Wisata Museum Nasional Indonesia Peninggalan Belanda

Wisata Museum Nasional Indonesia ini merupakan sekian dari banyaknya gedung peninggalan Belanda. Museum ini terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Museum ini merupakan merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Asal mula museum ini disebut museum gajah karena adanya patung gajah yang penunggu. Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang menghadiahkan patung tersebut ketika berkunjung ke Indonesia tahun 1871.

Wisata Museum Nasional Gajah

Wisata Museum Nasional Indonesia

Koleksi Benda Bersejarah di Museum Nasional Indonesia

Museum yang berdiri tanggal 24 April 1774 itu memiliki koleksi benda sejarah sekitar 141.000. koleksi museum gajah sendiri meliputi, koleksi prasejarah, arkeologi, numismatik, heraldik dan keramik, ernografi, sejarah dan geografi. Terdapat koleksi menarik diWisata Museum Nasional “Gajah” ini, yakni patung Bhairawa. Patung ini berupa laki-laki dengan tinggi 414 cm, yang merupakan perwujudan patung Budha.


Museum Gajah, Jakarta

Museum Gajah, Jakarta

Wisata Museum Nasional “Gajah” ini mempunyai luas tanah 26.500 meter persegi dan mempunyai dua gedung. Yakni gedung A dan B, Gedung A merupakan gedung lama yang digunakan untuk memamerkan koleksi museum dan ruang penyimpanan koleksi (storage). Sedangkan gedung B digunakan untuk ruang pamer di lantai 1-4, kantor ruang konferensi, laboratorium dan perpustakaan. Gedung ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 20 Juni 2012 lalu.

Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Untuk berkunjung ke Wisata Museum Nasional Indonesia ini, anda perlu melihat jadwal jam buka museum. Selasa, Rabu, Kamis dan Minggu museum Gajah buka dari jam 08.30-14.30 WIB. Sedangkan pada hari Jum’at Museum gajah ini buka pada jam 08.30 hingga 11.30. Pada hari Sabtu anda bisa mengunjungi Museum ini dari jam 08.30 hingga 13.30 siang. Anda tidak bisa mengunjungi museum ini pada hari Senin atau hari libur Nasional dan Keagamaan.

Museum Gajah, Jakarta

Museum Gajah

Tiket masuk museum nasional sendiri hanya Rp5000 untuk dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak (pelajar TK-SMA). Bagi pengunjung yang masuk museum secara rombongan, akan dikenakan biaya lebih murah, yakni Rp 3000 untuk dewasa dan Rp 1000 untuk anak-anak dari TK hingga SMA. Akan tetapi ada batasan minimal bagi pengunjung rombongan, yaitu  20 orang. Wisatawan asing akan dikenai tiket masuk paling besar, yaitu Rp 10.000.



loading...

Komentar