Wisata Budaya dan Keagaaman Indonesia

Menurut data sensus 2010, Indonesia terdiri dari 1. 128 suku bangsa. Keberagaman suku bangsa tsb menyebabkan keberagaman hasil budaya layaknya jenis tarian, alat musik, dan kebiasaan istiadat di Indonesia. Sebagian pagelaran tari yang populer didunia internasional contohnya Sendratari Ramayana yang menceritakan perihal perjalanan Rama dan dipentaskan di halaman kompleks Candi Prambanan. Desa Wisata Batubulan yang terdapat di Sukawati, Gianyar adalah desa yang kerap dikunjungi utk pentas Tari Barongan, Tari Kecak serta juga Tari Legong.

Karnaval Batik Solo

Karnaval Batik Solo

Wisata Budaya Indonesia

Belakangan ini sebagian kota di Pulau Jawa mulai mengembangkan rencana karnaval fesyen. Jember Fashion Carnaval dengan cara teratur diselenggarakan sejak th. 2001 di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval fesyen yang lain tetapi menitik beratkan tema pada batik yaitu Karnaval Batik Solo yang pertama kali diselenggarakan pada th. 2008. Tak hanya karnaval fesyen, adapula karnaval yang diselenggarakan utk memperingati hari lantas kota layaknya yang diselenggarakan di kota Yogyakarta dengan nama Jogja Java Carnaval dan di kota Jakarta dengan nama Jak Karnaval yang diselenggarakan dengan cara teratur pada tiap-tiap bulan Juni.

Histori kebudayaan Indonesia dari zaman prasejarah sampai periode kemerdekaan bisa ditemukan di semua museum yang ada di Indonesia. Keseluruhan jumlah museum di Indonesia berjumlah 80 museum yang tersebar dari Aceh sampai Maluku. Sebanyak museum terdapat dlm satu lokasi layaknya Kota Tua Jakarta yang mempunyai enam museum adalah tempat yang dikenal sbg pusat perdagangan pada Zaman Batavia dan Taman Mini Indonesia Indah sebagai pusat rekreasi dengan jumlah taman dan museum paling banyak dlm satu lokasi di Indonesia.

Wisata Keagamaan Indonesia

Histori mencatat bahwa agama Hindu dan Buddha dulu masuk dan merubah kehidupan spiritual di Indonesia karenanya ada peninggalan histori layaknya candi dan prasasti di sebagian lokasi. Jejak-jejak peninggalan agama Buddha yang paling besar yaitu Candi Borobudur yang terdapat di Magelang dan adalah candi Buddha paling besar didunia dan masuk dlm daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO pada th. 1991. Pada era ke-13 sampai ke-16 Islam masuk ke nusantara menukar jaman kerajaan Hindu-Buddha. Pada saat ini, banyak ditemukan masjid yang disebut akulturasi kebudayaan pada Hindu-Buddha-Jawa dengan agama Islam layaknya tampak pada Masjid Agung Demak dan Masjid Menara Kudus.



loading...

Komentar