Yuk, Ziarah ke Wisata Situ Sangiang Majalengka

Situ Sangiang Majalengka | Alampriangan.com – Pernah dengar nama objek wisata yang satu ini gak? Situ Sangiang! Situ ini adalah salah satu objek wisata alam yang berlokasi di daerah Majalengka dengan mengandalkan sumber mata air, tanah dan hujan sebagai sumber air utama. Situ ini memiliki luas sekitar total sampai 26,4 hektar. Situ ini juga tergolong dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai yang terkenal dengan sebuah legenda nini Pelet-nya.

Letak Situ Sangiang

Obyek wisata ini terletak 800 m dari kota Majalengka atau sebelum kota Talaga dari arah selatan. Situ ini berada pada ketinggian antara 600-800 m.  Ketinggian tanah terendah berada di desa Banjaran dan tertinggi di desa Sangiang.

Wisata Situ Sangiang Majalengka

Wisata Situ Sangiang Majalengka

Sejarah/Lagenda Situ Sangiang

Situ ini adalah objek wisata alam dan tempat berziarah. Banyak yang berkunjung kesini dengan maksud untuk ziarah. Untuk masuk ke lokasi situ ada beberapa gerbang. Di setiap pintu gerbang, ada kotak amal yang dianjurkan diisi suka rela oleh para pengunjung. Biasanya diperuntukkan bagi juru kunci.

Di sebelah kiri jalan menuju situ ini, ada makam leluhur terdahulu dengan seorang juru kunci. Di jalan setapak itu ada tulisan peringatan berupa larangan buat memetik atau mengambil bagian dari pohon besar, entah bagaimana maksudnya. Mungkin biar bersih aja.


Gapura Situ Sangiang

Gapura Situ Sangiang

Situ Sangiang masih menyimpan banyak mitos yang sampai saat ini masih tetap dihormati masyarakat setempat. Salah satu salah satunya ikan yang mati dari Situ Sangiang mesti dikuburkan seperti manusia.

Konon menurut kisah, ikan lele serta sebangsanya yang hidup ditempat itu adalah jelmaan manusia. Pemimpin ikan jelmaan itu yaitu putra Prabu talaga Manggung Pucuk Umum yang bernama Raden Panglurah, cucu Prabu Siliwangi, Raja Pakuan Pajajaran.

Larangan di Situ Sangiang

 

Situ Sangiang Majalengka

Situ Sangiang Majalengka

Didalam situ terdapat sebuah papan bertuliskan bahwa para pengunjung dilarang renang, membuang sampah sembarangan, memancing, menyalakan api unggun, atau mencorat-coret apapun fasilitas yang ada di sekitar situ.

Ada sebuah kondisi yang aneh memang, mengingat semua warga setempat tak berani untuk mengambil ikan dari situ sehingga tak heran kalau ada ikan yang hidup disitu bisa sampai ukuran besar.

Peta Lokasi Situ Sangiang

[googlemap width=”100%” height=”250″ src=”https://www.google.com/maps/place/Situ+Sangiang/@-6.942348,108.339812,15z/data=!4m2!3m1!1s0x0:0x4811c33bb6317742?sa=X&ei=V0NrVNefPMa3uASv7ILoAQ&ved=0CIUBEPwSMA4″][/googlemap]



loading...