Wisata Bendungan Rentang Majalengka

Bendungan Rentang berloksi di Dusun Rentang, Desa Panongan, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.Bendungan ini Mulai beroperasi sejak tahun 1982, dab berada di Sungai Cimanuk dengan luas DPS 6.950 Km2 meliputi sebagian daerah Kabupaten Garut, Majalengka, Sumedang, dan Indramayu.

Bendungan Rentang Majalengka

Bendungan Rentang Majalengka

Tempat Wisata Bendungan Rentang

Dari sekian banyaknya anak Sungai Cimanuk, yang punya pengaruh besar terhadap debit Bendungan Rentang adalah Sungai Cipelang dan Sungai Cipeles yang berada di Kabupaten Sumedang dan Sungai Cilutung yang berada di Kabupaten Majalengka.

Bendungan Rentang merupakan Bendungan gerak sebagai pengganti Bendungan Rentang yang lama dan dibangun pada tahun 1911 dan beroperasi dari tahun 1916 sampai denagn 1981. Proyek bendungan Rentangng Baru dimulai pada tahun 1979 sampai dengan 1982, dengan kontraktor yang berasal dari Prancis bekerjasama dengan PT. Hutama Karya Pusat. Dananya berasal dari Bank Dunia, Bendungan rentang merupakan bendungan terbesar di wilayah utara Majalengka.

Bendungan rentang, sering dipakai tempat wisata sekedar lari pagi dan jalan-jalan bagi anak ABG kalau minggu pagi ramai sekali, memang tampak sangat indah lagi asri sebenarnya apalagi kalau perawatanya dilakukan dengan baik, kondisinya sekarang memang memprihatinkan, jalannya rusak, kurang rapih, rumputnya tidak tertata dengan bagus.

Tapi meskipun bendungan ini kondisinya masih agak memprihatinkan, bendungan ini bisa dimanfaatkan untuk berwisata, karena di sana banyak pemandangan yang terlihat indah, apalagi kalau wilyah tersebut dalam keadaan bersih dan rapih.



loading...