Raja Ampat Diving Season yang Paling Pas Untuk Berwisata

Raja Ampat Diving Season | Alampriangan.com – Raja Ampat merupakan nama salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat yang ber-ibukota di Waisai. Secara geografis, wilayah Raja Ampat merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari 600-an pulau kecil dan 4 pulau besar, yaitu P. Waigeo, P. Batanta, P. Salawati, dan P. Misool. Ibukota Waisai terletak di Pulau Waigeo.

Jadi, ketika kita bicara mengenai destinasi wisata di Raja Ampat, maka kita akan meng-explore spot-spot yang terletak di semua kepulauan itu. Oleh karena itu, spot-spot tersebut hanya bisa dicapai dengan menggunakan speedboat.

Biasanya kalau kita mau liburan ke pantai, kita selalu mencari waktu pada saat musim kemarau, yaitu saat cuaca sedang cerah-cerahnya. Berbeda halnya dengan Raja Ampat, hujan bisa turun sepanjang tahun.

Kita tidak bisa memastikan kapan satu hari pun yang tidakk akan turun hujan. Oleh karena itu, best time to visit Raja Ampat bukan didasarkan pada kapan musim kemaraunya, melainkan pada kondisi angin-nya.

Raja Ampat Diving Season Yang Paling Pas Untuk Berwisata

Raja Ampat Diving Season yang Paling Pas Untuk Berwisata

Raja Ampat Diving Season

Ada sejumlah tempat diving Raja Ampat yang dapat dikunjungi. Diving di Raja Ampat akan menunjukkan kepada Anda paling sedikit 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 hewan tak bertulang belakang yang dapat Anda temukan di alam bawah laut Raja Ampat.

Keindahan bawah laut Raja Ampat ini diakui internasional sebagai salah satu dari 10 situs penyelaman terbaik di dunia. Dengan total luas wilayah perairan dan darat di Raja Ampat yang mencapai 40.000 km2, 80% adalah perairan.

Kegiatan diving dan snorkeling di Raja Ampat telah menjadi fokus wisata dunia. Ini tidak mengherankan karena stakeholders wisata di Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun reputasi kepariwisataan di Indonesia. Terlebih di Raja Ampat.

Saat ini, terdapat sejumlah paket diving Raja Ampat yang dapat Anda pilih. Biro-biro perjalanan pada umumnya telah mengemas paket diving Raja Ampat dengan menggunakan liveaboard. Tempat-tempat diving Raja Ampat dan rute diving sangat tergantung pada kondisi arus dan kejernihan air pada saat paket trip diambil.

Bulan Juni, Juli, dan Agustus, merupakan bulan dengan kondisi angin paling tidak bersahabat sehingga sangat mengganggu untuk melakukan aktivitas laut alias susah kemana-mana (apalagi jika menggunakan perahu kecil / speed boat). Atas dasar ini, maka waktu terbaik untuk mengunjungi Raja Ampat adalah  Oktober – April.

Best Time To Visit Diving Raja Ampat

Bicara tentang cuaca, setiap saat sepanjang tahun adalah saat yang baik untuk mengunjungi Raja Ampat. Iklim dan kondisi bawah air yang baik sepanjang tahun berarti tidak ada “off-season” sebenarnya.

Perjalanan laut dengan perahu kecil bisa menjadi masalah di bulan Juni, Juli dan Agustus. Jadi jika Anda berencana untuk banyak melakukan perjalanan laut mungkin akan lebih baik untuk memilih waktu lain.

Jika Anda hanya ingin bersantai di sebuah pulau surga tropis dan melakukan sedikit snorkeling atau diving di sekitar pulau yang Anda pilih, maka kapan pun adalah waktu yang baik.

Aktivitas utama yang wajib masuk dalam agenda kamu saat berada di Raja Ampat tentunya adalah snorkeling dan diving sambil mengagumi keindahan alam bawah lautnya. Kamu akan disuguhi warna-warni koral dan spesies ikan serta binatang laut lainnya di dalam air laut yang masih sangat jernih.

Jadi sebaiknya anda mengunjungi Raja Ampat dan dapatkan Diving Season yang tepat agar wisata anda dapat berjalan dengan sempurna dan sesuai dengan apa yang anda harapkan.



loading...

Komentar