Pantai Madasari Pangandaran – Tertambat Hati di Madasari

Pantai Madasari Cimerak Jawa Barat

Pantai Madasari Cimerak Jawa Barat

Alampriangan.comPANTAI Madasari Pangandaran, bisa jadi masih asing di telinga. Tetapi, bukan berarti destinasi ini tidak menarik untuk dikunjungi.  Bahkan anda akan tertambat hati.

Pantai dengan nama lain Bulben (berasal dari singkatan Bulak Benda) ini menyajikan panorama alam yang indah dan masih alami. Madasari memang masih asli, belum banyak sentuhan. Saat ini, destinasi ini masih dikelola oleh masyarakat setempat.

Bermain Air di Pantai Madasari

Bermain Air di Pantai Madasari

Belum banyak wisatawan yang datang memang.  Mungkin karena lokasinya yang jauh dari pusat kota Pangandaran.

Pengunjung biasanya agak ramai pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur.  Itu pun tidak lebih dari 50 hingga 100 orang.  Meski begitu, trend-nya terus menunjukan peningkatan.

Deburan Ombak di Pantai Madasari

Deburan Ombak di Pantai Madasari

Pengunjung yang datang, sebagian besar warga asli Pangandaran. Namun terkadang ada juga dari luar daerah.

Aktivitas yang dilakukan biasanya bermain air di tepi pantai, foto-foto atau sekedar menikmati udara pantai. Atau memancing dari atas batu karang.

Ada juga yang sengaja buat bakar-bakar bakar ikan.

Pantai Madasari di Saat Fajar (Foto by Firman Maulana/Fotokita.net)

Pantai Madasari di Saat Fajar (Foto by Firman Maulana/Fotokita.net)

Lokasi dan Rute

Pantai ini terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.  Apabila dilihat di peta, pantai ini berada tepat di sebelah selatan Pantai Batu Karas (baca: Batu Karas Pangandaran, Pantai Tenang Favorit Peselancar).

Bila menggunakan kendaraan Jarak dari Pantai Batu Karas ke Pantai Madasari adalah sekitar 18,5 km atau menempuh waktu sekitar 30 menit.

Bisa juga dengan berjalan kaki, karena terdapat jalan setapak yang menghubungkan kedua pantai. Namun cukup jauh.  Jaraknya sekitar 13 km atau atau menempuh waktu 2 jam 40 menit.

Dari kota Pangandaran, destinasi ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 45 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Rutenya: Dari Pangandaran menuju ke arah Cimerak, melewati objek wisata Pantai Batu Hiu dan Green Canyon. Dari Cimerak kemudian lurus ke Legokjawa, belok kiri ke Bulakbenda dan sampai di Madasari.

Atau bisa juga dari Cimerak bisa langsung belok kiri ke desa Masawah terus ke Bulakbenda dan sampai Madasari. Namun, disarankan, anda ambil jalur Legok Jawa karena di jalan sepanjang perjalanan, anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah.

Eksotisme Pantai Madasari

Eksotisme Pantai Madasari

Dihiasi Pulau-pulau Kecil

Hamparan pasir membentang luas bak permadani akan menyambut Anda begitu menginjakkan kaki di pantai ini.
Hamparan Pasir Putih di Pantai Madasari

Hamparan Pasir Putih di Pantai Madasari

Salah satu ciri khas dari Pantai Madasari adalah adanya pulau-pulai kecil di pinggir pantai.  Ada enam pulau. Namanya: Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai.

Pulo Batu Leuit di Pantai Madasari

Pulo Batu Leuit di Pantai Madasari

Bagi anda yang suka berpetualang, bisa juga menjelajah alam yang ada di sekitar Pantai Madasari. Konon masih terdapat banyak hewan liar seperti cangehgar/ayam hutan.

Tempat Yang Pas Untuk Melepas Penat

Pantai Madasari yang sepi sungguh pas untuk melepas penat.  Memandangi pemandangan alam yang cantik, membantu anda rileks sejenak dari rutinitas.

Hantaman ombak yang seperti tidak ada henti-hentinya bak orkestra penenang jiwa. Percikan air laut yang membentur karang lalu pecah tak beraturan ke arah langit akan menyegarkan pandangan anda.

Melepas Penat di Pantai Madasari

Melepas Penat di Pantai Madasari

Atau menikmati senjanya sambil dihibur oleh segerombolan burung-burung yang akan bermalam di pulau karang di tengah laut.

Alangkah baiknya jika anda berkunjung ke Pantai Madasari ini berombongan bareng keluarga atau pun teman.  Sehingga suasana menjadi lebih seru.

Namun hati-hati apabila air pantai sedang surut. Karena masih banyak bulu babi yang terbawa oleh gulungan ombak.

Camping Ground

Pantai Madasari juga sangat cocok sebagai lokasi camping.  Banyak spot hamparan rumput di sekitar pantai yang bisa dijadikan camping ground.

Grup Band legendaris Slank juga pernah melaksanakan acara Jambore Slanker Jabar yang ke-10 (Aniversary 10 th)  Paguyuban Slanker Jawa Barat (PSJB) di pantai ini pada tanggal 18 – 19 Oktober 2014 .

Jambore Slanker Jawa Barat ke 10 di Pantai Madasari

Jambore Slanker Jawa Barat ke 10 di Pantai Madasari

Dalam jambore tersebut para slanker Jabar juga mengadakan bakti sosial membersihkan pantai dan memberi bantuan 19 toilet atau WC Umum di Pantai Madasari.  Prasastinya langsung ditandatangani oleh para personel Slank.Bagi tertarik untuk camping, anda bisa menghubungi penduduk setempat agar ditunjukan tempat yang paling strategis.  Termasuk yang dekat dengan fasilitas Kamar mandi dan WC.

Atau, bisa juga menggunakan jasa penyedia paket wisata, sehingga tidak perlu membawa peralatan camping sendiri.

Tiket masuk Pantai Madasari
– pejalan kaki    Rp 2.500
– sepeda motor Rp 7.500
– jip, sedan, kijang Rp19.000
– bus kecil Rp 36.000
– bus sedang Rp 68.000
– bus besar Rp 83.500



loading...

Komentar