Wisata Embung Kledung Pesona Keindahan Alam Temanggung

Wisata Embung Kledung | Alampriangan.com – Bingung mencari desitinasi wisata pada libur akhir pekan? Bosan mengunjungi taman wisata yang sudah terlalu mainstream? Mungkin anda bisa memlih salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Temanggung, Embung Kledung.

Embung Kledung merupakan waduk mini atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan. Embung ini dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru. Daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata ini adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro dan melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan.

Wisata Embung Kledung Pesona Keindahan Alam Temanggung

Lokasi Embung Kledung Temanggung

Embung yang berada di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung dengan ukuran seluas 83 meter x 83 meter ini adalah embung buatan yang dibuat pada 2010. Embung yang berada di atas lahan bekas perkebunan tembakau seluas empat hektare ini dibangun dengan menggunakan dana hasil cukai tembakau pada 2010.

Untuk mencapai Embung Kledung pun tidak terlalu susah. Jika Anda dari Jogja, cukup mengambil rute menuju Wonosobo melewati Temanggung dan Parakan. Dari Parakan Anda langsung menuju Desa Kledung.

Jika Anda sudah sampai di Desa Kledung, cukup bertanya kepada warga sekitar, seketika warga akan menunjukkan lokasi Embung Kledung berada. Waktu tempuhnya pun cukup singkat, hanya memakan waktu sekitar 2,5 jam-3 jam saja.

Kawasan Agrobisnis

Dulu, sebelum embung dibangun, hanya tanaman tembakau yang bisa bertahan di musim kemarau di wilayah ini. Kini, petani setempat juga bisa menanam tanaman lain, bisa buah-buahan, sayuran, bunga atau tanaman lain yang punya nilai ekonomi lebih tinggi.

Berbagai tanaman sayuran dan buah-buahan sangat potensial dikembangkan di daerah ini. Untuk mengembangkan potensi tersebut, saat ini Pemkab Temanggung bekerja sama Yayasan Obor Tani Semarang, tengah menjajagi kemungkinan untuk mengembangkan agrobisnis di kawasan tersebut. Yayasan ini, dengan pola kemitraan dengan petani pemilik lahan, telah berhasil mengembangkan kebun buah Lengkeng Itoh di daerah Semarang.

Daya Tarik Wisata

Potensi lain yang juga tengah digarap adalah mengembangkan wilayah di sekitar embung menjadi tempat wisata. Kledung adalah tempat yang sangat indah dan letaknya sangat strategis untuk pengembangan wisata.

Daerah ini dilalui jalan propinsi dengan jalur Semarang-Temanggung-Wonosobo-Purwokerto atau Jogjakarta-Magelang-Temanggung-Wonosobo-Purwokerto. Jalan tersebut merupakan jalan utama menuju tempat wisata yang sudah mendunia yaitu Dieng. Setiap harinya tidak kurang dari 700-1000 kendaraan melewati jalur tersebut.

Kebun Teh

Di kawasan ini juga terdapat kebun teh yang cukup luas yang pemandangan dan suasanya tidak kalah dengan kawasan Puncak di Jawa Barat. Seni tradisional juga hidup di daerah yang terkenal dengan hasil tembakaunya ini.

Di bidang wisata agrobisnis, potensi yang akan dikembangkan antara lain pengembangan balai penelitian kentang dan agro industri kentang, pengembangan experience tourism saat musim tembakau tiba dan agrowisata Kledung Pass dengan  penanaman strawbery, dan sayuran atau holtikultura.

Di embung tersebut kita disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Saat kita berada di sana, kita dibuat serasa di negeri Eropa. Suasana lereng gunung yang dingin ditambah pemandangan hijau dari pepohonan dan gunung  sangat cocok untuk anda penggemar wisata pegunungan.

Tempat ini juga sangat bagus untuk menjadi objek foto anda karena memiliki  latar belakang Gunung Sindoro dan Sumbing serta ratusan pohon cemara.  Jika ingin berkunjug ke tempat ini disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari karena udaranya sangat sejuk. Selain itu, anda tidak akan kepanasan jika datang pada pagi atau sore hari.



loading...

Komentar