Icakan Ciamis, Destinasi Wisata Favorit Baru di Priangan Timur

Kolam Arus Icakan

Kolam Arus Icakan

Alampriangan.com – KALI ini kita akan bercerita tentang destinasi wisata keluarga terbaru di Ciamis, yaitu Icakan atau lengkapnya Mega Wisata Icakan.

Bisa jadi, Icakan adalah obyek wisata keluarga terbesar di Ciamis saat ini. Dikatakan baru, karena destinasi ini dibuka mulai tahun 2011.

Dan kini, Icakan menjadi destinasi wisata keluarga favorit di Priangan Timur.  Pengunjung datang dari daerah Tasikmalaya, Banjar Patroman, Garut bahkan sampai sekitaran Kuningan, Cirebon, Bandung dan Jakarta.

Alamat Icakan Ciamis

Obyek Wisata Icakan Ciamis berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, sekitar 7 km dari pusat Kota.  Tidak ada kendaraan umum yang membawa langsung ke sana, kita harus membawa kendaraan sendiri.

Namun jangan khawatir, karena untuk menuju ke destinasi ini cukup mudah.  Dari alun-alun Ciamis belok kiri ke arah jalan menuju Kawali/Cirebon. Setelah hampir 3 km, kemudian sampai ke Universitas Galuh (UNIGAL) yang sering dijadikan patokan untuk menuju lokasi wisata Icakan.

Ada dua jalur masuk menuju Icakan.  Pertama, setelah melewati pom bensin Baregbeg dan Alinayin, belok ke arah kiri memasuki jalan desa dengan jarak sekitar 5 km.  Sedang yang kedua berada beberapa kilometer setelahnya. Ada jalan masuk khusus yang dibuat ke Icakan.

Bila mengambil jalur pertama, kita akan masuk ke jalan desa yang sempit, berkelok-kelok dan menanjak.  Namun jangan khawatir, karena kita akan disuguhi dengan pemandangan hijau di kiri-kanan jalan. Hutan-hutan kecil, hamparan lembah dan pesawahan hijau akan menyegarkan mata dan pikiran.

Setelah beberapa lama, kita akan sampai ke pintu masuk Icakan.  Untuk masuk ke dalam kita harus membayar tiket Rp5.000 per orang.

Pemandangan yang Memanjakan Mata

Wisata Icakan adalah sebuah lembah yang dibangun dan ditata apik sehingga menghasilkan pemandangan yang memanjakan mata.  Obyek wisata ini terhitung besar. Konon luas mencapai 35 ha, meski yang sudah dibangun baru sekitar 15 ha.

Pemandangan dari Lapangan Parkir Icakan/prialawas.com

Pemandangan dari Lapangan Parkir Icakan/prialawas.com

Lokasinya berada di kaki Gunung Syawal dengan udara pegunungan yang sejuk dan kontur tanah yang berbukit-bukit. Pengunjung juga tidak akan bosan melihat-lihat pemandangan sekeliling karena di setiap sudut terdapat taman-taman bunga yang indah.

Berbagai Wahana di Icakan

Dan tentu saja daya tarik utamanya adalah berbagai wahana yang dimiliki. Cukup banyak wahana yang akan memanjakan pengunjung.

Yang pertama adalah sebuah danau (situ) buatan.  Di danau ini kita bisa berperahu atau bersepeda air mengelilingi danau bersama keluarga.

Danau Icakan

Danau Icakan

Di atas danau melintang jalur flying fox yang cukup panjang dan tinggi. Kita bisa mencobanya bila berminat.Wahana yang paling banyak diminati adalah waterboom dan kolam ombak atau kolam arus.  Untuk menikmatinya kita harus membayar tiket tambahan Rp25.000 per orang.

Asyik Bermain di Waterboom Icakan

Asyik Bermain di Waterboom Icakan

Puas bermain di kolam arus dan waterboom kita bisa beristirahat di kolam terapi ikan.  Namun jangan kaget, karena rasa geli akan langsung terasa ketika ikan-ikan kecil yang banyak jumlahnya tersebut merubungi dan mengigiti kaki kita.

Selain itu masih ada beberapa wahana lain yang mesti dicoba, yaitu roller coster, kereta api mini dan mobil kucing.  Terdapat pula gazebo-gazebo gratis berukuran besar dan kecil, penginapan dan sirkuit.

Juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti Mesjid Baiturrahman yang megah, toilet yang bersih, sarana bermain anak anak, sarana outbond, camping ground.

Bila ingin melangsungkan pesta pernikahan di kawasan ini, anda bisa menyewa tempat yang tersedia untuk resepsi pernikahan.

Dalam waktu dekat kabarnya juga akan dibangun hotel, cottage, bioskop 4 dimensi dan gondola. Tentu akan tambah asyik.

Harga Tiket Masuk Icakan Ciamis

Harga tiket masuk Icakan Ciamis tergolong murah.  Untuk masuk gerbang utama, pengunjung cukup membayardengan lima ribu rupiah per orang.  Bila ingin menggunakan wahana lain, pengunjung harus membayar lagi.  Berikut tarifnya:

– Kolam Renang (Waterboom, Kolam Ombak, Kolam Arus) Rp 25.000/orang
– Perahu Rp 10.000/orang
– Flying Fox Rp 20.000/orang
– Roller Coster 25.000/orang
– Kereta Api Rp 10.000/orang
– Mobil Kucing Rp 10.000/orang
– Ban Rp 15.000 (single), Rp 25.000,00 (double)
– Loker Rp 10.000/kotak

Gazebo di Icakan/prialawas.com

Gazebo di Icakan/prialawas.com

Untuk tarif parkir motor Rp 2.000 dan Mobil Rp 5.000. Tarif tersebut tentu saja bisa berubah sewaktu-waktu.  Untuk itu bisa dilihat di websitenya: www.icakan.co.id.Jadi, kapan ke Icakan?



loading...

Komentar