Taman Nasional Bunaken, Wisata Bawah Laut Terbaik dan Terlengkap

Pada saat wisatawan berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara, mereka tidak akan lupa untuk berkunjung ke Taman Laut Nasional Bunaken. Karena Bunaken merupakan obyek wisata yang paling populer. Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai area dengan luas 75.265 ha.

Taman Nasional Bunaken

Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang di sekelilingnya.

Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“. Wilayah “Segi Tiga Emas” adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia.

Wisata Bunaken Sebagai Tempat Menyelam Terbaik di Dunia

Keindahan bawah laut dan terumbu karang Bunaken merupakan keunggulan yang memikat dan merupakan salah satu wisata bawah laut terbaik di Indonesia selain Pulau Weh di Sabang dan Raja Ampat di Papua.

Taman laut bunaken juga menyediakan fasilitas untuk menyelam di perairan dengan kedalaman lebih dari 18 meter. Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling dan diving. Keunggulan ini membuat para penyelam di under water sangat senang untuk menyelam di taman laut bunaken.

Wisata Bunaken Memiliki Biodiversitas Laut Terlengkap

Taman laut bunaken sudah terkenal dengan kekayaan alam bawah lautnya sehingga sering diklaim sebagai taman bawah laut dengan biodiversitas laut paling tinggi dan lengkap di dunia. Terumbu karang Bunaken merupakan kekuatan wisata taman laut nasional ini. Di terumbu karang inilah hidup 2000 jenis ikan dan aneka biota laut lainnya. Spesies ikan yang sering dijumpai yaitu dansel, unicorn, trigger, wrase, dan sweetlip.

Kedalaman laut Bunaken yang mencapai 1000 m ini menjadikan Taman Laut Bunaken menjadi unik. Di bawah lautnya, pengunjung bisa menyaksikan aneka ikan besar, seperti tuna, hiu, pari, cakalang, lumba-lumba, marlin, layar, paus, dan barakuda.

Jika beruntung, pengunjung bisa menemukan spesies ikan langka seperti dugong, ikan raja laut, dan kura-kura. Alam bawah laut memiliki Hanging walls yang berarti dinding karang raksasa setinggi 25-50 m dengan bentuk melengkung ke atas. Dinding karang inilah yang menjadi sumber makanan ikan-ikan di Teluk Manado tersebut.



loading...

Komentar