Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur

Wisata di Bojonegoro – Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten bojonegoro ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban di Utara, Kabupaten Madiun, Ngawi dan Nganjuk disebelah selatan, Kabupaten Lamongan di sebelah timur dan kabupaten Blora Jawa Tengah di Barat. Perlu diketahui, bagian barat yang berbatasan langsung dengan Blora Jawa Tengah merupakan bagian dari area Blok Cepu, yang mana merupakan salah satu sumber minyak bumi terbesar yang ada di Indonesia.

Tempat Wisata di Bojonegoro

Bojonegoro sebenarnya memiliki banyak tempat wisata, akan tetapi keberandaanya belum dikelola secara maksimal. Namun suatu saat nanti akan menjadi salah satu objek wisata yang menjadi tempat favorit untuk berwisata jika di kelola dengan baik. Tempat wisata di Bojonegoro ada yang berupa Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Religi, maupun Wisata Belanja.

Wisata Alam Bojonegoro

1. Kayangan Api

Kayangan Api Bojonegoro

Kayangan Api Bojonegoro

Kayangan Api Bojonegoro merupakan salah satu tempat wisata di bojonegoro yang berupa sumber api abadi yang tidak pernah padam. Kayangan api ini terletak di kawasan hutan lindung Desa Sendangharjo yang ada di Kecamatan Ngasem Bojonegoro. Kompleks Kayangan Api ini adalah sebuah fenomena geologi alam dimana gas alam keluar dari dalam tanah dan tersulut api sehingga menciptakan sebuah api yang tidak pernah padam meskipun terguyur air hujan sekalipun.

2. Waduk Pacal

Waduk Pacal Bojonegoro

Waduk_Pacal Bojonegoro

Waduk Pacal Bojonegoro merupakan waduk yang berada di Desa Kedungsumber Kec. Temayang dengan jarak kira-kira 35km dari kota Bojonegoro. Waduk Pacal merupakan bangunan bersejarah yang berukuran raksasa dan masih berfungsi sampai sekarang yang mana didirikan pada tahun 1933. Waduk pacal adalah sebuah waduk yang dijadikan sumber pengairan masyarakat sekitar. Akan tetapi pemandangan yang bagus menjadikan waduk ini sebagai salah satu tujuan wisata di Bojonegoro, meskipun belum dikelola secara maksimal.

3. Wana Wisata Dander

Wana Wisata Dander Bojonegoro

Wana Wisata Dander Bojonegoro

Wana Wisata Dander merupakan sebuah taman wisata yang ada di Bojonegoro, berjarak 15 km dari pusat Kota Bojonegoro. Tepatnya berada di Kecamatan Dander. Lokasi ini merupakan salah satu tempat favorit untuk berwisata oleh masyarakat sekitar. Di taman wisata ini terdapat fasilitas kolam renang dan juga lapangan golf.

4. Bendungan Gerak Bojonegoro

Bendungan Gerak Bojonegoro

Bendungan Gerak Bojonegoro

Bendungan Gerak Bojonegoro merupakan sebuah bendungan yang ada pada aliran Sungai Bengawan Solo. Bendungan ini terletak di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu dan Trucuk. Bendungan Gerak ini memiliki fungsi utama sebagai pengendali air banjir, irigasi/pengairan sawah,sumber air untuk industri dan rumah tangga serta merupakan salah satu tempat yang dicanangkan sebagai tujuan wisata di Bojonegoro. Wisata Bendungan gerak ini biasanya dikunjungi oleh para wisatawan pada sore hari.

5. Wisata Agrobisnis Kebun Belimbing Ngringinrejo

Wisata kebun belimbing ini letaknya berdekatan dengan Bendungan Gerak Bojonegoro. Di area ini terdapat kebun belimbing yang terkenal akan buah belimbing yang memiliki cita rasa yang tinggi. Jika anda mampir di Bojonegoro, wajib untuk singgah sebentar ke Kebun Belimbing ini. Letaknya di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu. Dari kota bojonegoro kebarat arah cepu, lihat disebelah kanan/utara jalan ada gapura yang bertuliskan “WIsata Agrobisnis”.

Wisata Sejarah Bojonegoro

Selain wisata alam di bojonegoro juga terdapat wisata sejarah, antara lain :

1. Masjid Al Birru Pertiwi, di Dander
2. Masjid Agung Bojonegoro, di Kauman
3. Museum Rajekwesi, di Jawik
4. Klenteng Hok Swie Bio, di Sekaran

Wisata Religi Bojonegoro

Bojonegoro juga memiliki tempat wisata religi yang berupa makam yang biasa digunakan untuk tempat ziarah, antara lain :

1. Makam Wali Kidangan, di Sukorejo
2. Makam Buyut Dalem, di Karang Pacar
3. Makam Mbah Malang Negoro, di Ngasinan

Wisata Belanja Bojonegoro

Nah, setelah kita berkunjung ke wisata alam Bojonegoro ada baiknya untuk membeli oleh-oleh atau sekedar berbelanja di Bojonegoro. Di Bojonegoro sudah tersedia Supermarket dan Swalayan seperti :

1. Swalayan Sultan Ratu Keraton
2. Swalayan KDS Bojonegoro
3. Swalayan Bravo Bojonegoro
4. Giant Supermarket Bojonegoro

Wisata Kuliner Bojonegoro

Tak ketinggalan juga Wisata Kuliner Bojonegoro. Bojonegoro terkenal dengan Ledre. Ledre merupakan salah satu jajanan khas Bojonegoro dengan cita rasa tinggi yang bisa anda dapatkan disepanjang jalan di sekitar jalan Gajah Mada bojonegoro dengan harga terjangkau, pas dengan rasanya yang lezat. Selain itu juga ada Rengginang Singkong dan Salak Wedi yang menjadi kuliner asli bojonegoro yang wajib dinimkati oleh wisatawan luar bojonegoro.

baca : Wisata Kuliner Bojonegoro

Potensi Bojonegoro

Bojonegoro merupakan salah satu penghasil kayu jati berkualitas tinggi. Oleh karena itu di Bojonegoro terdapat banyak Kerajinan Membel Kayu Jati yang terkenal dan sudah di ekspor keluar negri. Selian itu juga ada industri Kerajinan bubut kayu dalam bentuk souvernir kayu jati yang unik dan menarik. Selain itu juga terdapat kerajinan limbah kayu, kerajinan batu onix. Tak hanya itu, Bojonegoro juga termasuk penghasil tembakau virginia terbesar di Indonesia dan dikenal sebagai tembakau terbaik di Dunia.

Tempat Wisata di Bojonegoro salah satu tujuan wisata yang menarik dan tak rugi untuk dikunjungi oleh para traveler indonesia.



loading...

Komentar