Taman Laut Bunaken – Tempat Wisata Terpopuler di Manado

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Alampriangan.comTaman Laut Bunaken merupakan destinasi wisata andalan Manado, Sulawesi Utara dan merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup dan berdesakan di taman laut bunaken. Bagi anda yang gemar dengan wisata bawah laut, bunaken bisa menjadi salah satu tempat pilihan untuk anda.

Semakin Populer

Wisata Bunaken adalah sebuah tempat wisata di Manado paling terpopuler. Jumlah kunjungan wisata ke Bunaken Manado ini memperlihatkan tren yang meningkat tahun demi tahun.

Data statistik mencatat di akhir Agustus 2012, jumlah kunjungan wisata Bunaken mencapai 21.889 dari dalam negeri dan 7.850 dari luar negeri. Rata-rata, tempat wisata Bunaken di Manado ini dikunjungi lebih dari 35 ribu orang setiap tahun.

Taman Laut Bunaken Tempat Wisata Populer Di Manado

Letak Taman Laut Bunaken

Taman laut bunaken terletak di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado, Sulawesi Utara. Bunaken berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado dan dapat ditempuh sekitar 50 menit menggunakan perahu motor bermesin ganda atau hanya sekitar 35 menit jika anda menggunakan speed boat.

Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang di sekelilingnya. Dan jumlah penduduk yang ada di kelima pulau tersebut sekitar 21.000 orang.

Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“. Lebih dari sekitar 3000-an spesies ikan berada di Bunaken. Wilayah “Segi Tiga Emas” adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Karena kekayaan alam yang berada di Bunaken, organisasi nasional dan internasional non pemerintah saling bekerja sama dalam menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove.

Keistimewaan Taman Laut Bunaken

Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut, hal ini dikarenakan taman laut nasional bunaken berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste dan kepulauan Solomon.

Taman laut bunaken memiliki keneka ragaman spesies binatang atau biota laut yang tertinggi di dunia. Di dasar Lautnya terdapat terumbu karang dengan kontur keras juga lembut, dengan dinding karang yang curam.

Serta keaneka ragaman hayati biota laut seperti ikan hiu, marlin, tuna, kakap, kerapu, barakuda, napoleon, angel fish, kura-kura, mandarin fish, kuda laut, ikan pari, gurita serta berbagai jenis ikan lainnya. Dan tentunya binatang laut paling terkenal dan favorit bagi para peselam adalah ikan purba raja laut (Coelacanth).

Tidak Ada Off Season

Asyiknya apabila anda pergi berwisata ke sini untuk penyelaman adalah tidak adanya masa off seasons untuk mengunjungi tamana laut bunaken ini.  Artinya anda bebas setiap saat atau kapan saja bisa mengunjungi dan menikmati wisata bahari bawah laut dengan menyelam di bawah air laut Bunaken.

Akan tetapi waktu yang paling tepat apabila anda ingin menyelam di taman nasional bunaken adalah anatara bulan Mei s/d Agustus karena pada saat itu anda akan disambut dengan air laut yang jernih dan begitu hangat dengan temperatur udara 26-31 derajat celcius.

20 Dive Spot

Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai 20 dive spot atau titik penyelaman dengan berbagai tingkat kedalaman air laut yang beragam. Dari jumlah 20 dive spot, 12 titik penyelaman itu berada di sekitar perairan Pulau Bunaken dan asal anda tahu saja ini merupakan titik penyelaman terpopuler dan favorit penyelam-penyelam terbaik lokal maupun mancanegara.

Untuk Keindahan taman laut bunaken itu sendiri dapat dilihat pada lokasi yang disebut lekuan 1, 2, 3, fukui, mandolin, tanjung parigi, ron’s point, sachiko point, pangalisang, muka kampung dan bunaken timur.

Kataraman

Jika Anda suka jalan-jalan mengarungi lautan Bunaken, maka Anda dapat menaiki Katamaran, yaitu sebuah kapal berkaca yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken. Katamaran ini berdinding kaca, dengan demikian Anda dapat menikmati keindahan bawah laut Bunaken.

Selain Katamaran, ada juga kapal selam Blue Banter yang hanya akan beroperasi saat air laut pasang. Tentu saja, Anda harus merogoh kocek yang cukup banyak untuk dapat mengambil pengalaman wisata bahari ini. Namun, nikmatnya akan sepadan dengan biayanya! Kegiatan wisata yang demikian juga dapat Anda temui di tempat wisata Pulau Siladen di Manado.

Demikian ulasan mengenai Taman Laut Bunaken. Menarik bukan?



loading...

Komentar