Curug Sawer Majalengka – Info Lokasi, Fasilitas & Misteri 3/5 (1)

Berwisata ke Majalengka jangan lupa mengunjungi curug-curugnya yang istimewa. Salah satunya, Curug Sawer.

Curug Sawer Majalengka berada di lokasi yang masih tersembunyi, sehingga masih cukup jarang orang yang berkunjung ke sini.

Secara administratif, Curug Sawer berada di kawasan yang di kelola oleh Perum Perhutani RPH Argalingga BKPH Maja KPH Majalengka.

Kawasan wisata Curug Sawer kurang lebih berada di ketinggian 900 sampai 1300 mdpl. Dan memiliki curah hujan 1500 sampai 4500 mm setiap tahunnya.

Curug Sawer Majalengka

Curug Sawer Majalengka

Terdiri dari 5 Curug 

Tempat wisata Curug di Majalengka ini setidaknya memiliki 5 curug yang unik. Curug pertama dan kedua memberikan pemandangan alam yang eksotis dan di yakini sebagai tempat keramat.

Curug ketiga adalah area camping ground, disini terdapat pohon-pohon besar yang memberikan suasana menantang bagi kalian yang ingin camping disini.

Curugnya terdiri dari cadas serta bebatuan yang keras. Biasanya digunakan untuk olah raga turun tebing.

Untuk curug keempat dan kelima lokasinya berdekatan karena memang curug keempat dan kelima memiliki area tempat yang luas.

Disini kalian akan dimanjakan dengan suasana hutan alam yang masih alami dan jika turun kabut, maka suasananya akan lebih menantang.

Misteri Curug Sawer Majalengka 

Misteri Curug Sawer Majalengka

Misteri Curug Sawer Majalengka

Dari masyarakat sekitar Curug Sawer berada mengatakan bahwa Curug Sawer ada karena ada seseorang yang sakti mandraguna yang tinggal di kaki gunung Ciremai.

Dimana orang sakti tersebut adalah leluhur dari masyarakat Argalingga. Di masa hidupnya, orang sakti itu melakukan tapa selama bertahun-tahun sampai ia meninggal.

Dari cerita turun temurun, jasad orang sakti tersebut tidak hancur namun menjelma menjadi seekor ular besar yang hidup secara gaib.

Selam masa tapa orang sakti tersebut terjadi banyak peristiwa alam yang sangat hebat dan seketika itu muncullah 5 curug yang airnya mirip upacara saweran. Oleh karena itu curug tersebut dinamakan Curug Sawer.

Lokasi Curug Sawer Majalengka

Lokasi Curug Sawer Majalengka

Lokasi Curug Sawer Majalengka

Lokasi curug Sawer ini berada di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya 10 km dari sebelah timur kota Maja atau jika dari pusat kota Majalengka sekitar 21.5 km.

Untuk ke lokasi bisa menggunakan kendaraan umum jika sudah sampai terminal maja, kalian bisa memakai jasa ojek untuk ke desa Argalingga.

Jika sudah sampai ke desa Argalingga, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Sawer dengan berjalan kaki melewati perkebunan sayuran. Perlu diingat bahwa kondisi jalan setapaknya masih cukup curam dan rawan longsor.

Fasilitas Di Curug Sawer Majalengka

Karena Curug Sawer sendiri masih terbilang jarang orang yang datang ke sini. Dan akses menuju ke lokasi tidaklah mudah. Maka tidak ada fasilitas yang terdapat di Curug Sawer Majalengka.

Sehingga Untuk kebutuhan makanan, harus membawa sendiri. Lalu jika ingin buang air kecil dianjurkan untuk permisi terlebih dahulu.

Buat kalian yang ingin berkunjung ke sini, maka kami sarankan untuk membawa perbekalan secukupnya yang mudah dibawa. Lalu selalu berhati-hati ketika berjalan ke lokasi curug.

Alangkah baiknya untuk ke lokasi mengajak teman-teman kalian jangan sendiri. Wajib untuk berdoa terlebih dahulu sebelum berjalan ke lokasi Curug.

Jika sudah sampai ke lokasi, jagalah sopan santun di Curug Sawer. Karena Curug ini masih dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. Dan juga banyak kejadian-kejadian aneh bagi pengunjung yang tidak sopan santun disini.

Tentunya kalian ingin berwisata menikmati pemandangan alam tanpa ada masalah bukan?

Berikan penilaian Anda!