Wisata Pulau Komodo

Pulau Komodo

Pulau Komodo

Wisata Pulau Komodo | Alampriangan.com – Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang mana terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo juga dikenal sbg habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga termasuk lokasi Taman Nasional Komodo yang mana dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo ada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang mana dipisahkan oleh sebuah Selat Sape.

Letak Pulau Komodo

Secara administratif, pulau ini terhitung lokasi Propinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Pulau Komodo adalah ujung paling barat dari Propinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dng Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup serta berkembang biak dng baik. Sampai Agustus 2009, di pulau ini ada lebih kurang 1300 ekor komodo. Ditambah dng pulau lain, layaknya Pulau Rinca serta serta Gili Motang, jumlah mereka total meraih lebih kurang 2500 ekor. Ada juga lebih kurang 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores namun tak terhitung lokasi Taman Nasional Komodo.

Wisata Pulau Komodo

Wisata Pulau Komodo

Tak hanya komodo, pulau ini juga menaruh eksotisme flora yg bermacam kayu sepang yg oleh warga lebih kurang dipakai sebagi obat serta bahan pewarna baju, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini bermanfaat sbg obat serta bijinya gurih serta enak layaknya kacang polong.

Geografi
Lokasi Asia Tenggara
Koordinat 8.55° S 119.45° EKoordinat: 8.55° S 119.45° E
Kepulauan Kepulauan Sunda Kecil
Luas 390 km²
Negara
Indonesia
Provinsi Nusa Tenggara Timur
Demografi
Populasi perkiraan 2000
Kelompok etnik Bugis, dll

Pulau Komodo juga di terima sbg Website Warisan Dunia UNESCO, di karenakan dlm lokasi Taman Nasional Komodo, berbarengan dng Pulau Rinca, Pulau Padar serta Gili Motang

Sejarah Pulau Komodo

Sejarah Pulau Komodo berawal pada th. 1910 orang Belanda menamai pulau di bagian selatan Propinsi Nusa Tenggara Timur ini dng julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari seorang Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba untuk menunjukkan laporan pasukan Belanda perihal ada hewan besar mirip naga di pulau itu. Steyn lalu membunuh seekor komodo itu dan kemudian membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk selanjutnya di teliti.

Th. 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan jadi finalis New Seven Wonders of Nature yg baru diumumkan pada th. 2010 melewati voting dengan cara online di situs www. N7W. com. Pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders sudah menginformasikan pemenang sesaat, serta Taman Nasional Komodo masuk ke dalam jajaran pemenang tsb berbarengan dengan, Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, dan Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, serta Table Mountain. Taman Nasional Komodo memperoleh suara paling banyak.

Keindahan Alam Pulau Komodo

Keindahan Pulau Komodo memanglah telah mendunia. Bukan sekedar populer sbg habitat Komodo, alam bawah lautnya juga kerapkali mengundang wisatawan utk ber-diving ria.

Keindahan Alam Pulau Komodo

Keindahan Alam Pulau Komodo

Pulau Komodo masuk dlm lokasi taman nasional di sangat ujung barat Nusa Tenggara Timur. Keindahan pulau ini telah populer seantero nusantara.

Bukan sekedar sbg area hidup hewan purba, keindahan bawah laut komodo juga sangat banyak menaruh keindahan. Apalagi, dunia juga menyebutkan bahwasanya laut di Pulau Komodo jadi di antara spot penyelaman yg bagus.

Lautnya yg jernih, terumbu karang yg berwarna-warni, serta kekayaan biota laut, tersebut yg dapat Anda jumpai dibawah lautnya. Lokasi yg juga jadi di antara dari tujuh keajaiban versi New7wonders ini juga mempunyai alternatif pilihan wisata lain, layaknya hiking, snorkeling atau sebatas duduk enjoy di pinggir pantai.

Nah, wisatawan yg ada di Jakarta serta pingin menuju Pulau Komodo, mesti transit di Denpasar, Bali. Lantas kembali meneruskan perjalanan memakai pesawat Trigana Air atau Merpati ke Bandar Hawa Komodo di Labuan Bajo.

Banyak info bikin pulau ini amat populer dikalangan wisatawan asing. Makannya, janganlah heran apabila Anda kerap lihat turis asing yg wara-wiri di pulau ini.



loading...

Komentar