Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo | Alampriangan.comPantai Pasir Putih berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pantai ini terkenal karena hamparan pasir yang warnaya putih. Tidak cuma itu, morfologi pantai pasir putihpun terbilang unik.

Bentuknya yang melengkung menghadap ke arah laut dengan latar belakang hutan yang membentuk gugusan pemandangan yang amat indah. Ke arah utara, wisatawan bisa lihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih tepi di pinggir pantai. Di belakangnya, rimbunan hutan menghidangkan kesejukan tersendiri.

Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo

Pasir Putih adalah di antara tujuan wisata pantai andalan untuk Propinsi Jawa Timur. Hal ini di karenakan letaknya yang strategis, yakni tepi di pinggiran jalur utama Surabaya-Banyuwangi.

Wisatawan yang pingin menuju ke Bali (dari Surabaya ), atau menuju Gunung Bromo (dari Banyuwangi), umumnya singgah utk beristirahat sejenak dan melihat keindahan pemandangan yang disuguhkan, terlebih nikmati eloknya matahari terbenam (sunset).

Keistimewaan dari Pantai Pasir Putih Situbondo

Beragam jenis olahraga laut layaknya berenang, menyelam, ataupun berselancar bisa dikerjakan di pantai ini. Bila enggan berenang, pengunjung bisa menaiki perahu utk berlayar dan nikmati panorama bawah laut.

Bermacam hiburan layaknya konser musik dan berbagai lomba layaknya lomba selancar, memancing, dan juga lomba perahu nelayan tradisional kerap diselenggarakan utk memuaskan beberapa wisatawan.

Disamping itu, pada Bln. Oktober beberapa nelayan umumnya mengadakan upacara Petik Laut, yakni melarung makanan, jajanan, dan kepala lembu ke sedang laut sbg usaha memohon barokah hasil laut dari Tuhan. Pada upacara ini tidak jarang diselenggarakan pementasan musik ?Gandrung ?, yakni musik tradisional yang popular di tempat Banyuwangi dan sekitarnya.

Lokasi Pantai Pasir Putih berada di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Akses Jalan Pantai Pasir Putih Situbondo

Akses jalan menuju ke area Pantai Pasir Putih terbilang gampang di karenakan posisinya di pinggir jalur utama Surabaya jurusan Banyuwangi. Obyek wisata pantai pasir putih ini berjarak kurang lebih sekitar 174 km dari Surabaya atau lebih kurang 4 jam perjalanan memakai bus atau angkutan umum dari terminal Bungurasih (Surabaya).

Dari arah Situbondo,Pantai Pasir Putih berjarak sekitar 21 km atau 1/2 jam lama perjalanan dari Kota Situbondo. Dari Ibu Kota Situbondo ini, perjalanan menuju Pasir Putih bisa ditempuh dengan menaiki angkutan umum sepert bus dan juga minibus.

Harga tiket : Rp 5000,-

Akomodasi dan Fasilitas di Pantai Pasir Putih

Bagi pengunjung yang belum mahir berenang, di sekitaran lokasi pantai ada banyak penyewaan ban-pelampung utk bermain-main di dalam laut. Wisatawan juga bisa menyewa perahu yang dilengkapi kota-kaca utk melihat panorama bawah laut.

Pengelola wisata juga menyediakan sarana kamar mandi, musholla, dan sebagian area utk beristirahat berbentuk bangku beton yang umumnya dekat dengan beberapa penjual makanan.

Di area ini juga ada kios-kios yang jual souvenir layaknya tiruan perahu dan hiasan dan aksesori dari kerang. Untuk yang pingin menginap, di lebih kurang lokasi ada penginapan berbentuk hotel, motel, dan losmen. Namun bila pingin berkemah, ada juga area spesial utk berkemah.



loading...

Komentar