Padusan Pacet Mojokerto, Destinasi Wisata Keluarga yang Komplit

Pemandian Air Panas Padusan Pacet

Pemandian Air Panas Padusan Pacet

Wisata Air Panas Padusan Pacet merupakan salah satu objek wisata di Mojokerto, Jawa Timur yang mudah dijangkau serta dekat dengan kota-kota besar di Jawa Timur. Kelebihan lain dari objek wisata yang terkenal dengan kandungan belerangnya adalah keindahan alam yang hijau serta udara yang sejuk dan asri.

Kawasan pemandian air panas ini berada pada ketinggian 800 mdpl di bawah kaki Gunung Welirang. Suhu rata-rata 200C dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/tahun.

Menuju Padusan

Pemandian Air Panas Padusan merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi dan menjadi wisata andalan serta salah satu favorit bagi para pengunjung yang datang ke wisata Pacet.

Obyek wisata ini dapat ditempuh dengan perjalanan dua jam dari Surabaya, Yaitu melalui rute dari surabaya – pertigaan Krian belok kiri ke Mojosari – Pacet. Jika dari Malang atau Pandaan lewat Prigen – Trawas – Pacet. Jarak dari Kabupaten Mojokerto sejauh 30 km dan kota Batu Malang sekitar 29 km.

Untuk lebih mudahnya anda bisa dipandu dengan google map sebagai berikut:

Kadar Belerang Tinggi

Sumber air panas berasal dari Gunung Welirang yang masih aktif sehingga kandungan sulfur (S) di Air Panas Padusan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Belerang merupakan antiseptik alami untuk membantu melawan bakteri. Pemandian air panas ini sangat baik untuk menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit. Kolamnya juga sudah di bedakan antara sumber untuk yang sakit kulit dan yang tidak sakit.

Hangatnya air yang berwarna kuning kecokelatan karena banyaknya unsur belerang yang terkandung di dalamnya menjadikan mandi berendam di wisata ini sangat nyaman.

Wisata Belanja

Di sini, pengunjung juga dapat memuaskan wisata belanja. Anda bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Pacet maupun hasil olahan wisata Pacet, mulai dari ketela pacet dan beraneka olahannya, sayur mayur, buah-buahan, jambu kristal, dan lainlain. Oleh-oleh wisata Pacet dapat dijumpai di sepanjang jalan menuju lokasi kolam pemandian air panas.

Pengunjung dapat juga menikmati tape ketan hitam yang dapat menghangatkan badan setelah mencicipinya. Jadi terasa sangat pas menyantapnya karena udaranya yang lumayan dingin sebagai penghangat badan.

Tidak hanya itu makanan khas seperti jagung bakar pun tidak ketinggalan melengkapi suasana liburan bersama keluarga.

Ada beberapa panganan yang dapat dibawa pulang seperti aneka keripik, hasil kebun, di antaranya petai, sayur mayur, ketimun lalap atau besar, jagung, juga buah strawberry, arbei, dan apel.

Banyak Fasilitas

Fasilitas yang dapat dinikmati di objek wisata ini, antara lain kolam renang dingin untuk anak dan dewasa, area outbound dan flying fox, bumi perkemahan, rafting (arung jeram).

Juga camping ground, atv motor adventure, petualangan seru air soft gun, berkuda mengelilingi pemandian air hangat yang banyak ditumbuhi pohon pinus di sekitarnya.

Di obyek wisata Air Panas Padusan disediakan lima kolam renang pemandian air hangat sampai panas dengan tingkat suhu yang berbeda- beda. Di area kolam renang, tersedia air panas juga air dingin.

Untuk di kolam air panas tersedia tingkatan suhunya, mulai air yang panas hingga hangat tersedia di lima kolam yang berada di pojok atau melewati kolam air dingin yang cukup luas.

Di Wana Wisata Padusan menyediakan dua blok area parkir untuk sepeda motor dan satu area parkir untuk mobil yang menampung hingga ratusan mobil.

Pemondokan

Pondok Wisata Air Panas Pacet bisa menjadi alternatif untuk bermalam jika ingin menikmati berendam air hangat untuk beberapa hari. Ada banyak alternatif villa, penginapan, resort di sekitar tempat wisata dengan berbagai variasi harga.

Terdapat juga beberapa restoran serta puluhan warung tradisional yang berjajar di pinggir jalan menyajikan makanan dan minuman hangat, sangat cocok untuk memenuhi lapar selepas berendam berjam-jam di Pemandian Air Panas Pacet.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk objek wisata yang juga dikenal dengan nama Wisata Air Panas Pacet ini terbilang murah yaitu Rp 12.500 per orang. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenai biaya Rp 3000 dan Rp 2000 untuk kendaraan roda dua.

Adapun untuk masuk ke pemandian kolam renang air hangat setiap orang dewasa harus membayar Rp10.000 dan untuk anak-anak dikenai retribusi sebesar Rp7.500.

Biasanya para pengunjung sangat ramai datang pada hari libur, baik weekend maupun hari libur Lebaran. Khusus hari libur Lebaran jumlah pengunjung mencapai puncaknya yaitu ribuan orang per hari.

Tips

Berikut ada beberapa tips yang berguna bagi yang akan berenang di pemandian air panas Padusan, yaitu:

Pertama, agar tidak merasa kepanasan ketika akan mandi di pemandian air panas, cobalah dulu pada suhu yang rendah atau hangat. Setelah itu baru kemudian mencoba yang lebih tinggi suhunya. Ini karena tubuh masih terkondisikan dengan suhu udara yang dingin di sekitar kolam.

Jadi lebih baik mencoba yang hangat dulu kemudian beralih ke yang panas daripada langsung masuk ke kolam yang panas, tapi langsung keluar lagi karena gak kuat kepanasan.

Kedua, salah satu kolam renang dingin di Wisata Air Panas Padusan dikhususkan untuk orang dewasa memiliki ukuran 75 m x 25 m dengan kedalaman 2,5 m yang merupakan standar kolam renang nasional. Anda sebaiknya berhati-hati karena ukuran tersebut bisa berbahaya bagi pengunjung yang kurang waspada setelah lelah berenang.



loading...

Komentar