Cara Asyik Berwisata ke Green Canyon Pangandaran

Obyek Wisata Petualangan Green Canyon Pangandaran

Obyek Wisata Petualangan Green Canyon Pangandaran

BAGI anda penggemar wisata petualangan, objek wisata Green Canyon Pangandaran adalah destinasi wajib. Obyek wisata ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.  Dari Kota Ciamis berjarak sekitar 130 km, sedang dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km.

Objek wisata ini berdekatan dengan objek wisata Batu Karas (baca: Batu Karas, Pantai Tenang Favorit Peselancar) serta lapang terbang Nusa Wiru.  Koordinatnya di 7 43′ 47.96″ S, 108 26 53.12 E.

Asal-usul Green Canyon Pangandaran

Nama Green Canyon (ngarai hjiau) konon dipopulerkan oleh Bill Jhon, seorang warga Perancis pada tahun 1993.  Ini merujuk pada obyek wisata Grand Canyon yang berada di Colorado Amerika sana. Mungkin karena memiliki eksotisme yang sama.

Penduduk setempat menyebutnya dengan Cukang Taneuh. Dalam bahasa Sunda, cukang berarti jembatan dan taneuh berarti tanah, sehingga berarti jembatan yang terbuat dari tanah. Ini dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan petani sekitar untuk menuju kebun mereka.

Pesona Green Canyon Pangandaran

Di objek wisata Green Canyon ini kita bisa menelusuri aliran Sungai Cijulang yang menembus goa-goa yang dihiasi dengan stalaktit-stalaktit yang mempesona. Jernihnya air berwarna hijau toska, serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan membentuk lukisan alam yang eksotis dan menantang untuk dijelajahi.

Menembus Gua di Green Canyon Pangandaran (Foto by Arie Basuki/Fotokita.net)

Menembus Gua di Green Canyon Pangandaran (Foto by Arie Basuki/Fotokita.net)

Untuk mencapai Green Canyon kita harus menyewa perahu kayuh dari dermaga Ciseureuh. Perjalanan berjarak sekitar 3 km ini memakan waktu kurang lebih 30-45 menit.  Tersedia cukup banyak armada perahu yang dapat mengantarkan Anda untuk menelusuri objek wisata ini. Setiap perahu dilengkapi seorang pemandu yang akan menemani Anda dalam perjalanan. Tarifnya sebesar 150 ribu rupiah per perahu dengan kapasitas 5-6 orang.

Di sepanjang perjalanan kita akan berada dalam cekungan dinding terjal di kanan kiri aliran sungai. Dinding-dinding ngarai menyajikan keindahan tersendiri. Selain itu di bagian atas beberapa kali pengunjung akan melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri tetesan air tanah. Setelah beberapa ratus meter berenang, akan terlihat beberapa air terjun kecil di bagian kiri kanan yang begitu menawan.

Begitu terlihat jeram dengan alur yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu berarti sudah sampai. Itulah air terjun Palatar di mulut Green Canyon. Di sinilah awal petualangan dimulai.

Stalaktit di Green Canyon Pangandaran

Stalaktit di Green Canyon Pangandaran

Body Rafting di Green Canyon

Wisatawan selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan body rafting. Body rafting adalah aktifitas berenang dengan menghanyutkan diri di arus air dengan menggunakan pelampung.

Air Sungai yang mengalir menuju goa green canyon begitu jernih dan berarus agak deras.  Jika ingin lebih seru, bisa dilakukan agak ke hulu dengan jeram dan arus lebih kuat. Bagi tak bisa berenang tak perlu khawatir, perjalanan sepenuhnya dijamin aman selama mengikuti prosedur keamanan yang benar.  Pemandu akan memandu anda sampai benar-benar siap. Bila tertarik, anda dapat menggunakan penyedia-penyedia paket-paket wisata. Googling aja.

Yang tidak suka berenang, bisa merayap di tepi batu.  Bagi penggemar fotografi tentu akan banyak spot-spot menarik untuk diambil.  Jika diteruskan berenang maka pengunjung akan sampai pada ujung jalan, di mana terdapat gua yang dihuni oleh banyak kelelawar.


Alur aliran sungai ini cukup panjang, sehingga pengunjung dapat berenang sepuas-puasnya sambil mengikuti arus dari air terjun. Selain pemandangan indah di atas permukaan air, Green Canyon juga merupakan surga bagi yang suka menyelam. Pemandangan menakjubkan cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan dinikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dasar lubuk.

