7 Wisata Bogor yang Tidak Jauh dari Pusat Kota

7 Wisata Bogor Yang Tidak Jauh Dari Pusat Kota – Bogor yang sejuk dengan pemandangan perbukitan menghijau sejauh mata memandang sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata alam. Itu sebabnya para gubernur jenderal Belanda pada masa kolonial menempati istana Bogor sebagai sarana istirahat ataupun kediaman resmi.

Selain istana Bogor, tentunya masih banyak destinasi wisata lain yang berpusat di Kota Bogor atau setidaknya tidak jauh dari pusat kota. Ini jika anda berada di Bogor dan sedang tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi deretan lokasi wisata indah yang ada di sekitar Bogor.

Kami mencoba merangkum 7 Wisata Bogor Yang Tidak Jauh Dari Pusat Kota bagi anda yang sedang berwisata ke Bogor namun tidak ingin berpergian terlalu jauh. Mudah-mudahan informasi dari kami dapat memberikan pilihan destinasi wisata untuk anda.

1. Istana Bogor

Istana Bogor

Istana Bogor

Destinasi wisata pertama sudah kami sebutkan di awal artikel ini, yaitu Istana Bogor. Istana Bogor yang pada era kolonial disebut Buitenzorg atau Sans Souci yang berarti ‘Tanpa Kekhawatiran’ ini dibangun pada tahun 1744 dengan menggunakan desain rancangan Gubernur Jenderal saat itu Gustaaf Willem van Imhoff yang mengambil inspirasi dari Istana Biehheim di Oxford, Inggris. Sejak pembangunannya istana ini mengalami beberapa renovasi terutama setelah gempa bumi yang sempat melanda. Tidak kurang 38 Gubernur Jenderal Belanda dan 1 Gubernur Jenderal Inggris menggunakan Istana Bogor sebagai kediaman resminya.

Saat ini Istana Bogor memang tidak lagi digunakan untuk acara kenegaraan resmi, dan masyarakat diperkenankan untuk masuk dan menikmati keindahan alam melalui ijin resmi dari sekretariat negara.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor sesuai dengan namanya adalah destinasi wisata berupa taman botani seluas 87 hektar dan memiliki kurang lebih 15000 varian flora. Keberadaan Kebun Raya Bogor sudah melegenda hingga sejak zaman pemerintahan Prabu Siliwangi pada abad ke-15 yang menginginkan didirikannya hutan buatan sebagai lokasi untuk menanam bibit-bibit pohon yang langka.

Keberadaan hutan buatan ini makin diperkaya pada masa kolonial, terutama di era pemerintahan Thomas Stamford Raffles. Kini Kebun Raya Bogor masih dijadikan pusat penelitian flora dan tetap dibuka untuk umum.

3. Museum Zoologi Bogor

museum zoologi bogor

museum zoologi bogor

Tidak jauh dari Kebun Raya Bogor berdiri Museum Zoologi Bogor. Museum ini awalnya merupakan laboratorium zoologi dan menjadi pusat penelitian satwa dan pertanian. Museum Zoologi didirikan pada tahun 1894 melalui gagasan JC Koningsberger, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman yang tinggal di Belanda kala itu.

Museum Zoologi Bogor memiliki 24 ruangan koleksi yang rampung pembangunan dan renovasinya pada tahun 1997 setelah mendapatkan dana hibah dari Bank Dunia dan Pemerintahan Jepang.

4. Taman Kencana

Taman Kencana

Taman Kencana

Satu lagi peninggalan jaman kolonial yang masih ada hingga sekarang adalah Taman Kencana, area taman kecil yang terletak di tengah kawasan hijau Kota Bogor. Didukung dengan pepohonan rindang dan asri, lokasi ini menjadi titik pertemuan warga Bogor. Sayang area taman ini perlahan-lahan mulai mengecil karena pembangunan perkotaan.

Saat akhir pekan tiba, Taman Kencana menjadi arena rekreasi dan olahraga. Sedangkan saat malam hari tempat ini berubah menjadi lokasi wisata taman yang dikelilingi oleh aneka kuliner. Jika anda mencari tempat nongkrong bersama pacar atau kekasih, Taman Kencana menjadi salah satu pilihan yang pas dan ramah di dompet serta masuk ke dalam daftar 7 Wisata Bogor Yang Tidak Jauh Dari Pusat Kota.

5. Tugu Kujang

Tugu Kujang

Tugu Kujang

Jika ada satu landmark yang bisa dianggap sebagai ikon dari Kota Bogor, maka tempat itu adalah Tugu Kujang, prasasti modern yang melambangkan Kujang, suatu senjata khas Sunda. Tugu Kujang berada sebuah putaran di pusat kota, tepatnya di Jalan Padjajaran Kota Bogor. Tugu ini sendiri memiliki ketinggian 25 meter.

Mirip seperti Tugu di Jogja, Tugu Kujang tidaklah terlalu tinggi namun cukup historis dan amat menarik untuk diambil gambarnya. Tugu Kujang didirikan pada tahun 1982 oleh Walikota Bogor saat itu, Achmad Sobana dengan biaya mencapai 80 Juta Rupiah.

6. Lawang Salapan

Bangunan lain yang baru didirikan dan langsung dianggap menggantikan Tugu Kujang sebagai ikon terbaru Kota Bogor adalah Lawang Salapan. Landmark yang berhadapan langsung dengan Tugu Kujang dan menjadi spot foto favorit baru warga Bogor yang melakukan jogging saat akhir pekan tiba.

10 tiang pancang yang ada di Lawang Salapan mengingatkan kita pada tiang-tiang bangunan ala Yunani atau Eropa untuk menyesuaikan bentuk bangunan dengan tempat-tempat bersejarah lain di Bogor, Lawang Salapan mewakili apa yang disebut Dasakerta, sebuah konsep pemahaman yang dituangkan dalam naskah kuno Pakuan Pajajaran. Landmark baru Kota Bogor ini mendapatkan dana pembangunan sebesar 4 miliar rupiah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Lawang Salapan sendiri berarti Gerbang Sembilan, mengacu pada sembilan akses masuk yang ada di landmark ini. Walikota Bogor Bima Arya Sugiantoro meresmikan bangunan ini pada tahun 2016.

7. Jungle Water Adventure

Jungle Waterpark

Yang terakhir dari 7 Wisata Bogor Yang Tidak Jauh Dari Pusat Kota adalah Jungle Water Adventure yang berada di Bogor Nirwana Residence, perumahan kalangan menengah ke atas yang ada di Bogor Selatan. Sesuai dengan namanya, Jungle Water Adventure adalah taman wisata waterpark yang sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga. Jungle Water Adventure sendiri merupakan bagian dari taman wisata The Jungle bersama dengan Jungle Fest.

Demikian 7 Wisata Bogor Yang Tidak Jauh Dari Pusat Kota yang dapat kami rangkum, mudah-mudahan informasi tersebut mampu memberikan pilihan lokasi wisata bagi anda dan keluarga. Selamat berwisata, ya!

Bagikan:

Leave a Reply