7 Wisata Bogor Anti Mainstream Untuk Liburan Akhir Pekan

Jika kita mendengar kalimat liburan anti mainstream maka yang terbayang adalah liburan seru yang tidak biasa, tidak umum dan tidak semua orang ingin melakukannya. Tapi jika anda menyukai tantangan baru, ingin sesuatu yang berbeda yang mungkin belum diketahui atau dilakukan banyak orang, maka anda dapat melakukan beberapa kegiatan anti mainstream di liburan akhir pekan ini.

Bogor yang merupakan salah satu destinasi wisata populer di tanah air menyimpan banyak lokasi dan wahana permainan atau kegiatan yang selain menantang tapi juga kadang cukup ekstrim, yang jelas pasti anti mainstream.

Jadi tanpa banyak basa-basi lagi, berikut adalah informasi 7 Wisata Bogor Anti Mainstream Untuk Liburan Akhir Pekan yang seru dan dapat anda jadikan pilihan liburan mendatang.

1. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding

Liburan anti mainstream yang pertama adalah liburan paralayang. Paralayang atau paragliding masuk ke dalam salah satu olahraga ekstrim namun seru dan menyenangkan. Jangan khawatir karena Fly Indonesia Paragliding sudah sangat profesional dan dijamin aman. Jika anda selama ini disibukkan dengan pekerjaan kantor yang menyita enerji dan pikiran, maka saat melakukan olahraga ini dijamin anda akan melupakan semua itu.

Berada di Jalan Raya Puncak Km 83, Gunung Mas, Cisarua, Fly Indonesia Paragliding siap melayani anda mulai jam 08.00 hingga 17.00 WIB. Jika anda berminat, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan olahraga ini, antara lain sehat jasmani rohani, tidak mengidap penyakit jantung atau epilepsi, berat badan antara 20kg hingga 85kg, cuaca harus saat cerah, kecepatan angin 20km perjam dan wajib mengenakan peralatan yang sudah disiapkan oleh instruktur.

Biaya yang dikenakan untuk wisata paragliding ini adalah 13 ribu rupiah untuk HTM, 5 ribu rupiah untuk parkir kendaraan roda empat dan 350 ribu rupiah untuk booking dan pendaftaran paralayang (untuk wisatawan asing 400 ribu rupiah).

2. Danau Situ Gunung

Danau Situ Gunung

Danau Situ Gunung

Wisata anti mainstream berikutnya adalah Danau Situ Gunung, yang berjarak sekitar 10 km dari Kota Bogor. Lokasi yang sebenarnya terlihat biasa-biasa saja ini wajib dikunjungi jika anda penggemar fotografi. Pada hari biasa danau ini akan terlihat seperti danau biasa dengan warna kecoklatan yang dikitari oleh pohon rimbun, tidak terlalu istimewa. Namun jika anda datang saat subuh atau sebelum matahari terbit, maka anda akan menyaksikan sebuah pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Kabut yang menaungi danau bagaikan kelambu mistis yang membuat anda berdecak kagum, terlebih saat ada perahu getek yang melintas, anda pasti ingin segera mengabadikan momen demi momen yang muncul melalui kamera kesayangan anda.

3. Makam Belanda di Kebun Raya Bogor

Makam Belanda di Kebun Raya Bogor

Makam Belanda di Kebun Raya Bogor

Nah untuk lokasi berikut yang masuk ke daftar 7 Wisata Bogor Anti Mainstream Untuk Liburan Akhir Pekan sebenarnya bukanlah lokasi yang susah dicari karena begitu anda sampai di Bogor maka tempat ini biasanya akan menjadi salah satu destinasi wisata yang anda tuju. Namun ada beberapa lokasi unik di Kebun Raya Bogor yang akan membawa pikiran dan angan-angan anda kembali ke masa lalu Indonesia, khususnya masa kolonial Belanda.

Keberadaan makam Belanda di Kebun Raya Bogor memang tidak diketahui oleh banyak orang dan jika anda mengunjunginya maka anda akan sampai di lokasi yang cukup membuat bulu kuduk merinding. Terdapat sekitar 30 makam yang sudah ada sejak tahun 1700an dan menurut kabar belum pernah dipugar atau dipindahkan alias masih asli. Dengan udara dingin dan rerimbunan pohon bambu mengitari, bisa dibayangkan suasana menjadi agak seram, kalau anda suka iseng, sebaiknya jangan mencoba melakukan hal yang aneh-aneh di lokasi ini. Wisata ke makam Belanda? Namanya juga anti mainstream.

