Wisata Alam Seru Dan Mengesankan Di Air Terjun Sipiso Piso

Wisata Alam Seru Dan Mengesankan Di Air Terjun Sipiso Piso

Sumatera Utara memiliki tempat wisata yang alam yang patut untuk dikunjungi sebagai tujuan untuk berlibur.

Selain Danau Toba yang terkenal, terdapat juga destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik dalam menghadirkan keindahan alam.

Salah satu wisata alam yang cukup terkenal dikalangan masyarakat setempat yaitu Air Terjun Sipiso Piso.

Tempat wisata alam tersebut berlokasi di kabupaten Karo dan menjadi air terjun paling tinggi nomor 4 di Indonesia.

Adapun ketinggian dari air terjun ini adalah mencapai 120 meter yang juga memberikan pesona keindahan alam.

Tidak heran jika tempat wisata ini memiliki banyak pengunjung baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Bagi yang belum pernah mendatangi tempat wisata ini mungkin masih belum mengetahui informasi seputar Air Terjun Sipiso Piso.

Adapun informasi terkait tempat wisata ini yang perlu diketahui yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

Asal Usul Nama

Dibalik nama yang unik, arti dari nama air terjun ini memiliki makna tersendiri bagi masyarakat setempat. Adapun asal dari nama tersebut adalah kata Piso yang berarti pisau.

Mungkin arti tersebut akan terdengar aneh dan tidak ada hubungannya dengan air terjun.

Akan tetapi nama tersebut diberikan karena air yang jatuh di tempat ini sangat deras sehingga akan terasa seperti sebilah pisau yang tajam.

Tidak hanya itu, kata piso juga terinspirasi dari jurang yang berada disekitarnya sangat curam apabila dilihat dari atas bukit.

Berdasarkan hal tersebut, masyarakat setempat juga menyebut air terjun ini dengan istilah piso dari Tanah Karo.

Air Terjun Sipiso Piso
Indahnya Air Terjun Sipiso Piso

Rute Menuju Air Terjun Sipiso Piso

Alamat lengkap dari air tempat wisata ini adalah berada di kabupaten Karo, tepat nya di desa Tongging, kecamatan Merek.

Baca juga  Wisata Guci Tegal – Lokasi, Sejarah, Fasilitas, Wahana & Tiket

Kelebihan dari tempat wisata ini adalah dapat ditempuh menggunakan transportasi umum bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Jika berangkat dari kota Medan, rute yang ditempuh adalah menuju ke Kota Kabangjare dengan waktu sekitar 2 jam.

Selanjutnya rute perjalanan dilanjutkan menuju daerah Danau Toba dengan waktu perjalanan yaitu selama sekitar 30 menit.

Berdasarkan hal tersebut, jarak total yang ditempuh jika berangkat dari Kota Medan adalah sekitar 70 km.

Sementara itu jika ditempuh dari Kota Kabanjahe jarak yang ditempuh sejauh 25 km. Sedangkan apabila dari Kota Brastagi akan menempuh jarak sepanjang 35 km.

Meskipun jarak yang ditempuh cukup jauh, namun hal tersebut akan terbayar dengan keindahan alam yang disuguhkan oleh tempat ini.

Selain itu lintasan jalan menuju tempat wisata ini juga sudah beraspal sehingga lebih mudah untuk dilalui.

Daya Tarik Air Terjun Sipiso Piso

Pesona dari keindahan alam yang disuguhkan oleh tempat wisata ini sangat menakjubkan dan memanjakan mata.

Lokasi air terjun yang berada di sekitar perbukitan membuatnya mampu memberikan keindahan yang mengagumkan.

Berdasarkan hal tersebut, air terjun ini dikelilingi oleh hutan pinus pada bagian punggungnya.

Tidak hanya itu, air terjun ini juga mampu menghadirkan pemandangan alam berupa hamparan Danau Toba yang semakin menambah keindahannya.

Dekatnya lokasi air terjun dengan Danau terbesar di Sumatera tersebut juga membuatnya saling berhubungan satu sama lain.

Berdasarkan hal tersebut, air yang jatuh pada tempat wisata ini merupakan hasil dari aliran Sungai Pajanabalon yang bermuara ke Danau Toba.

Keindahan dari air terjun ini bahkan dapat dinikmati dari arah kejauhan dimana airnya yang nampak berjatuhan diantara tebing secara vertikalnya.

Hal tersebut dapat dilakukan di tempat yang dikenal dengan Gardu Pandang Air Terjun Sipiso Piso Medan. Momen tidak terlupakan tersebut tentu juga dapat diabadikan menggunakan kamera ponsel atau kamera asli.

