8 Taman Nasional di Sulawesi

Taman Nasional di Sulawesi – Sulawesi merupakan pulau terbesar ke empat di Indonesia dan pulau terbesar ke 11 di dunia. Di Sulawesi terdapat 8 taman nasional indonesia yang menjadi tujuan tempat wisata di Sulawesi.

Daftar Taman Nasional di Sulawesi

Berikut merupakan uraian mengenai 8 daftar taman nasional yang ada di pulau Sulawesi.

1. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung biasa di singkat dengan “TN Babul” merupakan taman nasional yang terdapat di Sulawesi Selatan. Taman nasional ini memiliki luas 43.750 Ha. Menurut administrasi pemerintahan taman ini termasuk di dalam wilayah Kabupaten maros. Banyak keunikan yang terdapat di TN Babul ini, antara lain: karst, goa-goa yang dihiasi oleh stalaknit dan stalakmit yang indah, dan yang paling menarik serta terkenal ialah kupu-kupu.

2. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone merupakan taman nasional yang berada di Semenanjung minahasa Sulawesi yang memiliki luas sekitar 2.871,15 km persegi. Nama taman nasional ini di inpirasi dari nama Pahlawan Nasional Indonesia, yakni Nani Wartabone yang didirikan pada tahun 1991.

3. Taman Nasional Bunaken

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan sebuah taman laut yang letaknya berada di Sulawesi Utara. Dimana taman nasional ini letaknya berada pada Segitiga Terumbu karang yang mana merupakan habitat dari 390 spesies terumbu karang serta juga bermacam-macam spesies ikan. Misalnya moluska, mamalia laut dan reptilia. Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1991.

4. Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan taman nasional yang berada di Kepulauan Togean. Taman nasional ini terkenal kaya akan terumbu karang serta berbagai macam biota laut yang di lindungan karena Langka. Di taman nasional ini kita bisa snorkelling dan menyelam di Pulau Kadidiri, menjelajah hutan, memancing, berkunjung ke gunung Colo, atau kita juga bisa berkunjung ke pemukiman masyarakat Bajo.

Loading...

5. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu taman nasional yang berada di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Taman ini diresmikan pada tahun 1996 dengan luas area 1,39 juta ha yang mana meliputi keanekaragaman hayati laut, karang yang merupakan prioritas utama dari konservasi lauit di Indonesia. Di Taman ini terdapat banyak gugusan terumbu karang serta berbagai macam spesies ikan. Keistimewaan dari Taman Nasional ini adalah keindahan alam bawah lautnya.

6. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu merupakan salah satu taman nasional yang ada di Sulawesi tengah. Di Taman Nasional ini terdapat flora dan fauna endemik sulawesi dan juga keindahan alam yang sangat indah dikarenakan terletak pada wilayah garis Wallace (Wilayah Peralihan Asia Australia).

7. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai merupakan salah satu taman nasional yang berada di Sulawesi Tenggara. Taman Naisonal ini diresmikan pada tahun 1989. Di Taman ini mempunyai berbagai macam vegetasi, hutan mangrove contohnya. Selain itu juga terdapat berbagai macam spesies burung, babirusa dan anoa.

8. Taman Nasional Taka Bone Rate

Taman Nasional Taka Bone Rate

Taman Nasional Taka Bone Rate

Taman Nasional Takabonerate merupakan taman nasional (taman laut) yang memiliki kawasan atol terbesar ke3 di dunia. Pada taman nasional ini terdapat 15 buah pulau, dimana akan sangat menyenangkan untuk berbagai macam kegiatan wisata seperti menyelam, snorkeling dan juga wisata bahari lainya.

Nah setelah membaca ulasan mengenai Daftar Taman Nasional di Sulawesi tersebut akan menambah wawasan kita mengenai Taman Nasional yang ada di Indonesia kususnya Sulawesi.



loading...