.Di tepian Pantai terdapat hamparan bebatuan karang sehingga kita bisa leluasa menginjak hingga ke arah lebih jauh dari bibir pantai.

Di bebatuan karang tersebut terdapat cukup banyak biota laut. Bahkan masih ada gundukan-gundukan rumput laut yang bisa kita ambil.

Taman Laut

Dan keindahannya akan semakin terlihat ketika ombak laut mulai surut.  Pantai Karapyak berubah bak sebuah taman laut.

Ketika Air Laut Surut di Pantai Karapyak

Ketika Air Laut Surut di Pantai Karapyak

Kita bisa melihat ikan-ikan hias kecil berenang di sela-sela batu karang. Juga kepiting dan umang yang keluar masuk lubang pasir sambil membawa makanan.Batu karang yang menghampar dan menjorok ke lautan, memang menjadi surga bagi ikan laut.

Tebing-tebing Curam

Selain hamparan pasir putih dan batu karang, pantai ini pun mempunyai tebing-tebing curam nan indah, yang siap mengundang para petualang untuk menjelajahi tiap jengkal tebing karangnya.

Di bawah tebing curam tersebut, deburan ombak siap mengolah adrenalin hingga ubun-ubun. Buih-buih ombak di bawah tebing curam seolah menanti cucuran keringat petualangan Anda.

Hamparan Batuan di Pantai Karapyak (http://ghost-ships.blogspot.co.id/)

Hamparan Batuan di Pantai Karapyak (http://ghost-ships.blogspot.co.id/)

Masih Sepi Pengunjung

Sayangnya, pantai ini masih kurang diminati wisatawan. Mungkin karena gelombang ombaknya yang besar dan pantainya yang curam karena terhubung langsung dengan batu-batu karang sehingga tidak cocok untuk berenang.

Padahal di Karapyak sudah didirikan menara pengawas pantai serta sarana lainnya yang siap memanjakan para wisatawan.

Tiket Masuk Pantai Karapyak Pangandaran

Untuk masuk ke Pantai Karapyak pengunjung dikenai tiket Rp12 ribu untuk mobil dan Rp8000 untuk motor.



loading...

Komentar