Wisata Pantai Pangandaran

Pantai pangandaran terletak di Pangandaran, sebuah kabupaten yang terletak di daerah propinsi jawa barat, kota ini merupakan pemekaran dari kota ciamis, kota dengan beribu kotakan perigi ini bertetanggakan atau berbatasan dengan kota banjar di sebelah utara, kota cilacap di sebelah timur, tasik malaya di sebelah barat dan samudra hindia di sebelah selatan. Kota ini baru mekar, dan di resmikan pada tanggal 25 oktober 2012. di kota ini terdapat sebuah obyek wisata yang sangat terkenal dan familiar baik di kawasan domestik maupun luar negri, obyek wisata pantai pangandaran, itulah namanya.

wisata pantai pangandaran, harga tiker masuk pantai pangandaran, akses jalan pantai pangandaran, fasilitas pantai pangandaran

Wisata Pantai Pangandaran – Pantai Terbaik di Pulau Jawa

Mendengar obyek wisata pantai pangandaran rasanya bukan lagi sesuatu yang asing di telinga kita, karena obyek wisata ini merupkan destinasi wisata yang sangat di gemari, karena di sana kita dapat terbit matahari dan tenggelamnya matahari dari pantai barat atau timur di hari itu juga, memiliki jarak antara pasang dan surut relatif lama dengan air yang jernih, di sana juga ada pantai passir putih, terdapat sebuah tim penyelamat di sepanjang pantai, jalan-jalan di sekitar pantai juga bagus di tambah lampu penerangan yang memadai. Pantai Pangandaran merupakan pantai terbaik di Pulau Jawa versi AsiaRooms.

Keistimewaan Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran terkenal akan keindahan pantainya. Akan tetapi tidak hanya itu, masih banyak keistimewaan dari pantai ini, antara lain.

– Pantai yang indah dengan pasir putih.
– Kita bisa menikmati sunrise dan sunset di pantai timur dan panta barat.
– Terdapat tim penyelamat wisata pantai
– Jalan beraspal dengan lampu penerangan yang memadai.
– Terdapat Gua Jepang peniggalan PD II
– Terdapat Taman Laut dengan ikan-ikan dan biota lautnya yang mempesona.

Baca Juga :Tempat Wisata di Lombok

 

Event Pariwsata

Di Pantai Pangandaran juga biasa dilakukan berbagai event-event pariwisata yang menarik seperti Hajat laut, yaitu upacara digelar oleh para nelayan di Pagandaran dimana upacara tersebut merupakan perwujudan dari rasa terimakasih oleh para nelayan kepada Tuhan YME. Upacara tersebut dilakukan dengan cara melarung sesajen ke tengah lautan. Dimana Hajat Laut ini biasa di lakukan setiap bulan Muharam di Pantai Timur Pangandaran. Selain itu juga ada event yang tak kalah menarik, yakni Festival Layang-layang Internasional atau dikenal dengan Pangandaran International Kite Festival yang meriah dan bisa kita saksikan setiap bulan Juni/Juli.


Pasir Putih Pantai Pangandaran

Pasir Putih di Pantai Pangandaran

Fasilitas dan Akomodasi

Sebagai pantai terbaik di pulau jawa, pantai pangandaran tentunya sudah didukung oleh fasilitas-fasilitas yang sangat memadai untuk menjadi objek wisata andalan Pangandaran.

Fasilitas Umum

Fasilitas di Pantai ini antara lain :
– Area Parkir
– Kantor Pos, Wartel, Penukaran Uang
– Pusat Informasi Pariwisata
– Area Perkemahan
– Penyewaan Sepeda dan Ban Renang
– Jetski dan Parasailing
– Waterboom

Mungkin anda juga tertarik dengan : Tempat Wisata di Bali

Jika anda ingin bermalam di Pantai Pangandaran tidak usah khawatir, karena disana juga telah disediakan banyak penginapan dan hotel dari kelas ekonomi sampai kelas vip. Tarif yang dikenakan bervariasi tergantung jenis penginapanya. Hotel penginapan tersebut diantaranya adalah :

– Hotel Laut Biru
– Pandai Indah Resort & Hotel Pangandaran
– Puri Rengganis
– Mustika Ratu Hotel
– Century Hotel
– Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran
– Sunrise Beach Pangandaran Hotel
– Surya Pesona Beach Hotel Pangandaran

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Pangandaran

Untuk bisa masuk ke tempat wisata Pantai Pangandaran dikenakan tarif sebagai berikut.
Bus Besar Rp 130.500,-
Bus Sedang Rp 79.500,-
Bus Kecil Rp 52.500,-
Mobil L300 Rp 40.700,-
Mobil Kijang Rp 27.700,-
Mobil Sedan Rp 14.700,-
Sepeda Motor Rp 6.100,-
Perorangan (pejalan kaki) Rp 3.000,-

Harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kebijakan pihak pengelola.

Akses Jalan ke Pangandaran

Untuk bisa sampai ke Pantai Pangandaran kita bisa menggunakan jalur darat maupun jalur udara.

– Jalur darat

Jika kita dari Bandung, kita bisa menuju pangandaran dengan naik bus Jurusan Bandung-Tasikmalaya-Banjar-Pangandaran. Dari terminal pangandaran kita bisa langsung menuju kelokasi pantai pangandaran dengan naik becak ataupun bisa jalan kaki, karena jarak terminal dengan pantai tidaklah jauh, sekitar 300 meter.

Jika kita dari Jakarta kita bisa naik bus Jurusan Kp. Rambutan langsung ke pangandaran.
Jika kita dari Yogyakarat kita bisa naik bus dengan jurusan Yogyakarta – Cilacap – Kalipucang – Langsung ke Pangandaran.

– Jalur Udara
Kita juga bisa menuju ke pangandaran dengan jalur udara. Pesawat yang menyediakan penerbangan ke Pangandaran ialah Pesawat Susi Air.

  • Penerbangan dari Bandung (Bandara Husen Sastranegara) menuju Pangandaran (Bandara Nusawiru).
  • Penerbangan dari Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma) menuju Pangandaran (Bandara Nusawiru).

 



loading...