Bagi yang suka menantang adrenalin, dapat meloncat dari ketinggian ke lubuk yang dalam.

Body Rafting di Green Canyon

Body Rafting di Green Canyon

Beberapa Tips Berkunjung ke Green Canyon Pangandaran

Bagi yang ingin berkunjung ke Green Canyon Pangandaran ada beberapa tips yang diambil dari Kompas Travel, yaitu:

Jalur Menuju Green Canyon Pangandaran

Untuk menuju Green Canyon tidak sulit.  Bila berangkat dari Jakarta anda bisa menggunakan jalur Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – Pangandaran –  Cijulang.  Jalur ini umum digunakan.  Dari Bandung berjarak sekitar 180 Km.

Bila akan menginap terlebih dahulu di Pangandaran, pakailah jalur ini.  Dari kota Pangandaran, setibanya di lampu merah Pantai Pangandaran maju sedikit kemudian belok kanan menuju Pasar Pangandaran (jangan masuk pintu gerbang pantai Pangandaran).  Dari pasar Pangandaran kemudian belok kanan sampai terlihat plang Cijulang dan bandara Nusa Wiru, lalu belok kiri.

Terus lurus menuju Parigi. Di bundaran Cijulang, belok kiri ada plang Cijulang, Bandara Nusawiru, lalu belok kanan. Patokannya Rumah Makan Tirta Bahari. Dari sana, kurang lebih 50 meter anda akan tiba di Green Canyon.

Bila ingin berpetualang gunakanlah jalur selatan, yaitu melewati Kota Tasikmalaya – Cipatujah – Cikalong – Cimanuk – Cijulang. Jaraknya kurang lebih 60 km.

 Jalur ini asyik karena di sepanjang jalur anda akan disuguhi pemandangan yang indah.  Dan jangan khawatir dengan jalannya.  Beton dan mulus bro!

Waktu yang Tepat ke Green Canyon

Popularitas Green Canyon membuatnya selalu penuh dikunjungi wisatawan. Konsekwensinya, wisatawan harus mengantre untuk mendapatkan perahu. Untuk itu usahakan jangan datang di akhir pekan, karena pada akhir pekan jumlah pengunjung cukup banyak.

Namun, jika memang waktu Anda berlibur hanya ada di akhir pekan datanglah lebih pagi. Sebagai informasi Green Canyon buka dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Dengan datang lebih pagi, anda tidak akan mengantre terlalu lama.

Agar anda dapat benar-benar menikmati petualangan di Green Canyon disarankan juga untuk tidak datang pada saat musim hujan. Karena besar kemungkinan Green Canyon ditutup akibat debit air yang meningkat dan air berwarna coklat. Waktu terbaik adalah pada saat musim kemarau, karena air sungai akan berwarna hijau jernih dan lebih tenang.

Saran kami juga, hubungi penyedia paket wisata untuk memastikan bahwa bisa melaksanakan petualangan dengan menyenangkan.

Berperahu di Green Canyon

Berperahu di Green Canyon

Siapkan Uang Tunai

Tips lain, sebelum ke Green Canyon, siapkan uang tunai yang cukup karena disana tidak ada bank atau ATM.  Untuk menikmati keseruan di Green Canyon biaya yang diperlukan adalah sewa perahu sebesar Rp 150.000 untuk maksimal enam orang.

Untuk itu, sebaiknya ketika ke sini Anda membawa rombongan agar bisa berpatungan dan biaya sewa perahu bisa lebih ringan.  Jika Anda ingin berenang maka Anda dikenakan biaya tambahan.

Siapkan Baju Ganti

Karena anda akan berbasah-basahan, maka siapkan pakaian ganti secukupnya.  Bila anda membawa kamera, usahakan menggunakan kamera yang tahan air.  Tidak perlu membawa pelampung sendiri, karena pemandu sudah menyediakannya.

Penginapan di Green Canyon Pangandaran

Setelah puas menikmati keseruan Green Canyon ada beberapa pilihan tempat menginap.  Anda bisa mencari penginapan di Pangandaran yang berjarak kurang lebih satu jam.  Tapi, jika sudah sangat lelah, anda juga bisa menginap di kawasan Panti Batu Karas yang berjarak kurang lebih 15 menit.

Yuk ke Green Canyon!



loading...

Komentar