Cibolang Hot Spring – Wisata Menyehatkan di Pangalengan

Pemandian Air Panas CIbolang Pangalengan

Pemandian Air Panas CIbolang Pangalengan

Alampriangan.com – JIKA Anda mampir ke Bandung, khususnya ke daerah Pangalengan, sempatkanlah datang ke Objek Wisata Pemandian Air Panas Cibolang atau lebih dikenal dengan Cibolang Hot Spring.

Pemandian yang air panasnya bersumber dari dari Gunung Windu itu mata airnya mengeluarkan air panas yang mengandung belerang serta mineral lain dengan kadar yang cukup untuk kesehatan kulit.

Hal itu membuat penduduk sekitar sering menjadikan Pemandian Air Panas Cibolang sebagai sarana untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama rematik.

Tidak Macet

Mungkin anda lebih sering ke wilayah Ciwidey yang memang memiliki destinasi yang lebih beragam.  Namun berkunjung Pangalengan memiliki keuntungan tersendiri, yaitu relatif tidak macet, kecuali sedikit di Pasar Banjaran.

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cibolang Hot Spring memiliki luas sekitar 2 hektar. Ia berada dekat sekali dengan wilayah perkebunan teh Malabar Pangalengan. Persisnya terletak di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Lokasinya yang berada di ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut membuat suhu udara di sekitar pun terasa sejuk, yaitu berkisar antara 23 hingga 25 derajat celcius.

Wisatawan di CIbolang Pangalengan

Wisatawan di CIbolang Pangalengan

Pemandian Air Panas Cibolang banyak dikunjungi para wisatawan, khususnya dari daerah Pangalengan, Ciparay, Banjaran dan sekitarnya.  Pada hari libur cukup banyak juga pengunjung yang berasal dari Bandung dan kota lain.

Menuju Cibolang

Ada dua rute utama untuk mencapai lokasi Cibolang Hot Spring. Dari arah barat semisal Jakarta, Bogor, Cianjur, atau Sukabumi, pengunjung dapat menempuh jalur yang melewati Kota Soreang, lalu mengambil jalan yang mengarah ke Banjaran, kemudian terus ke desa Pangalengan.

Setelah melewati Pasar Pangalengan, arahkan kendaraan anda ke atas menuju Perkebunan Malabar.  Setelah masuk wilayah perkebunan, tepatnya di desa Banjar Sari anda akan melihat papan penunjuk yang cukup besar di pinggir jalan.  Dari sana anda akan melalui jalan berbatu sekitar 1,5 Km.

Sebagai catatan, ini adalah satu-satunya akses jalan menuju Cibolang Hot Spring dari jalan besar.  Nantinya anda juga akan diminta membayar retribusi sebesar Rp3000 per mobil oleh pemerintah Desa.

Sedangkan dari arah timur semisal Garut, Tasikmalaya, atau Sumedang, jalur yang dapat ditempuh adalah harus melewati kecamatan Majalaya, lalu menuju Pacet-Kertasari.  Di wilayah Perkebunan Malabar anda berbelok ke kanan mengikuti sebagaimana disampaikan di atas.

Lebih mudahnya anda bisa dipandu dengan menggunakan Google Map.  Namun hati-hati, tuliskan nama tujuan anda “Cibolang Hot Spring” dan jangan “Cibolang Pangalengan”, karena anda akan dibawa ke tempat lain.

Nah, di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan, tersaji pemandangan indah berupa hamparan kebun teh di sekitarnya.  Sayangnya kondisi jalannya tidak begitu baik, sehingga harus pandai memilih jalan dalam membawa kendaraan anda.

Daya Tarik Cibolang

Pemandian Cibolang dikelilingi hutan tanaman dengan tanaman utama kaliandra, pinus dan pepohonan hutan lainnya. Kehadirannya seakan memberi tambahan kesejukan yang sebelumnya pun telah terasa menyentuh kulit lantaran suhu udara yang lumayan dingin khas hawa pegunungan.


Kolam Renang Anak di Cibolang Pangalengan

Kolam Renang Anak di Cibolang Pangalengan

Tetapi, daya tarik utama tentu saja kehangatan air belerangnya. Air panas yang bersumber dari mata air panas dari Gunung Windu itu selain dipercaya banyak orang bisa menyembuhkan aneka macam penyakit kulit, juga dapat meringankan penyakit reumatik.

Biasanya, kegiatan wisata harian yang kerap dilakukan pengunjung di lokasi wisata pemandian air panas Cibolang, selain mandi air panas, adalah piknik, “ngagogo”, tracking ke Kawah Burung, memancing, atau berenang.

