Tempat Wisata di Yogyakarta yang Unik dan Menarik

Yogyakarta memang Istimewa! Slogan tersebut memang benar adanya. Istimewa di masyarakatnya, budayanya, dan tentu saja pariwisatanya. Sebelumnya Yogyakarta terkenal dengan beberapa ikon wisatanya. Sebut saja Candi Prambanan, Malioboro, Keraton, Pantai Parangtritis, Kaliurang, dan sebagainya. Namun saat ini di Yogyakarta berkembang wisata baru yang sebelumnya belum pernah dieksplorasi.

Tempat Wisata di Yogyakarta yang Menarik

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang dikemas unik dan menarik.

1. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi

Erupsi Gunung Merapi tidak hanya menghadirkan bencana, tetapi juga berkah bagi warga di sekitarnya. Jejak aliran piroklastik merapi memberikan wahana baru bagi masyarakat untuk dikembangkan menjadi wisata. Lava tour merapi merupakan wisata yang menawarkan petualangan menyusuri jejak erupsi merapi di bekas aliran awan panas dan laharnya melalui mobil Jeep khusus. Untuk menikmati wisata ini juga tidak mahal. Biasanya sudah disediakan paket khusus untuk menikmati wisata ini. Setidaknya anda butuh modal berkisar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah untuk berpetualang ria dengan Jeep menyusuri bekas erupsi merapi.

2. Gua Pindul dan Kalisuci

Gua Pindul dan Kalisuci, Yogyakarta

Gua Pindul dan Kalisuci, Yogyakarta

Gua Pindul dan Kalisuci_5

Gua Pindul dan Kalisuci sebenarnya merupakan objek wisata lama namun dikemas dengan cara baru. Keduanya memang berlokasi berbeda meskipun masih sama-sama di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kedua objek wisata tersebut menawarkan model wisata yang mirip yaitu menyusuri sungai gua bawah tanah dengan pesona gua karst yang eksotis. Biasanya pengunjung berkelompok menggunakan pelampung kemudian dipandu oleh guide professional menyusuri sungai bawah tanah masuk ke dalam gua. Di dalam gua, pengunjung dapat menikmati keindahan gua dengan stalaktit dan stalaktitnya yang alami. Untuk berafting ria di kedua lokasi ini biasanya dipatok harga yang tidak mahal, sekitar  50 ribu – 75 ribu rupiah bergantung pada jumlah anggota kelompok.

3. Wisata Malam Alun-Alun Kidul

Wisata Malam Alun-Alun Kidul

Wisata Malam Alun-Alun Kidul

Ingin wisata murah meriah di Jogja? Alun-Alun Kidul pilihannya. Tempat ini sebenarnya hanya berupa alun-alun biasa. Namun sejak tahun 2006 tempat ini berubah menjadi semacam pasar malam mini. Bila malam tiba tempat ini menjadi tempat kumpulnya kawula muda. Banyak wahana unik yang ditawarkan yang bisa dinikmati seperti sepeda tandem, becak mini, hingga kereta mini. Harga yang ditawarkan juga murah sekitar 5000 – 10000 rupiah untuk sekali putaran. Belum lagi ditambah dengan kuliner jalanan seperti angkringan dan jagung bakar yang murah meriah.

Selain 3 tempat wisata tersebut masih banyak lagi tujuan wisata yang ada di Yogyakarta ini, antara lain :

  1. Kraton Yogyakarta
  2. Taman Sari Yogyakarta
  3. Purawisata
  4. Taman Pintar Yogyakarta
  5. Kotagede
  6. Kebun Binatang Gembira Loka
  7. Jalan Malioboro
  8. Tugu Yogyakarta
  9. Pasar Beringharjo
  10. Benteng Vredeburg

Nantinya tempat-tempat tujuan wisata tersebut akan kami ulas satu persatu dalam kategori Yogyakarta.

Tempat wisata di Yogyakarta memang istimewa bukan? Selalu ada inovasi baru untuk mengembangkan potensi daerahnya. Jika anda berkunjung ke Yogyakarta tidak ada salahnya untuk mencoba pengalaman baru berwisata di tempat yang sudah disebut di atas. Dijamin tidak mengecewakan!



loading...

Komentar