Tempat Wisata Hutan Bukit Bangkirai

Hutan bukit bangkirai yang terletak di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menyuguhkan pesona dari hutan hujan tropis kepada setiap pengunjung yang datang.  Hutan ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif tujuan bagi orang-orang yang menyukai alam liar perhutanan. Wisata hutan bukit bangkirai merupakan tempat wisata yang sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana berupa restoran, lamin, kolam renang, cottage maupun jungle cabin.

Wisata hutan Bukit Bangkirai

Wisata hutan Bukit Bangkirai

Keunikan dari Wisata Hutan Bukit Bangkirai

Keunikan yang ditawarkan wisata ini adalah dengan adanya canopy bridge atau jembatan tajuk sepanjang 64 meter yang menghubungkan antara lima pohon bangkirai berukuran besar. Jembatan gantung tersebut terbuat dari bahan kabel, diberi alas papan dengan jala (net tali nilon) sebagai dinding di sisi kanan dan kiri jembatan. Kesulitan dalam melewati jembatan ini sudah menanti para wisatawan yang ingin mencoba. Jembatan ini mudah sekali oleng dan terus mendapat hembusan angin yang kencang, sehingga diperlukan tenaga ekstra untuk dapat melewati jembatan ini. Harga tiket yang dipatok untuk dapat melewati jembatan tajuk ini hanya sebesar RP. 15.000/ orang. Dengan adanya jembatan tajuk pertama di Indonesia ini, wisata hutan bukit bangkirai menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dilirik.

Wisata hutan Bukit Bangkirai

Wisata hutan Bukit Bangkirai

Kawasan wisata hutan bukit bangkarai dinamai dengan bukit bangkarai karena banyaknya pohon jenis bangkirai yang mendominasi kawasan hutan. Banyak pohon bangkirai raksasa yang tumbuh kokoh di hutan seluas 1.500 hektare ini, terdapat pohon yang sudah mencapai usia 150 tahun lebih dengan ketinggian 40 sampai 50 meter, berdiameter 2.3 m. akar papan yang tumbuh dari pohon ini menjadikan nilai keindahan pohon bangkirai makin terlihat.

Wisata hutan Bukit Bangkirai1

Selain itu, keistimewaan dari wisata hutan bangkirai juga ditambah dengan beragam flora dan fauna yang hidup di dalamnya.  Berbagai hewan telah ditangkarkan di hutan ini, sepertiOwa-Owa (Hylobates muelleri), Lutung Merah (Presbytus rubicunda), Beruk (Macaca nemestrina), Babi Hutan (Susvittatus), Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Bajing Terbang (Squiler) serta Rusa Sambar (Corvus unicolor). Hutan ini juga diramaikan dengan adanya 45 jenis anggrek liar yang tumbuh dengan baik serta adanya kebun buah seluas empat hektar.

Peta Lokasi Hutan Bukit Bangkirai

Bukit Bangkira merupakan sebuah tempat wisata yang ada di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.


Lihat Peta Lebih Besar



loading...

Komentar