4. Kerajinan Wayang Golek Sanggar Tumaritis

Kerajinan Wayang Golek Sanggar Tumaritis

Kerajinan Wayang Golek Sanggar Tumaritis

Adalah seorang pengrajin bernama Dase Spartacus yang menggawangi kerajinan wayang golek bernama Sanggar Tumaritis, sebuah sanggar yang namanya justru lebih populer di luar negeri dibandingkan di negara sendiri. Pak Dase yang membangun sanggarnya di kawasan Lebak Kantin ini mampu menciptakan wayang golek yang anti mainstream dan up to date.

Seberapa anti mainstream? Nah, anda dapat menciptakan wayang golek yang dibangun berdasarkan profil dan wajah anda. Seru kan? Dengan biaya antara 350 hingga 850 ribu, anda dapat membangun replika diri anda dalam bentuk wayang golek yang akan jadi hanya dalam waktu dua minggu saja. Jika anda hanya ingin melihat suasana pembuatan wayang golek di sanggar, Pak Dase mengenakan charge 500 ribu rupiah perkunjungan.

5. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Pura? Di Bogor? Yakin ini bukan Bali? Yakin sekali. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta yang berada di kaki Gunung Salak Ciapus ini adalah Pura Agama Hindu terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih yang ada di Bali. Pura ini tidak memiliki tiket masuk, anda cukup mengenakan pakaian yang sopan, mengenakan selendang di pinggang dan melepas alas kaki untuk masuk ke Pura.

Ada dua alasan kenapa lokasi ini dipilih sebagai tempat pendirian candi atau Pura Jagatkarta. Yang pertama adalah karena konon di tempat ini dahulu Prabu Siliwangi dan para prajuritnya mencapai tahap moksa. Keberadaan Prabu Siliwangi kemudian diwujudkan dengan sebuah candi yang memiliki patung penjaga berupa seekor macam berwarna hitam putih yang merupakan lambang sang prabu. Selain itu konon di tempat ini pernah berdiri Pakuan Pajajaran, ibukota dari Kerajaan Sunda Galuh.

6. Hutan Pinus Sentul

Hutan Pinus Sentul

Hutan Pinus Sentul

List 7 Wisata Bogor Anti Mainstream Untuk Liburan Akhir Pekan masih belum selesai, masih ada Hutan Pinus Sentul. Lokasi wisata ini sebenarnya cukup dekat dari Jakarta, hanya sekitar 2 jam perjalanan, namun dengan catatan jika tidak macet. Jajaran rapi pohon pinus yang berbaris menjadikannya background alami yang sempurna untuk foto terbaru anda. Selain untuk berfoto, hutan pinus ini juga memiliki pemandian air panas dan track sepeda yang cukup seru.

7. Goa Agung Garonggang

Goa Agung Garonggang

Goa Agung Garonggang

Apalah artinya daftar anti mainstream jika tidak menyertakan olahraga ekstrim. Salah satu wisata anti mainstream yang cukup memacu adrenalin adalah wisata Goa Agung Garonggang atau dikenal juga dengan nama Goa Agung Geopark yang berada di dekat Jungle Land Sentul.

Seperti halnya wisata gua lain, untuk bisa masuk anda akan diturunkan ke dalam mulut gua yang ibarat sebuah sumur gelap, siapkan senter atau hp anda untuk memberikan cahaya. Setelah itu anda bisa menyusuri gua sembari menikmati stalaktit yang menggantung. Ikuti dan telusuri terus gua tersebut dan anda akan sampai di lokasi indah dengan tebing-tebing gagah yang pastinya asyik dijadikan background untuk foto instagram anda.

Demikian informasi 7 Wisata Bogor Anti Mainstream Untuk Liburan Akhir Pekan yang dapat kami sampaikan untuk anda. Tentunya masih banyak wahana dan destinasi wisata lain yang untuk saat ini belum sempat kami informasikan, mudah-mudahan informasi dari kami dapat menjadi pilihan destinasi wisata untuk anda. Selamat berwisata, ya!

Bagikan:

Leave a Reply