Wisata Tangkuban Perahu dan Legenda Sangkuriang

Kurang lebih 30 km di sebelah utara Bandung, terdapat Wisata Tangkuban Perahu di daerah Lembang. Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi yang berada di Jawa Barat, dengan ketinggian 2084 meter diatas permukaan laut. Nama Tangkuban Perahu sendiri berasal dari legenda tanah Sunda, Sangkuriang. Konon Sangkuriang ini kesal dan menendang perahu yang gagal diselesaikannya dalam semalam sebagai syarat untuk menikahi Dayang Sumbi.

Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Keindahan alam Tangkuban Perahu

Keindahan alam Tangkuban Perahu

Keindahan alam Tangkuban Perahu sangatlah mengagumkan, bila cuaca cerah akan terlihat jelas lekukan tanah pada dinding. Selain itu dasar kawahpun bisa dilihat keindahannya. Ada 9 kawah yang masih aktif di Wisata Tangkuban Perahu, yakni Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian dan Pangguyungan Badak. Diantara 9 kawah diatas, Kawah Ratu dan Upas adalah kawah yang terbesar. Kawahtersebut terbentuk karena letusan gunung yang terjadi pada tahun 1910.

Wisata Tangkuban Perahu

Wisata Tangkuban Perahu

Askses Jalan dan Peta Lokasi Tangkuban Perahu

Taman Wisata Tangkuban Perahu

Taman Wisata Tangkuban Perahu

Obyek wisata andalan yang sarat legenda ini ramai di padati pengunjung setiap akhir pekan, bahkan mencapai ribuan setiap musim liburan. Untuk menuju Wisata Tangkuban Perahu ini, wisatawan bisa menggunakan 2 alternatif. Transportasi ke Tangkupan Perahu dari Bandung naik angkutan ke Terminal Ledeng dilanjutkan naik ELF turun di Subang kemudian naik angkot untuk sampai ke atas. Alternatif ke-2 anda bisa naik ankot dari Bandung ke Lembang yang dilanjutkan naikĀ  angkot jurusan Cikole.

Setelah puas berkeliling kawah, anda bisa membeli oleh-oleh seperti pakain, boneka, aneka kerajinan tanagan, jajanan, serta obat tradisional belerang untuk mengobati reumatik dan diabetes. Bagi yang ingin menginap, anda bisa menyewa kamar hotel yang berada di sekitar Wisata Tangkuban Perahu


Lihat Peta Lebih Besar

Wisata Tangkuban Perahu dan Legenda Sangkuriang | Wisata Indonesia | 4.5