Baca juga  Curug Citambur Cianjur - Rute, Daya Tarik, Mitos & Tiket

Setelah melihat keindahannya dari gardu pandang, wisatawan dapat langsung menuju ke Air Terjun Sipiso Piso untuk melihat dengan jarak lebih dekat.

Akan tetapi untuk dapat menikmati keindahannya lebih dekat, wisatawan harus mencapainya dengan tenaga ekstra.

Hal tersebut dikarenakan wisatawan harus melalui ratusan anak tangga untuk bida sampai di lokasi air terjun.

Selain itu, jalan yang ditempuh juga harus ditempuh dengan nyali yang cukup karena cukup curam dan berkelok-kelok. Adapun waktu yang ditempuh dalam perjalanan tersebut adalah sekitar 30 sampai 45 menit.

Akan tetapi wisatawan dapat menyusuri jalanan tersebut sambil menikmati keindahan pemandangan Danau Toba.

Meskipun membutuhkan tenaga ekstra, perjuangan tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun yang dikelilingi oleh perbukitan.

Selain itu, air terjun ini juga memberikan keindahan dari pelangi abadi yang terlihat dibagian dasarnya.

Aktivitas dan Fasilitas di Sekitar Air Terjun Sipiso Piso

Tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya saja. Sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal, Air Terjun Sipiso Piso juga menyediakan fasilitas pariwisata.

Akan tetapi, meskipun wisatawan dapat menikmati keindahan dibawah air terjun, pengunjung hanya boleh berada di jarak sekitar 20 meter saja dari dasarnya.

Selain itu, pengunjung juga tidak dianjurkan untuk berenang di sekitar air terjun karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Sementara itu, untuk fasilitas yang disediakan disekitarnya dapat dikatakan cukup lengkap untuk pengunjungnya.

Fasilitas tersebut terdiri dari tempat parkir yang cukup luas, warung makan dengan berbagai macam makanan dan minuman, serta kamar mandi yang cukup bersih.

Selain itu juga terdapat fasilitas lainnya yaitu toko cindera mata dan gazebo sebagai tempat untuk beristirahat sejenak bagi para pengunjungnya.

Baca juga  Wisata Gua Maharani yang Fantastis

Barang-barang yangdijual di toko-toko cindera mata juga beragam mulai dari gantungan kunci, sandal, syal, hingga baju dan masih banyak yang lainnya.

Adapun harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau mulai dari 10 ribu hingga ratusan ribu rupiah menyesuaikan barangnya.

Harga tiket untuk memasuki area tempat wisata ini juga sangat teejangkau yaitu hanya 5 ribu rupiah saja. Bahkan tiket tersebut juga sudah termasuk daerah objek wisata Danau Toba yang juga dapat dikunjungi.

Destinasi Wisata Lain Dekat Air Terjun Sipiso Piso

Selain jaraknya yang sangat dekat dengan Danau Toba, lokasi dari Air Terjun Sipiso Piso juga dekat dengan destinasi wisata lainnya.

Adapun objek wisata lainnya yang dekat dengan tempat wisata ini yaitu terdiri Taman Simalem Resort, Juma Ertuah, dan Sapo Juma.

Objek wisata tersebut merupakan destinasi wisata menarik yang tidak lama hadir sehingga juga patut untuk dikunjungi.

Jarak tempuh yang dibutuhkan dari lokasi Air Terjun Sipiso Piso ini hanyasekitar 15 menit saja untuk sampai pada objek wisata tersebut.

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga dapat memilih cara lain untuk mengisi waktu liburan yang tidak kalah seru yaitu dengan berkemah di daerah Silalahi, Paropo, dan Tongging.

Jika ingin berenang dikolam yang menyuguhkan pemandangan Danau Toba, wisatawan dapat mengunjungi kolam berenang Armina untuk dapat mewujudkan hal tersebut.

Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan tempat wisata Air Terjun Sipiso Piso. Dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan serta kelebihan lainnya, tempat wisata ini dapat dapat dijadikan sebagai tujuan berlibur untuk waktu kedepannya. Semoga bermanfaat.

Nah jika kamu berminat untuk penginapan yang Instagramable dan murah, aman, bersih dan canggih bisa kungjungi nih websitenya bobobox.co.id semua nanti akan tersedia di daerah Jakarta, Bandung, Jogja, Bali, Medan. Seru loh kunjungi sekarang dapetin promo flash salenya