Suasananya yang alami dan tenang dengan nuansa yang sangat nyaman juga menjadi daya tarik Cibolang yang digemari pengunjung dari segala usia ini.

Tracking ke Kawah Burung (dalam bahasa Sunda berarti Kawah tidak jadi. red) juga menjadi kegiatan menarik di Cibolang. Tak heran, karena lokasi Kawah Gunung Windu hanya berjarak kira-kira 600 meter dari lokasi pemandian air panas Cibolang.

Berbagai jenis Kolam

Ada berbagai jenis kolam untuk kenyamanan para pengunjung Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan, disesuaikan dengan kedalaman dan fungsinya.

Jika ingin berenang, pengunjung dapat memilih kolam yang terdalam dan paling luas. Namun, jika hanya ingin menikmati kehangatan air panas Cibolang, pengunjung dapat memilih kolam khusus untuk berendam yaitu di kolam yang dangkal.

Untuk anak-anak, juga ada kolam khusus dengan kedalaman yang sudah disesuaikan dengan standard keamanan bagi anak. Juga terdapat papan seluncur dan ember tumpah.  Saat ini sedang dibangun kolam VIP dengan standard kejernihan yang lebih baik.

Menangkap Ikan

Tetapi ada hal unik yang mungkin tak pernah dijumpai di lokasi wisata pemandian air panas di manapun. Yaitu, di bagian belakang lokasi pemandian air panas Cibolang, terdapat kolam yang dibuat untuk aktivitas ngagogo atau menangkap ikan dengan menggunakan tangan kosong.

Bagian tersebut menjadi salah satu daya tarik Cibolang. Aktivitas menangkap ikan merupakan hal sederhana namun sulit ditemukan di kota-kota besar. Sehingga, bagi anak-anak hal itu menjadi pengalaman sangat seru yang akan sulit terlupakan.

Suasana Damai di Cibolang Pangalengan

Suasana Tenang di Cibolang Pangalengan

Panorama Alam

Sebenarnya, Pemandian Air Panas Cibolang adalah sebuah tempat pemandian air panas yang tidak terlalu besar.

Namun, suasananya yang sangat damai serta panorama di sekitarnya yang indah membuat Wana Wisata Pemandian Air Panas Cibolang terkenal di antara banyak wisatawan. Tempatnya yang jauh dari kebisingan kota membuat acara berendam di air hangat terasa semakin nikmat.

Pemandangan di Cibolang Pangalengan

Pemandangan di Cibolang Pangalengan

Hamparan kebun teh yang tersaji layaknya karpet alam berwarna hijau yang akan berubah warna menjadi kuning keemasan tatkala mentari mulai terbenam, juga memberikan pemandangan alami yang akan jarang sekali dapat kita temui di tempat lain.

Jika sudah puas berenang dan berendam di Pemandian Air Panas Cibolang, pengunjung juga dapat mencoba untuk bertualang ke kebun teh Malabar. Caranya dengan berjalan kaki sambil melihat hijaunya dedaunan di perkebunan yang hijau di sebelah kanan dan kiri sepanjang jalan yang dilewati.

Setelah lelah bertualang mengitari kawasan ini, tak ada salahnya pengunjung kembali berendam, karena air panas Cibolang akan membuat badan kembali rileks. Benar-benar suatu petualangan yang memanjakan tubuh.

Fasilitas

Pemandian Air Panas Cibolang mulai dibuka sejak tahun 1985. Di masa awal pembukaannya, lokasi wisata pemandian air panas ini hanya menyediakan fasilitas pemandian air panas berupa tempat mandi yang dibuat layaknya bak tertutup. Namun, sejak tahun 1987 mulai dibuat kolam renang untuk dewasa dan anak-anak.

Seiring makin meningkatnya jumlah pengunjung yang datang, di tahun 1990 lokasi pemandian kemudian diperluas lagi dengan dibuatnya kolam tambahan. Sehingga, sejak saat itu Cibolang pun menjadi salah satu tempat wisata andalan kabupaten Bandung.

Cibolang juga telah dilengkapi dengan ragam fasilitas penunjang. Fasilitas-fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang air panas, kolam pancing, kolam ngagogo, musholla, kamar rendam air panas, shelter, bale kambang, MCK, kamar ganti, kios dagang, serta penyewaan peralatan renang dan pancing.

Untuk yang berminat menginap disediakan pula tiga buah pondokan dengan kapasitas 2 orang per kamar.  Saat ini Pemandian Air Panas Cibolang terus berbenah dengan terus menambah fasilitas, yaitu antara lain dengan penambahan kolam VIP.

Yuk, ke Cibolang!



loading...

Komentar