Wisata Kompleks Candi Arjuna

Di sinilah eksotisme histori berumur beberapa ribu th. sudah berharmoni berbarengan keindahan serta sejuknya hawa pegunungan. Kompleks Candi Arjuna yaitu candi bercorak Hindu peninggalan pada era abad ke-7 yang teguh yang menantang dinginnya cuaca di Dataran Tinggi Dieng. Berkunjung ke Kompleks Candi Arjuna pada ketinggian sekira 2. 093 m dpl, mungkin saja bisa jadi pilihan wisata budaya serta wisata alam sekalian.

Kompleks Candi Arjuna

Kompleks Candi Arjuna

Kompleks Candi Arjuna, Candi Hindu Tertua di Jawa

Di bangun pada 809 M, Kompleks Candi Arjuna adalah candi hindu tertua di Pulau Jawa serta tempat pemujaan Dewa Siwa. Hal semacam ini didasarkan kehadiran Lingga serta Yoni didalam candi paling utama. Diluar itu, diketemukan juga sebagian arca, seperti Dewi Durga, Ganesha, serta Agastya yang saat ini tersimpan di Museum Kailasa.

Kompleks Candi Arjuna terbagi dalam 5 candi yakni, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, serta Candi Puntadewa. Dengan cara arsitektur, Candi Arjuna serupa dengan candi di India selatan serta disangka memperoleh dampak dari budaya India. Candi2 yang terbuat dari batuan andesit itu tak mempunyai banyak relief pada dindingnya. Cuma ada relief ketiga Dewa Trimurti yakni Siwa, Wisnu, serta Brahma yang dipahatkan di Candi Srikandi serta bukannya di candi paling utama.

Kompleks Candi Arjuna ini diketemukan pertama kali th. 1814 oleh seseorang tentara Inggris, yakni van Kinsbergen. Waktu diketemukan, candi-candi itu terendam air rawa-rawa, tidak sama dari umumnya candi lain yang umumnya terendam tanah. Sistem pengeringan air rawa baru diawali kian lebih 40 th. lalu. Rumput hijau seperti karpet terlihat tumbuh subur di pelataran candi, membingkai kerikil yang penuhi pelataran paling dekat dengan candi.

Tak di ketahui dengan cara pasti siapa yang berikan nama candi-candi itu. Walau demikian, hal yang pasti yaitu bahwa beberapa nama candi itu dinamakan sesuai sama tokoh pewayangan. Candi Arjuna yaitu candi intinya yang bertemu dengan Candi Semar dengan berbentuk memanjang beratap limasan. Candi Srikandi, Candi Puntadewa, serta Candi Sembadra yang berjejer ke samping samping kirinya.

Menikmati Indahnya Pemandangan Kompleks Candi Arjuna

Datang pagi-pagi sekali saat sebelum Kompleks Candi Arjuna dipadati pengunjung bakal memberi keleluasan Anda untuk nikmati serta mengabadikan keindahan candi-candi itu. Tetapi demikian, pada musim-musim spesifik, kabut bakal menutupi langit Dieng hingga kesan langit muram mungkin saja bakal jadi latar foto-foto yang bisa diabadikan.

Candi Arjuna dan Sumur Jalatunda

Candi Arjuna dan Sumur Jalatunda

Saksikan sisi Berkeliling untuk info destinasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi sesudah dari Kompleks Candi Arjuna.

Ada di ketinggian 2. 093 m dpl, suhu hawa di seputar lokasi relatif dingin. Bawalah atau gunakan pakaian hangat seperti jaket, sweater, maupun syal.

Kompleks Candi Arjuna bisa jadi titik awal perjalanan Anda menjelajahi rangkaian maksud wisata yang menyebar di lokasi wisata Dieng.

Candi ini tak dijaga oleh petugas. Wisatawan bebas mencermati, lihat dari dekat, masuk, bahkan juga menyentuh candi kuno ini. Walau demikian, sebaiknya tak buang sampah sembarang (contoh di pelataran atau didalam candi), terlebih apabila bertindak pengerusakan pada dinding candi.

Saat paling baik berkunjung ke Dieng yaitu waktu musim non-hujan. Dengan demikian, Anda bakal memperoleh langit Dieng yang biru serta memiliki kesempatan nikmati pesona Matarahari terbit dari Bukit Sikunir.

Baca Juga : Tempat Wisata di Jawa Tengah

Transportasi dan Akomodasi

Kompleks Candi Arjuna Berjarak kurang lebih 3 jam perjalanan dari Yogyakarta atau kira-kira 45 menit dari Wonosobo, perjalanan menuju lokasi wisata Dieng serta Kompleks Candi Arjuna bisa ditempuh memakai baik kendaraan umum maupun mobil pribadi. Jika memakai mobil pribadi jadi Anda pasti tidak butuh naik turun angkutan untuk meraih Dieng. Diluar itu, sepanjang ada di Dieng, Anda bisa menghemat cost transportasi berbentuk sewa kendaraan sepanjang melingkari lokasi wisata Dieng serta sekitarnya.

Rute dari Jakarta menuju Kompleks Candi Arjuna yaitu seperti berikut : Jakarta – Cikampek – Plumbon – Kanci – Losari – Brebes – Tegal – Slawi – Bumi Ayu – Ajibarang – Purwokerto – Sokaraja – Purbalingga – Banjarnegara – Wonosobo – Dieng.

Bila Anda memakai transportasi umum jadi bisa menumpang bus dari Yogyakarta maksud Magelang serta lantas Wonosobo. Jika dari Jakarta, ada bus maksud Wonosobo. Dari Wonosobo, Anda bisa menumpang minibus menuju Desa Dieng.

Jika Anda mau naik kereta, pastikan jalur menuju stasiun Purwokerto. Dari situ, pergilah ke terminal Purwokerto untuk naik bus jurusan ke Wonosobo. Bus ini bakal mengantar Anda pas di pertigaan Dieng dengan biaya sekira Rp. 8000, -.Sesampainya disana kita bisa langsung menuju Kompleks Candi Arjuna.

Akomodasi

Jika kita ingin menginap dan bermalam di sekitar Kompleks Candi Arjuna, disana ada banyak penginapan yang bisa anda gunakan untuk menginap, salah satunya ialah penginapan bu Jono yang sangat popular di kalangan pengunjung.

Penginapan Bu Jono
Jl. Raya Dieng Km 27, Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo
Telp.: +62 85227389949; +62 81392162734;+62 85643958085

Dieng Plateau Homestay
Jl Raya Dieng No 16, Km 26, Dieng, Wonosobo
Telp.: +62 81327791565

Pondok Wisata Lestari
Dieng Wetan Rt.01 Rw.01, Kejajar, Wonosobo
Telp.: +62 2863342026; +62 85228272404

Bougenvil Homestay
Jl. Raya Dieng RT.01 RW.01 Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara
Telp.: +62 81327072112

Dieng Pass Homestay
Jl. Raya Dieng Km. 01, Dieng Plateau, Wonosobo
Telp.: +62 85291250250;+62 85743461555



loading...